Sejak awal populernya Android tidak lepas dari peran Samsung sebagai salah satu produsen smartphone berbasis Android sebagai sistem operasinya. Keagresifan Samsung dalam memroduksi smartphone Android sangat terlihat. Dari produk yang ditujukan untuk pasar atas (High-End) hingga produk untuk pasar bawah (Low-End). Karena keagresifannya mengeluarkan produk diberbagai segmen pasar, hingga saat ini Samsung berhasil menempati posisi paling atas sebagai produsen smartphone paling laris di dunia.

Keberhasilan Samsung dipicu dengan hadirnya smartphone dengan harga yang terjangkau seperti produknya yang diberi nama Samsung Galaxy Young. Produk tersebutlah yang berperan banyak menaikan nama Samsung. Kemudian setelah itu bermunculan produk smartphone Android yang dihargai murah atau terjangkau bagi setiap kalangan. Tidak mau tersalip oleh produsen lain, Samsung melanjutkan kesuksesan Galaxy Young dengan meluncurkan produk baru penerusnya, yaitu Samsung Galaxy Young 2.

Baca juga artikel menarik lainnya.

Tidak ingin berhenti pada seri Galaxy Young 2, Samsung kembali meluncurkan produk kelas menengah ke bawah dengan produk seri terbaru mereka yang diberi nama Samsung Galaxy J1 yang membawa beberapa perubahan dan peningkatan spesifikasi dari seri Samsung Galaxy Young 2.

Samsung sudah tidak memakai naman Galaxy Young lagi pada produk kelas bawah mereka. Namun tentunya Samsung Galaxy Young terutama Samsung Galaxy Young 2 berhak dibandingkan dengan produk seri baru yaitu Samsung Galaxy J1. Maka dari itu pada artikel ini tim Futureloka akan membahas tentang perbandingan antara Samsung Galaxy J1 dengan Samsung Galaxy Young 2 dari segi harga, kamera, dan spesifikasi yang tentunya kedua produk tersebut adalah produk yang dijual resmi di Indonesia. Bagaimana perbandingan antara kedua produk tersebut? Langsung saja simak perbandingannya di bawah ini.

Perbandingan spesifikasi hp Samsung Galaxy J1 VS Samsung Galaxy S5

Desain dan Material Samsung Galaxy J1

Tidak ingin lagi disebut desain sejuta produk, ditahun 2015 Samsung mulai membenahi desain dari produk-produknya yang baru. Tidak ketinggalan, Samsung juga memberikan desain yang lebih fresh pada Samsung Galaxy J1. Desain yang diterapkan pada Galaxy J1 ini sekilas mirip dengan produknya dari seri Galaxy E seris. Menggunakan layar berukuran 4,3 inch yang mengalami peningkatan dari seri Galaxy Young. Jenis layarnya sendiri menggunakan layar TFT capacitive touchscreen yang memiliki resolusi WVGA 480×800 pixel dengan kerapatan pixel mencapai 218 ppi (pixel per inch).

Tidak menghilangkan ciri khas dari produk smartphone nya, Samsung masih menghadirkan tombol fisik Home serta tombol fisik opsi atau recent dan back di luar dari layar LCD nya sehingga memberikan ruang lebih besar pada tampilan kontennya. Disebelah kanan terdapat tombol power, sedangkan tombol volume diletakan pada bagian kiri perangkat. Slot Jack 3,5 terletak dibagian atas perangkat dan port micro USB terdapat pada bagian bawahnya.

Berpindah pada desain belakang Samsung Galaxy J1 yang masih menggunakan penempatan kamera, flash, dan buzzer sama seperti produk-produk dari Samsung pada umumnya. Dengan menggunakan material casing berbahan plastik, Samsung Galaxy J1 memiliki dimensi 129 x 68.2 x 8.9 mm (5.08 x 2.69 x 0.35 in) dengan berat 122 gram yang menjadikannya akan sangat terasa solid saat digenggam karena ukurannya yang sangat cocok dengan tangan orang-orang Indonesia pada umumnya.

