Snapdragon, prosesor paling kuat untuk smartphone Android saat ini mendukung sebagian besar jajaran produk flagship premium di tahun 2022. Mulai dari Samsung Galaxy S22 yang baru diumumkan, dan beberapa perangkat lain yang akan hadir dalam waktu dekat.

Jika Anda mencari perangkat berkinerja tinggi, Snapdragon® 8 Gen 1 Mobile Platform menawarkan kemajuan superior untuk AI, pengalaman gaming terbaik, fitur kamera kelas atas, dan banyak lagi.

Qualcomm memiliki perhatian mendalam dalam pengembangan GPU, modem, dan teknologi image signal processor (ISP) untuk chipsetnya. Perusahaan ini telah mengembangkan machine learning pada silikon-nya selama bertahun-tahun, meningkatkan fitur seperti pengenalan wajah, pengenalan pemandangan/subjek/objek, pemrosesan bahasa, dan banyak lagi.

Pada November 2021, perusahaan asal San Diego ini memperkenalkan chipset smartphone 5G terbaru dan paling kuat hingga saat ini, yakni Snapdragon® 8 Gen 1 Mobile Platform. Chipset ini merupakan evolusi terbaru dari chipset seri-8 yang akan menenagai hampir semua perangkat Android unggulan yang diperkenalkan di tahun 2022.

“Sebagai platform seluler tercanggih di dunia, Snapdragon identik dengan pengalaman Android premium dan chipset Snapdragon 8 Gen 1 baru ini menetapkan standar untuk perangkat seluler unggulan generasi berikutnya. Chipset ini memberikan pengalaman konektivitas, fotografi, AI, game, suara, dan keamanan yang belum pernah ada sebelumnya di smartphone,” jelas Alex Katouzian, Senior Vice President and General Manager of Mobile, Compute, and Infrastructure, Qualcomm Technologies, Inc.

Chipset dengan fabrikasi 4nm ini memimpin jalan menuju era ponsel baru. Kemajuan inovatifnya dalam teknologi 5G, AI, game, kamera, serta Wi-Fi dan Bluetooth memungkinkan pengalaman premium yang layak didapatkan konsumen di smartphone mereka.

CPU yang ada di dalam Snapdragon® 8 Gen 1 menawarkan kinerja hingga 20% lebih baik dan efisiensi daya hingga 30% lebih tinggi dibandingkan seri sebelumnya.

Konektivitas dan AI Terdepan

Memulai debutnya di Snapdragon® 8 Gen 1, modem Qualcomm Snapdragon X65 menampilkan serangkaian kemampuan 5G dan yang pertama untuk unduhan secepat kilat. Modem generasi keempat dibuat dengan kompatibilitas mmWave dan sub-6 GHz yang sudah hadir terlebih dahulu, menambahkan dukungan hingga kecepatan 10Gbps dan spesifikasi 3GPP Release 16 terbaru. Teknologi ini juga mendukung Wi-Fi 6 dan Wi-Fi 6E untuk konektivitas yang sangat cepat.

Sementara itu, 7th Gen Qualcomm® Artificial Intelligence (AI) Engine terbaru dan terhebat juga meningkatkan kemampuan untuk setiap kegemaran dan hiburan. AI mendukung bokeh yang lebih dalam untuk foto Anda, machine learning membantu menganalisis ratusan dokumen secara instan, dan pengenalan suara pendeteksi suasana hati (mood) untuk memantau kesehatan Anda.

Performa Kamera yang Ditingkatkan

Sebagai image signal processor (ISP) 18-bit seluler pertama, Teknologi Snapdragon Sight™ meningkatkan fotografi melampaui level profesional. Video 8K dan foto 200 MP dimungkinkan dan menghasilkan detail tertinggi dan rentang dinamis. Teknologi ini menangkap lebih dari satu miliar warna HDR dengan kecepatan luar biasa hingga 3,2 gigapiksel per detik.

Mendapatkan fokus menjadi lebih cepat dibanding chipset pendahulunya dengan adanya ISP Qualcomm Spectra™ pertama dengan pendeteksi wajah yang didukung oleh AI. Kondisi gelap bukanlah halangan dengan hadirnya Snapdragon Sight™ karena memungkinkan hasil foto dengan kedetilan tinggi tanpa blur dengan mode mega night.

Chipset juga menyisipkan ISP keempat yang terdapat di dalam sensing hub khusus. ISP baru ini dirancang khusus untuk menenagai fitur always-on kamera tanpa mengurangi daya baterai. Hal ini memungkinkan perangkat Anda untuk secara otomatis mematikan layar saat Anda meletakkan ponsel atau jika mendeteksi seseorang di belakang bahu Anda. Dengan kata lain, teknologi ini memungkinkan akses “tanpa sentuhan” ke perangkat Anda tanpa mengangkat jari.

Pengalaman Hiburan yang Imersif

Snapdragon® 8 Gen 1 Mobile Platform merupakan lompatan besar pada mobile game. Chipset ini dipersenjatai dengan Snapdragon Elite Gaming™ lengkap untuk memanfaatkan responsivitas yang sangat halus, tampilan HDR yang kaya warna, dan fitur tingkat desktop yang pertama kali untuk seluler. GPU Qualcomm® Adreno™ yang dirancang ulang memungkinkan daya 30% lebih besar dan efisiensi 25% lebih tinggi untuk gameplay yang lebih lama dengan kinerja superior.

Membuat game dapat diakses dari mana saja dan kapan saja, Unreal Engine 5 menghadirkan pemandangan menakjubkan dengan efek pencahayaan dan bayangan paling canggih. Render volumetrik dan mesin frame motion, yang pertama untuk seluler, menghadirkan realisme yang tak tertandingi.

Untuk pengalaman yang lebih imersif, Snapdragon® 8 Gen 1 Mobile Platform memperkenalkan teknologi Audiokinetik dan Snapdragon Sound™ untuk audio nirkabel AptX Lossless yang kaya dan sejernih kristal. Untuk pengguna, teknologi audio mutakhir ini dioptimalkan untuk menghadirkan detail yang sangat imersif seperti derap sepatu bot lawan. Teknologi ini menetapkan standar baru dalam hal-hal yang penting bagi para gamer untuk memberikan permainan yang terbaik.

Selain bermain game, Snapdragon Sound™ meningkatkan pengalaman mendengar soundtrack film favorit Anda yang menggetarkan hati, atau kedalaman petikan gitaris. Anda akan terhanyut ke pengalaman langsung dari kenyamanan penggunaan smartphone Anda saat dikombinasikan dengan earbud, headphone, atau speaker yang dioptimalkan.

Snapdragon Sound™ juga dirancang untuk membuat panggilan suara dan video menjadi mulus, dengan pengucapan yang lebih jelas dan kualitas suara yang tinggi. Bayangkan berbicara dengan orang yang Anda cintai, dekat atau jauh, seolah-olah mereka duduk di samping Anda, atau menggunakan perangkat work-from-home terbaik untuk semua panggilan bisnis Anda.

Snapdragon® 8 Gen 1 Mobile Platform adalah fondasi utama untuk pengalaman seluler premium. Snapdragon ditujukan untuk mereka yang tidak berkompromi untuk pilihan terbaik.

Dengan inovasi inovatif yang mendukung setiap gerakan Anda, perangkat Snapdragon 8 menempatkan masa depan dekat dengan Anda. Apa pun yang Anda pilih, Anda dapat yakin bahwa Anda akan memiliki pengalaman Android terbaik yang Anda inginkan.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here