Beberapa Solusi Membuka Google Play Store di HP Android yang Tidak Bisa Dibuka Atau Error Serta Bermasalah

0

Google Play logo

Hallo semua, selamat datang di website futureloka yang menyediakan informasi terlengkap seputar teknologi, smartphone, gadget, aplikasi, PC. Laptop, sampai ke gaya hidup. Bahasan kita kali ini akan datang dari kategori aplikasi di smartphone guys, yaitu tentang play store dan cara untuk membuka google play store ini di HP Android yang tidak bisa dibuka karena error dan bermasalah.

Play store tentunya menjadi salah satu aplikasi yang sangat penting bagi kalian pengguna HP Android. Aplikasi ini sangat banyak kegunaannya terutama bagi kita yang ingin mendownload aplikasi bawaan, seperti photo editor, games, tema lucu, dan beragam aplikasi lainnya. Tentunya Google play store ini seperti tokonya Android. Saat kita ingin membeli aplikasi, kita tinggal buka play store ini dan mencari aplikasi yang kita inginkan dan download deh.

Baca juga:

Nah, beragam aplikasi di play store banyak variannya guys. Ada yang gratis dan ada yang berbayar. Google play store ini sebenarnya sama dengan app store di Apple. Biasanya aplikasi yang ditawarkan Android di play store ini lebih banyak yang free dibandingkan dengan app store.

Namun, gimana kalau tetiba aplikasi Google Play Store ini bermasalah atau error dan tidak bisa dibuka? Kalian pastinya pusing banget kan guys? Tapi jangan khawatir, di bawah ini, saya akan membahas selengkapnya cara – cara yang mungkin untuk kalian gunakan jika google play store kalian tiba – tiba error dan tidak bisa dibuka serta cara mengatasinya bagaimana. Yuk langsung simak aja selengkapnya di bawah ini! Check it out!

Cara Membuka Play Store yang Lupa Kata Sandi

Image result for forgot something face

Nah, sebenarnya jika kalian lupa kata sandi atau password dari si akun google play store ini kalian tidak perlu panik, karena sebenarnya cara memulihkannya juga sangat mudah guys. For your information, akun google play store ini terbuhung menjadi satu dengan akun gmail kalian. Nah, dengan kata lain, jika kalian lupa kata sandi dari google play store ini berarti kalian juga lupa kata sandi gmail kalian. Kalian bisa mereset ulang kata sandi dari gmail kalian tersebut yang nantinya akan terhubung dengan perubahan kata sandi baru pada akun google play store kalian, berlaku pula sebaliknya.

Langkah – langkah:

  • Kalian buka accounts.google.com dari HP Android kalian atau dari laptop juga bisa
  • Lalu kalian masukkan email kalian yang kalian gunakan saat membuat akun google play store
  • Namun dalam kasus ini kalian lupa kata sandinya, kalian pilih butuh bantuan
  • Lalu pilih saya tidak tahu sandi saya (penjelasan ini jika device Android kalian dalam bahasa Indonesia, jika dalam bahasa Inggris bisa disesuaikan)
  • Jika diminta mengetikan kata sandi terakhir yang kalian ingat, pilih saja tidak tahu
  • Lalu google akan melanjutkan ke langkah reset ulang kata sandi kalian
  • Lalu nanti google akan meminta kalian memasukkan nomor HP yang kalian gunakan pada saat awal registrasi akun
  • Kalian masukkan nomor HP kalian, lalu klik continue
  • Selanjutnya google akan mengirimkan pesan teks yang berisi kode verifikasi
  • Jika kalian telah mendapatkan kode verifikasi, kalian masukkan kode tersebut pada halaman google account recovery tadi, lalu klik continue
  • Setelah itu kalian akan dibawa ke halaman untuk mereset password atau mengubah password baru.
  • Kalian masukkan deh new password yang kalian inginkan. Ingat dihafal atau ga dicatet biar ga lupa lagi
  • Lalu klik change password
  • Selesai, password baru kalian sudah bisa digunakan
  • Untuk masuk ke google play store, kalian hanya perlu memasukkan email dan password baru yang telah kalian ganti tersebut.
  • Oh ya, kata sandi dari gmail yang kalian gunakan sebagai email untuk akun google play store ini akan otomatis ikut berubah karena mereka terintegrasi seperti yang sudah saya sebutkan di atas.

