Iris Scanner

Samsung dikabarkan akan memberikan pengumuman mengenai upgrade ke pemindai iris pada ponsel Galaxy S berikutnya, yakni Galaxy S9 pada awal tahun 2018. Akan ada beberapa perunahan yang terjadi seperti waktu respon yang lebih singkat, pengenalan yang lebih baik pada kondisi gelap atau terang atau saat pengguna sedang menggunakan kacamata serta resolusi yang sedikit lebih tinggi yakni 3 MP (naik dari 2 MP Samsung Galaxy S8).

“Berbagai lensa kamera iris akan ditingkatkan menjadi 3 Mp dari 2 MP dan Galaxy Note 8, agar bisa menangkap gambar lebih jelas. Pemindai ini akan lebih jelas mengenali berbagai iris mata pengguna meski mereka sedang menggunakan kacamata, menggerakan bola mata, serta dalam kondisi terlalu gelap atau terang,” menurut sejumlah sumberkepada Korea Herald.

Selain soal resolusi, Samsung juga dilaporkan sedang mengembangkan sebuah software agar sesuai dengan hardware yang lebih baik. Selain itu, juga untuk membuat tingkat pengenalan iris mata menjadi lebih baik.

Secara keseluruham pemindai iris mata baru pada Samsung Galaxy S9 akan diprediksi bisa melakukan pemindaian kurang dari satu detik. Namun, memang masih belum secepat pemidai sidik jari. Kendati demikian, Samsung akan terus berusaha menyempurnakan kedua fitur keamanan biometrik tersebut.

Saat ini, pemindaian sidik jari dan iris adalah satu-satunya metode biometrik yang menurut Samsung cukup aman untuk digunakan sebagai otentikasi untuk Samsung Pay (pengenalan wajah). Menurut laporan tersebut Samsung bekerja lebih keras untuk mendapatkan lebih banyak aplikasi mobile baning agar bisa digunakan dengan pemindai iris sebagai metode otentikasi. Kareba berurusan dengan transaksi, keamanan adalah prioritas utama.

Juru bicara Samsung mengatakan kepada The Herald Korea bahwa “Pemindai Iris adalah otentikasi biometrik teraman antara iris, sidik jari dan pengenalan wajah dan Samsung akan terus memperbaiki sistem smartphone yang akan datang untuk transaksi perbankan yang lebih aman,” namun Samsung tidak menjelaskan secara spesifik rencana untuk Galaxy S9.

Adapun juru bicara Samsung menolak memberikan komentar resmi mengenai peluncurkan Galaxy S9. “Kamu tidak memberikan informasi apapun terkait dengan produk yang belum dirilis,ungkapnya.

Samsung Galaxy S9

Menurut beberapa laporan Samsung tidak hanya menghadirkan Sacanner Mata hanya pada seri Galaxy S9 namun mengkaliam bahwa Samsung akan memperluas pemindai mata atau Scanner mata dalam anggarannya pada akhir 2018 atau awal 2019. Saat ini Galaxy S8 dan Galaxy Note 8 adalah satu-satunya smartphone Samsung yang memiliki Snanner Mata.

Namun banyak spekulasi yang terjadi.

“Sangat tidak mungkin Galaxy S9 akan memiliki pemindai sidik jari di dalam layar karena berbagai tantangan teknis masih belum bisa diatasi,” menurut sumber.

Galaxy S9 juga diprediksi akan memiliki dua kamera belakang dengan optical image stabilization. Fitur ini membuat hasil foto tetap baik ketika terjadi guncangan pada kamera saat memotret.

Iris scanner juga masih melalui pro dan kontra dimana banyak pertanyaa yang muncul seperti apakah aman untuk mata?, amankah kunci iris scanner?, iris scanner sungguh berfungsi atau sekedar hanya untuk gaya?, berlebihankah unlock layar smartphone dengan iris scanner?, bisakah iris scanner diakali? Dan sebagainya. Untuk menjawab keresahan terebut kamu bisa melihat penjelasannya di berbagai sumber.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here