Peforma dan Dapur Pacu Samsung Galaxy J1

Dapur pacu yang digunakan pada Samsung Galaxy J1 ini dapat dikatakan tidak dapat diandalkan untuk bermain game terutama game-game yang berkualitas HD. Namun jika penggunaannya hanya untuk penggunaan biasa seperti telepon, SMS, chatting, browsing, dan media sosial lainnya, Samsung Galaxy J1 sudah dapat memenuhi kriteria. Prosesor yang digunakannya sama dengan yang digunakan oleh Galaxy Young 2 namun mendapatkan peningkatan clock, yaitu dual-core cortex-A7 dengan clock 1,2 GHz dan GPU Mali-400.

Beralih ke memori yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J1, mengandalkan memori RAM sebesar 512 MB dengan internal memori sebesar 4 GB yang dapat ditingkatkan dengan menggunakan microSD hingga 256 GB. Memang jika dibandingkan dengan produk saat ini yang memiliki memori RAM dan internal memori yang besar, memori pada Galaxy J1 ini jauh dari kata cukup, ditambah aplikasi yang semakin memakan ruang memori internal yang memaksa pengguna harus pintar-pintar mengakali kekurangan dari penyimpanan internal. Namun dengan bantuan dari Android 4.4.0 Kitkat yang dinilai lebih smooth dari Android sebelumnya, dengan RAM 512 Samsung yakin bahwa produknya dapat menjalankan Android 4.4.0 dengan lancar. Namun sayangnya, meski peluncuran dari Samsung Galaxy J1 sangat dekat dengan Android 5.0 Lollipop, Samsung tidak memberikan update untuk Galaxy J1.

Beralih pada bagian penunjang energi, Samsung Galaxy J1 menggunakan baterai dengan kapasitas 1850 mAh. Baterainya sendiri dapat dilepas dan dipasang (removable) yang dinilai dapat bertahan selama 10 jam untuk penggunaan panggilan telepon. Samsung Galaxy J1 memiliki dua versi yang berbeda, yaitu dengan single SIM card dan dual SIM card. Sayangnya Galaxy J1 belum mendukung konektivitas 4G LTE.

Desain dan Material Samsung Galaxy Young 2

Saat peluncurannya pada bulan Juni 2014 yang saat itu dapat dikatakan semua produk dari Samsung memiliki desain yang identik termasuk pada Samsung Galaxy Young 2. Samsung sempat mendapat banyak kritikan dari penggunaan desain yang identik pada semua produknya dari kalangan penikmat teknologi smartphone.

Samsung Galaxy Young 2 menggunakan material plastik sebagai material utama untuk casing nya. Memiliki dimensi 109.8 x 59.9 x 11.8 mm (4.32 x 2.36 x 0.46 in) dengan berat 108 gram Samsung Galaxy Young 2 memiliki dimensi yang lebih tebal dari Galaxy J1 namun dengan berat yang lebih ringan. Layar dari Galaxy Young 2 sendiri berukuran 3,5 inch dengan menggunakan layar jenis TFT capacitive touchscreen yang memiliki resolusi sebesar 320×480 pixel dengan kerapatan pixel 165 ppi (pixel per inch). Samsung juga tetap menghadirkan tombol fisik Home serta tobol recent dan back pada bagian bawah muka Galaxy Young 2.

Sama seperti Galaxy J1, Samsung juga meletakan tombol power dibagian kanan perangkat dan tombol volume diletakan pada bagian kiri perangkat. Peletakan dari slot Jack 3,5 dan micro USB juga sama, yaitu diletakan pada bagian atas untuk slot Jack 3,5 dan pada bagian bawah untuk port micro USB.

Selanjutnya beralih pada bagian belakang Galaxy Young 2. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Samsung masih setia dalam peletakan kamera dan buzzer. Ya, Galaxy Young 2 pun memiliki desain peletakan kamera dan buzzer sama seperti Galaxy J1. Sayangnya Samsung Galaxy Young 2 tidak memiliki fitur LED flash pada kameranya.

Dengan ukuran yang dapat dibilang kecil, Samsung Galaxy Young 2 akan sangat solid saat digenggam. Namun dengan ukuran tersebut pula dirasa sangan kurang memuaskan pengguna saat ini yang menginginkan layar yang lebih luas.

