Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector dengan Mudah dan Tidak Ribet

1

Hardisk merupakan komponen yang paling penting dalam laptop atau komputer, karena jika hardisk tidak bisa terbaca maka laptop atau komputer kalian juga otomatis tidak mau menyala. Beberapa orang menemukan penyakit bad sector yang disebabkan oleh beragam sebab, salah satunya pada saat mati lampu dan juga terbanting jika pada laptop.

 

 

Hardisk bad sector bisa dibilang cukup fatal karena dapat menyebar dan membuat hardisk berhenti berkerja dalam waktu yang tidak bisa ditentukan. Nah, pada kesempatan kali ini tim Futureloka akan memberitahu cara untuk memperbaiki bad sector pada hardisk internal dan juga eksternal dengan mudah dan tidak ribet pastinya. Yuk langsung saja kita simak secara lebih detailnya pada artikel di bawah ini.

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan Hiren

Salah satu metode yang bisa digunakan untuk memperbaiki hardisk bad sector adalah dengan Hiren. Metode yang menggunakan Booting ini bisa dibilang cukup ampuh untuk menyembuhkan hardisk yang gagal booting karena masalah bad sector. Kalian bisa mengatasi bad sector pada hardisk dengan menggunakan Hard Disk Tools yang terdapat pada software Hiren’s Boot. Untuk lebih jelasnya yuk langsung saja simak penjelasannya.

Untuk pertama-tama kalian bisa download Hiren’s Boot dan menaruhnya pada flashdisk untuk di pasangkan ke komputer atau laptop kalian. Lalu atur First Boot melalui CD dan pilih Dos > Boot CD > Hardisk Tools.

Pada hardisk Tools tekan enter maka akan muncul sub-menu lalu pilih HDD Regenerator 1.71.

Nantinya akan muncul beberapa konfirmasi untuk mouse driver pilih Standard – pada driver pilih Auto – lalu pada keyboard layout pilih US

Setelah itu akan muncul list hardisk, karena hanya terdeteksi satu hardisk maka lanjutkan dengan tekan sembarang tombol untuk ke langkah berikutnya.

Nantinya akan muncul tampilan untuk memilih langkah berikutnya, kalian bisa memilih Scan and Repair pada opsi pertama.

Setelah itu akan ada tampilan pemilihan sector yang akan di scan, kalian bisa isi dengan angka 0 agar semua sector bisa diproses kembali dari awal hingga akhir.

Lalu kalian bisa tekan Enter maka proses Scan and Repair dapat berjalan.

Nantinya jika sudah selesai kalian bisa melihat hasil dari jumlah bad sector yang ditemukan dan hasil yang telah dikerjakan.

hdd1

Memperbaiki Hardisk Bad Sector Tidak Bisa di Install

Beberapa hal bisa saja menyebabkan terjadinya hardisk bad sector dan tidak bisa diinstall. Hal yang paling sering terjadi adalah karena turunnya tegangan pada laptop atau komputer pada saat mati lampu. Untuk itu sebaiknya menghindari hal yang tidak diinginkan dengan menggunakan UPS jika terdapat data yang cukup penting pada komputer kalian, karena laptop memiliki baterai yang menjaga daya tetap terjaga. Kenali penyebab Hardisk Bad Sector dengan seksama agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Mematikan komputer tidak secara normal melalui tombol Shut down
  • Seringnya komputer mati tiba-tiba saat beroperasi
  • Banyaknya virus yang menyerang
  • Fisik harddisk yang sudah tua perlu diganti
  • Tegangan yang overload
  • Human error
  • Terjatuh atau goncangan
  • Medan elektromagnetik

Memperbaiki Hardisk Bad Sector Melalui Dos Atau CMD

Salah satu cara paling sederhana dan dapat diterapkan oleh siapa adalah memperbaiki hardisk bad sector lewat Dos atau CMD. Dalam metode ini, memperbaiki hardisk bad sector secara software dapat dilakukan dengan fitur “Error Checking” yang terdapat pada tools partisi hardisk dan bisa juga dilakukan dengan fitur CMD. Untuk lebih lengkapnya langsung kita simak pada artikel di bawah ini aja yuk.

Pertama kalian bisa membuka CMD lalu ketikan chkdsk /r /f e, chksdk, merupakan perintah untuk melakukan pengecekan hardsik. /r, berfungsi untuk memindahkan bad sector. /f, berfungsi untuk memperbaiki kesalahan (error). e, berfungsi untuk menunjukan partisi hardisk yang mana akan di perbaiki.

memperbaiki-harddisk-bad-sector-dengan-cmd

Nantinya akan ada hasil laporan yang seperti pada di report. Untuk melihat hasil laporan, akan memakan waktu sekitar 5 menit. Tergantung sebesar apa ukuran partisi hardisk kamu yang di cek.

memperbaiki-harddisk-bad-sector-dengan-cmd

Nah, itulah cara untuk memperbaiki hardisk bad sector dengan mudah dan pastinya tidak begitu ribet. Untuk kalian yang ingin mencoba langkah-langkah tersebut dengan seksama pasti dapat memperbaiki hardisk yang rusak. Semoga informasi tersebut bermanfaat ya untuk kalian semua.

Baca juga artikel populer ini:

 

 

SHARE

1 COMMENT

  1. Salam, saya mw tanya kenapa file sistem partisi berubah menjadi RAW ya?

    Jd sy coba cara di atas dan belum berhasil, saat sy ketikan perintah chkdsk /r /f pesan yg dtampilan tidak dapat dilaksanakan karena partisi berformat RAW.

    Kira² solusinya bgmn?

    BTW trims artikelnya enak bwt dbaca & dpahami ☺

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here