Saat mengawali karir di Samsung 25 tahun yang lalu, saya adalah seorang insinyur muda yang memiliki passion dalam teknologi dan hal-hal yang dimungkinkan olehnya. Setelah sekian tahun, kapasitas inovasi mobile bahkan telah melampaui ekspektasi saya yang ambisius tersebut. Inovasi ini telah memberi kita kenyamanan dan kemampuan untuk membuat hidup kita lebih mudah, dan juga memberi kita kesempatan untuk menjadi manusia yang lebih baik. Kemampuan untuk terhubung tanpa batasan jarak memberdayakan kita untuk mendobrak batasan dan bekerja sama untuk membuat kemajuan. Dan ketika saat ini umat manusia menghadapi beberapa tantangan yang paling kompleks, kita perlu berkolaborasi dan berinovasi lebih dari sebelumnya. Itulah sebabnya, saya percaya teknologi mobile memiliki peran penting dalam membantu kita melindungi bumi.

Samsung senantiasa menguji apa yang mungkin dilakukan dengan teknologi. Dan sekarang, kami mengambil satu langkah lebih maju untuk menempatkan keberlanjutan sebagai pusat inovasi kami. Dari bahan yang ramah lingkungan hingga kemitraan global, kami menjajaki setiap peluang untuk membantu memberdayakan dunia dengan teknologi mobile yang berfungsi sebagai sarana untuk menghadirkan perubahan positif.

Inovasi yang Berdampak

Selama bertahun-tahun di Samsung, kami terus memadukan keberlanjutan dan inovasi dengan menggunakan bahan daur ulang di smartphone, wearable, dan aksesoris kami. Selain upaya berkelanjutan kami untuk menggunakan lebih banyak bahan yang ramah lingkungan termasuk PCM (post-consumer materials) daur ulang, smartphone dan tablet Galaxy baru yang diluncurkan di Unpacked 2022 menggunakan komponen terpilih yang mengandung 20% plastik yang sedianya berakhir di lautan (ocean-bound) dari jaring ikan yang terbengkalai.

Kami memfokuskan upaya inovasi kami pada jenis tertentu sampah plastik yang banyak tersebar dan berbahaya, yang mengancam kehidupan laut dan ekosistem alami kita – jaring ikan yang terbengkalai. Setiap tahun, 640.000 ton jaring ikan ditinggalkan di dalam dan sekitar lautan kita. Dengan bantuan dari mitra yang berpikiran sama, kami menemukan cara untuk mengubahnya menjadi bahan baru yang berkinerja tinggi yang dapat menyusun komponen penting dari rangkaian Galaxy S22. Mulai dari sekarang, akan ada semakin banyak perangkat Galaxy yang akan memainkan peran kecil dalam mengurangi sampah plastik di lautan kita.

Saya tahu perjalanan kita masih panjang. Dan di Mobile World Congress 2022, kami akan menampilkan inovasi-inovasi berikutnya yang memanfaatkan plastik ocean-bound daur ulang.

Memanfaatkan Teknologi sebagai Pencipta Kebaikan

Di Samsung, kami percaya dalam pembuatan teknologi mobile yang memiliki dampak positif terhadap lingkungan dan menempatkan kekuatan ekosistem Galaxy di tangan para pembuat perubahan yang bersemangat.

Saya telah melihat ini secara langsung dengan inisiatif Generation17 kami yang terus berkembang, yang dipimpin oleh Samsung dalam kemitraan dengan United Nations Development Programme. Generation17 memberdayakan aktivis muda untuk menghadapi isu-isu mendesak seperti perubahan iklim, pendidikan, dan banyak lagi, sehingga dunia dapat membuat kemajuan dalam mencapai Sustainable Development Goals, atau juga dikenal sebagai Global Goals, pada tahun 2030. Dan dengan penambahan enam Young Leaders baru-baru ini, program ini sekarang menjangkau negara-negara di Afrika, Asia Pasifik, Eropa, Amerika Utara, Amerika Latin dan Timur Tengah dan mendukung aktivitas yang mencakup seluruh 17 Global Goals.

Inilah cara inovasi mobile mendorong transformasi, dengan mengamplifikasi aksi sederhana dan suara individu dan menyatukan mereka semua menjadi perubahan global yang besar.

Kita Membutuhkan Tindakan Kolektif

Saya kagum dengan cara orang-orang membantu mengubah dunia dengan Galaxy, dan saya berjanji pekerjaan kami tidak berakhir di sini. Samsung akan terus mengembangkan teknologi inovatif yang menjembatani hambatan, menghubungkan komunitas, dan menghadapi krisis iklim.

Samsung siap untuk berbuat lebih banyak. Kami akan melakukan aksi nyata, menyadari tanggung jawab kami, dan berbagi perjalanan kami – mulai dari kesuksesan hingga tantangan dan pelajaran yang kami petik. Kami akan bertindak bersama dengan rekan-rekan dalam industri, dengan para developer, dengan komunitas Galaxy, dengan semua orang, untuk memperkuat teknologi sebagai pencipta kebaikan.

Untuk mendapatkan info paling terbaru mengenai Samsung Galaxy kunjungi Samsung Newsroom Indonesia di news.samsung.com/id.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here