Peforma dan Dapur Pacu Samsung Galaxy Young 2

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Samsung Galaxy Young 2 memiliki dapur pacu yang sama dengan Galaxy J1. Menggunakan dapur pacu dual-core cortex-A7 dengan clock 1,0 GHz. Entah tidak ada atau Samsung memang tidak menyebutkan GPU yang digunakan pada Galaxy Young 2 ini. Dengan spesifikasi seperti itu, tentu saja Galaxy Young 2 ini sangat tidak cocok digunakan untuk bermain game, terutama game HD.

Beralih pada memori yang dimiliki oleh Galaxy Young 2. Samsung Galaxy Young 2 mengandalkan memori yang sama pula dengan Galaxy J1, yaitu RAM sebesar 512 GB dan internal memori sebesar 4 GB yang dapat ditingkatkan menggunakan memori microSD hingga 32 GB. Sistem operasi yang digunakapun sama, yaitu Android 4.4.0 KitKat yang dinilai dapat berjalan smooth pada memori RAM sebesar 512.

Pada sector baterai, Samsung Galaxy Young 2 mengandalkan baterai dengan kapasitas sebesar 1300 mAh yang juga dapat dipasang dan dilepas (Removable). Baterainya lebih kecil kapasitasnya dari Galaxy J1. Sedangkan untuk konektivitas, Galaxy Young 2 telah mendukung penggunaan dual SIM card. Pada saat peluncurannya memang di Indonesia saat itu belum mendukung konektivitas 4G LTE sehingga Samsung tidak menyematkan teknologi tersebut pada Galaxy Young 2.

Perbandingan hasil kamera Samsung Galaxy J1 VS Samsung Galaxy S5

Kamera Samsung Galaxy J1

Samsung Galaxy J1 mendapatkan peningkatan kamera dari produk sebelumnya. Dengan mengandalkan kamera utama 5 MP (Megapixel) f/2.2 dengan sensor CMOS dan fitur lain seperti LED flash, autofocus, touch focus, geo-tagging, serta face detection. Kamera utamanya tersebut dapat merekam video hingga resolusi HD 720p dengan 30 frame per second.

Beralih pada kamera depannya, Samsung Galaxy J1 mengandalkan kamera depan dengan resolusi sebesar 2 MP yang dirasa cukup untuk mengambil foto selfie pada saat itu. Memang pada tahun 2015 telah banyak smartphone yang mengadopsi kamera depan dengan resolusi rata-rata 5 MP. Namun Samsung masih PeDe dengan kamera depan beresolusi 2 MP.

Kamera Samsung Galaxy Young 2

Pada sector kamera, Samsung Galaxy Young 2 dirasa tidak dapat diandalkan. Ditambah dengan tidak adanya kamera kedua atau kamera depan menjadikannya semakin tidak dapat diandalkan untuk memotret foto selfie.

Kamera utama yang disematkan pada Samsung Galaxy Young 2 memiliki resolusi 3,15 MP fix-focus saja dan tidak dilengkapi dengan fitur seperti autofocus, LED flash, touch focus, dan face detection seperti pada Samsung Galaxy J1. Namun jika dibandingkan dengan pendahulunya Galaxy Young, Galaxy Young 2 mendapatkan peningkatan resolusi kamera yang awalnya 2 MP menjadi 3,15 MP.

Perbandingan dari segi harga Samsung Galaxy J1 VS Samsung Galaxy S5 di Indonesia

Bagi banyak orang pada umumnya harga menjadi factor utama dalam membeli sebuah produk smartphone. Orang-orang akan sangat senang jika produk yang dijual memiliki harga yang terjangkau, apalagi jika spesifikasinya tinggi.

Untuk harga Samsung Galaxy J1 sendiri pada saat pertama kali peluncurannya yaitu pada Januari 2015 dihargai IDR. 1.599.000. Namun saat ini Galaxy J1 dihargai dengan harga satu jutaan atau bisa kurang dari satu juta.

Sedangkan Samsung Galaxy Young 2 pada saat pertama diluncurkan pada bulan Juni 2014 dihargai dengan harga IDR. 1.499.000. Namun saat ini Galaxy Young 2 dihargai dengan harga IDR. 900.000-an.

Harga dari Galaxy Young 2 memang lebih murah dari Galaxy J1, namun fitur yang ditawarkan lebih minim dari Galaxy J1, terutama pada kamera nya.