NOTE: Cara di atas adalah cara terlazim dan termudah untuk melakukan reset password google account yang terintegrasi ke banyak aplikasi google. Keberhasilan kalian dalam mereset kata sandi tergantung bagaimana cara kalian mengikuti langkah – langkah di atas secara seksama, dan juga tergantung dari ketentuan GOOGLE sendiri dalam aturan mereset kata sandi.

Alternatif kedua:

Nah, selain cara di atas sebenarnya masih ada alternatif lain yang bisa kalian gunakan untuk tetap bisa masuk ke google play store meskipun lupa kata sandinya dengan cara mereset ulang kata sandi. Tapi cara ini agak ribet dan tidak recommended sih guys. Tapi bagi kalian yang masih penasaran, berikut langkah – langkahnya:

  1. Pertama – tama kalian buka tuh google play storenya
  2. Lalu kalian bukan settings yang ditandai dengan ikon garis 3 mendatar, lalu kalian pilih settings

x33. Lalu kalian pilih Require Authentication for Purchases

x24. Lalu kalian pillih For all purchases through google play on this device

x15. Jika kalian sudah selesai mengatur settingan di atas, kalian cari suatu aplikasi di google play store tersebut yang berbayar

6. Lalu kalian pilih seperti kalian hendak membeli aplikasi tersebut

7. Kemudian kalian atur payment method karena aplikasi ini berbayar dengan menggunakan potongan pulsa maka aturlah sesuai dengan jenis kartu SIM Card kalian

8. Setelah itu pilih buy. Namun karena kalian telah mengatur settings seperti di atas dengan memilih require authentication for purchases, maka google play store akan selalu meminta kata sandi dari akun google play store untuk membeli aplikasi tersebut

9. Lalu karena kalian lupa kata sandi nya, kalian dapat memilih ikon tanda tanya (?), lalu pilih forgot password.

10. Selanjutnya kalian akan diarahkan pada accounts.google.com (seperti cara pertama yang saya jelaskan sebelum alternatif kedua ini). Pastikan kalian mengikuti semua tahapan hingga tahapan sekarang dengan tepat dan benar.

11. Di accounts google recovery kalian akan diminta untuk memasukkan kata terakhir password yang kalian ingat, pilih saja I don’t know

12. Lalu kalian akan diminta untuk mengkonfirmasi password reset “confirm password reset on my Android”, lalu pilih send notification

13. Akan muncul halaman yang menyatakan Tried to reset your password, lalu pilih yes, dan allow password reset

14. Nah, selanjutnya kalian akan diarahkan ke halaman untuk mengisi password baru dan konfirmasi password baru. Isikan sesuai keinginan kalian, dan jangan lupa dicatat agar tidak lupa lagi

15. Selesai, password baru telah terbentuk yang dapat kalian gunakan untuk membuka dan menggunakan kembali secara normal google play store kalian.

TIPS: Sebelum membuat google account, pastikan email dan nomor HP yang dimasukkan adalah yang aktif dalam jangka lama dan selalu simpan nomor HP dan alamat email tersebut. Google account adalah akun yang terintegrasi dengan banyak aplikasi google seperti gmail, google map, google play store, chrome, google drive, youtube, google photo, dan lainnya. Oleh karena itu, semua aplikasi tersebut terintegrasi dalam 1 akun, pastikan kalian selalu mencatat alamat email, nomor HP, dan passwordnya agar tidak ribet jika lupa.

Play Store Tidak Bisa Dibuka di Xiaomi

Image result for xiaomi logo

Bagi kalian pengguna Xiaomi dan mengalami masalah Play Store nya tidak bisa dibuka berikut saya beberkan jawaban dari pertanyaan.”Mengapa google play store tidak bisa dibuka di HP Android Xiaomi ya?” dan “Bagaimana nih solusi agar Google Play Store bisa dibuka di HP Android Xiaomi saya?”

