[SPECIAL REVIEW] Asus VivoBook S S510UQ, Notebook Mewah dengan Segudang Fitur Dahsyat dan Praktis

1

ASUS memperkenalkan seri terbaru dari VivoBook. Setelah sebelumnya hadir dalam varian 14 inci, kini varian 15 inci-nya, yakni Asus VivoBook S S510UQ mendarat di pasaran Indonesia. Yang menarik, meskipun punya layar berukuran 15 inci, namun notebook tipis ini memiliki bentang chassis berukuran seperti notebook 14 inci pada umumnya.

Dimensi yang ringkas tersebut dimungkinkan oleh teknologi NanoEdge yang diadopsi notebook berbasis prosesor kuat, Intel Core generasi ke-7 yakni Intel Core i5 7200U yang punya kecepatan hingga 3.1GHz. Selain ringkas, perfangkat ini juga punya ketebalan yang hanya 1,79 cm dan bobot 1,7Kg. Kombinasi ringkas, tipis dan ringan tersebut membuat notebook ini cocok untuk diajak bepergian.

“ASUS VivoBook S510UQ lebih ditujukan bagi pengguna muda, mereka yang baru saja lulus dari bangku kuliah dan mulai bekerja ataupun masih menyelesaikan studinya di kampus,” ucap Benjamin Yeh, Regional Director ASUS South East Asia. “Mereka ini umumnya adalah kalangan yang aktif, dinamis dan penuh gairah, menginginkan perangkat atau gadget yang premium untuk mendukung aktivitas dan gaya hidup sehari-hari tetapi tetap harus ramah dari sisi budget,” kata Benjamin lagi.

Desain Mewah yang Mengalihkan Banyak Pandangan Mata

Banyak orang yang membutuhkan laptop yang simple dan juga ringkas namun disatu sisi membutuhka juga layar yang ukurannya besar. Asus tentunya mendengar kebutuhan dari para pengguna setia Asus dengan menghadirkan sebuah notebook dengan layar 15,6 inch namun dengan dimensi ukuran yang lebih kecil yaitu 14 inch sehingga dapat di bawa kemana-mana dengan mudah dan juga ringkas.

Faktor yang menyebabkan notebook ini dibuat dalam bentuk yang kompak adalah karena teknologi “NanoEdge” display yang digunakan. Teknologi ini menggunakan bingkai yang sangat tipis, yakni 0,78cm sehingga bagian permukaan notebook bisa dimaksimalkan penggunaanya oleh layar. Sebanyak 80 persen dari penampang notebook ini, atau yang biasa disebut dengan screen-to-body ratio, adalah layar. Bezel NanoEdge berukuran lebar 7,8mm milik VivoBook S15 merupakan salah satu yang tertipis di kelasnya.

Mereka yang bekerja  atau berkegiatan dengan notebook untuk beberapa hal seperti mengedit dokumen maupun menyunting naskah, akan sangat terbantu dengan ukuran display-nya yang luas yakni 15,6 inci. Anda pun akan terkagum-kagum ketika melihat layarnya karena tampak tidak memiliki bezel alias bezel-less sebab ratio atau perbandingan luas layar dengan bodi mencapai 80 persen. Inilah cara ASUS menempatkan layar monitor berukuran 15,6 inci pada body notebook yang biasanya punya ukuran layar 14 inci.

Performa Mengagumkan dengan Fitur Dual Storage

ASUS tidak pernah absen untuk mengedepankan aspek performa pada tiap perangkat buatannya, tidak terkecuali notebook yang satu ini. Selain dukungan kemampuan prosesor yang mumpuni untuk mengolah sistem dengan baik, ASUS VivoBook S510UQ turut dilengkapi dengan RAM berukuran 4GB DDR4 berkecepatan 2133MH dan dua buah storage yang dikombinasikan antara HDD dan SSD.

Sementara untuk urusan port konektivitas, ASUS VivoBook S510UQ dilengkapi dengan port USB 3.1 dengan konektor USB Type-C reversibel dengan desain any-way-up yang membuat perangkat penghubung menjadi sederhana dan cepat.

USB 3.1 juga memberikan kecepatan transfer data hingga 5x lebih cepat dari koneksi USB 2.0 lama. Didukung dengan port USB 3.1, slot kartu HDMI dan slot SD card tentunya mendukung kompatibilitas tanpa kerumitan dengan berbagai macam periferal, display dan proyektor.

Spesifikasi Lengkap ASUS VivoBook S510UQ

Salah satu yang harus kalian ketahui adalah spesifikasi dari notebook yang akan kalian beli. Tentunya Asus menghadirkan Notebook yang memiliki spesifikasi cukup tinggi yang bisa digunakan untuk berbagai macam hal, mulai dari edit video bahkan sampai dengan bermain game juga bisa dilakukan di ASUS VivoBook S510UQ ini. Nah, daripada penasaran langsung saja kita simak spesifikasi lengkapnya dibawah ini.