Berikut adalah spesifikasi lengkap antara Samsung Galaxy J1 dan Samsung Galaxy Young 2.

Spesifikasi

Samsung Galaxy J1

Samsung Galaxy Young 2

Jaringan
Technology

 

GSM / HSPA GSM / HSPA
2G bands

 

GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2 (dual-SIM model only) GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
3G bands HSDPA 900 / 2100 HSDPA 900 / 2100
Speed HSPA 21.1/5.76 Mbps HSPA 21.1/5.76 Mbps
GPRS Yes Yes
EDGE Yes Yes
Body
Dimensions

 

129 x 68.2 x 8.9 mm (5.08 x 2.69 x 0.35 in) 109.8 x 59.9 x 11.8 mm (4.32 x 2.36 x 0.46 in)
Weight 122 g (4.30 oz) 108 g (3.81 oz)
SIM Single SIM (Micro-SIM) or Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by) Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Display
Type

 

TFT capacitive touchscreen, 16M colors TFT capacitive touchscreen, 256K colors
Size

 

4.3 inches (~59.8% screen-to-body ratio) 3.5 inches (~55.5% screen-to-body ratio)
Resolution

 

480 x 800 pixels (~217 ppi pixel density) 320 x 480 pixels (~165 ppi pixel density)
Multitouch Yes Yes
Platform
OS Android 4.4.4 (KitKat) Android 4.4.2 (KitKat)
CPU Dual-core 1.2 GHz Cortex-A7 Dual-core 1.0 GHz Cortex-A7
GPU Mali-400
Memori
Card slot

 

microSD, up to 256 GB (dedicated slot) microSD, up to 32 GB (dedicated slot)
Internal 4 GB, 512 MB RAM 4 GB, 512 MB RAM
Kamera
Primary

 

3.15 MP

 

5 MP, f/2.2, 31mm, autofocus, LED flash
Features

 

Geo-tagging

 

Geo-tagging, touch focus, face detection
Video [email protected] [email protected]
Secondary No 2 MP
Suara
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes Yes
3.5mm jack Yes Yes
Komunikasi
WLAN

 

Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 4.0, A2DP 4.0, A2DP
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS Yes, with A-GPS, GLONASS
Radio FM radio FM radio, RDS, recording
USB microUSB 2.0 microUSB 2.0
Fitur Tambahan
Sensors Accelerometer, proximity Accelerometer, proximity
Messaging

 

SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML HTML
Java No No
Baterai
Kapasitas Removable Li-Ion 1300 mAh battery Removable Li-Ion 1850 mAh battery

 

Kesimpulan

Pada perbandingan antara Samsung Galaxy J1 dengan Samsung Galaxy Young sangat terlihat sekali perbedaannya. Seperti pada desain Galaxy J1 yang mengalami perubahan bentuk dari Galaxy Young 2. Meski peformanya dapat dikatakan sama, namun Galaxy J1 mendapatkan penambahan clock pada bagian dapur pacunya.

Perbedaan yang paling terasa adalah pada sektor kameranya. Samsung Galaxy J1 memiliki kamera yang lengkap baik kamera utama maupun kamera depan dengan penambahan fitur kamera lainnya. Sementara Samsung Galaxy Young 2 hanya mengandalkan kamera utama tanpa adanya kamera depan, itupun dengan resolusi yang lebih rendah dari Galaxy J1.

Sedangkan pada sector harga, keduanya dapat dikatakan memiliki harga yang tidak terpaut jauh saat pertama kali peluncurannya. Namun jika saat ini harus memilih untuk membeli salah satu dari keduanya, maka sangat disarankan memilih untuk membeli Samsung Galaxy J1. Sayangnya Samsung Galaxy J1 tidak mendukung konektivitas 4G LTE, padahal pada saat peluncurannya teknologi 4G LTE di Indonesia sudah mulai diterapkan dan menyebar ke beberapa daerah.

Pada akhirnya dari perbandingan tersebut dapat disimpulkan bawha Samsung Galaxy J1 lebih unggul dari Samsung Galaxy Young 2.

Demikian artikel mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J1 dengan Samsung Galaxy Young 2 Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia. Semoga dengan artikel ini dapat menjawab keraguan kamu dalam memilih dari kedua smartphone tersebut. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Baca juga artikel menarik lainnya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here