Nah jawaban dari pertanyaan pertama “Mengapa Google Play Store tidak bisa dibuka di HP Android Xiaomi pada umumunya? Well sebenarnya banyak hipotesa yang dapat kita buat atau kita temukan, namun kemungkinan utama yang membuat si Google Play Store ini tidak bisa dibuka di HP Android Xiaomi adalah karena berkenaan dengan Offical ROM dari perusahaan yang memproduksi.

Seperti yang kita ketahui bahwa Xiaomi ini adalah produk Android asal China. Sedangkan Google Play Store adalah perangkat aplikasi dari Western dan China sudah menjadi salah satu negara yang sangat maju di bidang teknologi dan software. China mempunyai mesin pencarinya sendiri yang umumnya dikenal dengan nama Waibo – default search engine yang digunakan di China secara general. Nah oleh karena itulah,  Xiaomi melarang produknya untuk menggunakan mesin pencari yang lain. Kalian pastinya sudah tahu alasannya, ya minimal mendukung produk negeri sendiri lah bahasanya. Itu adalah kemungkinan utama atau hipotesa pertama dari penyebab Google Play Store tidak bisa dibuka di HP Android Xiaomi, yaitu karena bergantung pada offical ROM asal China ini. Namun, saya tidak menutup adanya kemungkinan – kemungkinan lain yang dapat muncul sebagai penyebab tidak bisa dibukanya Google Play Store ini di HP Android Xiaomi.

Setelahnya, marilah kita bahas Bagaimana solusi untuk masalah Google Play Store yang tidak bisa dibuka di HP Android Xiaomi ini jika kalian ingin mendownload aplikasi dan familiarnya cuma sama Google Play Store?

Langkah – langkahnya:

  1. Kalian harus mendownload dan memasang aplikasi google play store secara manual dengan mendownload versi apk Google Installer nya terlebih dahulu melalui link ini http://xiaomiadvices.com/apk-google-installer-download/
  2. Pindahkan file yang telah terdownload di HP kalian dan install
  3. Jika sudah terinsall tunggu dan refresh list nya lalu pilih Google Play
  4. Lalu akan muncul 4 list aplikasi dan kalian klik ikon tanda panah di bagian paling bawah dan continue
  5. Ikuti langkah – langkahnya sampai aplikasi google play terpasang di HP Android Xiaomi kalian
  6. Nah, jika aplikasi google play store itu sudah terpasang di HP kalian, pengaturannya masih berlanjut dan tidak berhenti disini saja
  7. Selajutnya kalian masuk ke pengaturan settings di HP kalian, lalu pilih installed apps dan cari google play store, lalu pilih clear data
  8. Dan setelahnya kalian restart HP Android Xiaomi kalian
  9. Selesai, aplikasi Google Play Store sudah bisa dijalankan secara normal

NOTE: cara di atas tidak 100% ampuh, tergantung cara anda melakukan tahapan di atas dan tergantung dari ketentuan yang ada di HP Android Xiaomi kalian

Play Store Tidak Bisa Dibuka di Oppo

Image result for oppo logo

Seperti Xiaomi, masalah Google Play Store yang tidak bisa dibuka di Oppo pun sering terjadi dan pastinya membuat kalian pengguna Oppo menjadi tidak nyaman. Ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan Google Play store tidak bisa dibuka di Oppo seperti: bugs maupun koneksi internet yang sangat minim.

Di bawah ini saya sediakan beragam cara yang dapat kalian lakukan sebagai solusi untuk membuka Play Store di HP Android Oppo kalian. Langkah – langkah di bawah adalah referensi dari heyriad.com

  1. Kalian bisa menggunakan settings sebagai media utama untuk memulihkan kembali HP Android Oppo kalian
  2. Kalian buka pengaturan settings dan cari installed apps pilih google play store lalu pilih force stop
  3. Setelah itu kalian bisa membersihkan seluruh data google play store dengan memilih clear data
  4. Untuk melakukan perbaikan bugs kalian bisa lakukan dengan mengupdate google play store kalian. Dengan mengupdate google play store dapat memperbaiki bugs dan meningkatkan kinerja dari google play store kalian
  5. Jika langkah – langkah di atas masih tidak efektif, kalian dapat keluar dari akun google kalian dan masuk kembali. Akun google merupakan satu kesatuan dengan akun google play store, siapa tahu dengan keluar lalu masuk kembali bisa mengubah play store menjadi bisa diakses
  6. Cara lain adalah dengan melakukan restart HP Android Oppo kalian. Kalian matikan dulu HP Android Oppo kalian lalu lepaskan microSD dan juga SIM Card lalu masukkan kembali dan nyalakan
  7. Factory Reset Oppo. Nah cara ini adalah alternatif terakhir yang bisa dijalankan jika langkah – langkah di atas tidak efektif. Kalian dapat melakukan factory reset oppo untuk menjadikanny kembali ke pengaturan pabrik. Namun sebelum melakukannya pastikan kalian telah back up data kalian agar data kalian sebelumnya tidak hilang