Main Spec. ASUS VivoBook S510UQ
CPU Intel® Core™ i5 7200U Processor (3M Cache, up to 3.1GHz)
Operating System Endless OS
Memory 4GB DDR3L 2133MHz SDRAM
Storage 128GB SATA 3 M.2 SSD + 1TB HDD
Display 15,6” (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) with slim bezel
Graphics Discrete graphics Nvidia GT940MX 2GB VRAM
Input/Output 1 x Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1), 1 x Fingerprint (On selected models), 1 x HDMI, 1 x USB 3.0 port(s), 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 2 x USB 2.0 port(s)
Camera VGA Web Camera
Connectivity Integrated 802.11ac (WIDI Support), Bluetooth V4.1
Audio Built-in Stereo 1.6 W Quad-Speakers And Digital Array Microphone

ASUS SonicMaster Premium Technology

Battery 3 Cells 42 Whrs Battery
Dimension (WxDxH) 361.4 x 243.5 x 17.9 mm
Weight 1,7Kg with Battery
Colors Icicle Gold
Warranty 2 tahun garansi global senilai Rp900.000

Keyboard yang Sempurna Untuk Mengetik Cepat

asus vivobook s keyboard

Saat dicoba untuk mengetik, keyboard pada VivoBook S15 terasa empuk dan nyaman. Selain tombolnya tersa membal, kenyamanan dimungkinkan oleh desain chiclet yang digunakan. Tomobol-tombolnya punya permukaan yang lega dan jarak antar tombol pun cukup lega. Ini membuat pengetikan menjadi lebih leluasa dan lebih akurat. Pada akhirnya, bekerja dalam durasi waktu panjang tidak lekas membuat lelah.

Selain mendukung sentuhan hingga 4 jari, touchpad pada notebook ini juga mendukung pengamanan berbasis biometrik dalam bentuk fingerprint scanner. Lokasinya berada di sudut kanan atas touchpad. Pengamanan berbasis fingerprint ini sudah mendukung fitur login aman milik Windows 10 Hello yang memungkinkan penggunanya masuk ke dalam sistem operasi cukup dengan sentuhan jari. Selain saat akan bekerja, fitur ini juga akan sangat bermanfaat untuk memastikan keamanan data milik pengguna jika suatu saat notebook dicuri ataupun tertinggal entah di mana.

Sistem Operasi Endless OS yang Sempurna

asus vivobook s

Secara hardware, VivoBook S15 mendukung sistem operasi Windows 10 dengan Cortana. Namun demikian, varian notebook ini dipasarkan dengan sistem operas Endless OS di Indonesia. Tetapi jangan salah, sistem operasi berbasis Linux yang kekinian tersebut punya beraneka ragam fungsi dan fitur yang dapat digunakan untuk mendukung aktivitas penggunanya sehari hari. Apa saja?

Endless OS merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Endless Mobile yang dapat di-download secara cuma-cuma oleh siapapun. Ia telah dilengkapi dengan berbagai konten hingga 100 aplikasi gratis yang dapat dipakai langsung tanpa penggunanya harus terhubung ke Internet. Sistem operasi tersebut juga dirancang untuk terasa alami dan intuitif, sehingga mudah digunakan walaupun Anda hanya memiliki sedikit pengalaman atau belum pernah menggunakan komputer. Kemudahan yang ditawarkan bagaikan kita menggunakan smartphone.

Tidak ada biaya tambahan apapun untuk menggunakan sistem operasi ini. Penggunaannya pun tiada batasan, tidak seperti sistem operasi ataupun aplikasi trial yang bisa digunakan selama 30 hari. Sistem operasi ini juga relatif lebih tahan terhadap virus komputer sehingga dapat mengurangi masalah yang akan muncul dari serangan virus atau malware yang kini semakin menjadi momok.

Ketika terhubung ke internet, Endless berfungsi seperti komputer pada umumnya, Anda dapat mencari informasi apapun atau menghubungi kerabat Anda di manapun. Dengan hadirnya sistem operasi yang sudah dilengkapi berbagai aplikasi untuk mendukung pekerjaan sehari-hari, tentunya VivoBook ini menjadi semakin sempurna. Begitu Anda miliki, nyalakan, dan Anda bisa dapat langsung bekerja tanpa perlu melakukan instalasi sistem operasi ataupub berbagai aplikasi yang biasa digunakan sehari-hari.

Kesimpulan Review ASUS VivoBook S510UQ

Notebook ini sangat cocok untuk kalian yang gemar berpergian atau meeting keluar kantor karena kompatibilitasnya yang sangat mengagumkan. Desain yang simple namun tidak menghilang kesan mewah juga hadir dalam ASUS VivoBook S510UQ ini. Dimensi yang tidak besar dan dapat dimasukan ke dalam tas tanpa harus repot mengurangi barang bawaan dapat menjadi faktor yang tepat untuk membeli notebook ASUS VivoBook S510UQ.

Nah, itulah review dari tim Futureloka.com mengenai ASUS VivoBook S510UQ yang sangat menggoda. Tentunya masih ada banyak artikel mengenai ASUS dan seputar teknologi terbaru yang bisa kalian dapatkan di Futureloka. Sampai jumpa lagi ya pada artikel selanjutnya.

REVIEW OVERVIEW
Desain
9
Spesifikasi
10
Baterai
9
Harga
9
SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here