Nah guys, itulah berbagai alternatif cara yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi masalah Google Play Store yang tidak bisa dibuka di HP Android Oppo

Cara Membuka Play Store Kesalahan Server

Image result for error play store rh-01

Nah kalian pastinya terkadang menemukan masalah google play store error karena kesalahan server sehingga mengakibatkan google play store kalian error retrieving data from server [RH-01]. Error ini sebenarnya diakibatkan karena HP kalian tidak dapat terkoneksi ke google play server mungkin karena koneksi terputus atau gagal update google play store di HP Android kalian. Nah, kalian dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini untuk mengatasi masalah kesalahan server pada google play store.

Langkah – langkah:

  • Cara pertama adalah dengan memastikan setting tanggal dan time zone di perangkat HP Android kalian sudah benar. Biasanya setting-an tanggal dan time zone yang salah mempengaruhi kinerja google play store. Jika masih tidak berpengaruh dan masih mengalami eror kesalahan server, ikuti langkah – langkah di bawah ini.
  • Kalian masuk ke pengaturan settings
  • Lalu pilih applications
  • Cari aplikasi google play store kalian
  • Hapus segala data (clear data) dan clear cache, lalu pilih force to stop
  • Setelah itu kalian remove akun google kalian pada menu settings –> account –> pilih google account–> remove account
  • Setelah itu kalian restart HP Android kalian
  • Dan setelah HP Android kalian hidup kembali, kalian tambahkan kembali akun google kalian pada settings –> account –> pilih google account –> tambahkan kembali dan masuk kembali
  • Jika cara di atas masih tidak berpengaruh guys, cara terakhir adalah melakukan factory reset alias mengembalikan HP Android kalian ke pengaturan pabrik

NOTE: cara ini bisa saja berbeda tergantung dengan jenis HP Android apa yang digunakan dan tergantung dengan jenis OS karena versi OS yang berbeda memberikan tampilan yang berbeda pada HP. Contohnya OS Android Marshmallow akan menghadirkan tampilan yang berbeda dari OS Android KitKat. Penyesuaian dari kalian diperlukan, namun tidak akan ada perbedaan yang signifikan dalam langkah – langkahnya.

Nah guys, itulah selengkapnya mengenai cara – cara yang bisa kalian lakukan jika kalian menghadapi salah satu dari semua masalah yang telah di bahas di atas. Saya yakin kalian sekarang pastinya lebih mengerti mengenai penyebab kenapa google play store terkadang tidak bisa dibuka di HP Android Xiaomi ataupun OPPO dan sekarang kalian sudah tahu mesti bagaimana jika menghadapi masalah yang demikian.

Nah, saya harap apa yang telah saya share di atas dapat menjadi bermanfaat bagi kalian. Hasilnya belum tentu berhasil dan compatible dengan semua HP. Tergantung dari bagaimana cara kalian dalam mengikuti tahapan di atas dan jenis HP serta OS dari smartphone kalian. Saya sarankan jika sering lupa password untuk mencatat password – password dari berbagai akun penting kalian biar nantinya tidak ribet.

Baiklah kalau begitu saya undur diri dulu. Jangan lupa untuk terus pantau artike futureloka karena akan ada lebih banyak artikel dengan topik menarik dan berguna lainnya yang bisa kalian simak. Sampai jumpa di artikel lainnya, saya harap kalian berhasil dalam mengikuti langkah – langkah di atas. Salam dan terima kasih. Have a nice day everyone! Bye for Now!

Baca juga artikel perbandingan berikut ini:

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here