Spesifikasi Lengkap dan Harga Resmi Serta Bekas HP Sony Xperia E1 Terbaru di Indonesia

0

Sony Experia E1Sony merupakan brand elektronik asal jepang yang berhasil memasuki pasar smartphone dengan persaingan yang amat ketat. Dengan begitu, Sony harus mampu memasuki berbagai segmen pasar agar mampu menjangkau banyak kalangan.  Maka dari itu, Sony merilis sebuah smartphone yang diperuntukkan untuk pasar entry level  yaitu Sony Xperia E1.

Lalu, apa saja sih yang ditawarkan dari smartphone yang dirilis pada tahun 2014 ini. Berikut ini, Tim Futureloka akan memberikan informasi tentang spesifikasi lengkap, harga, dan ulasan singkat dari Sony Experia E1 di Indonesia.

Spesifikasi Lengkap Sony Xperia E1

Layar

Sony Xperia E1 membekali diri dengan layar sentuh kapasitif seluas 4 inch dengan resolusi 480 x 800 pixel, yang mana kerapatannya mencapai 233 ppi. Ukuran yang kecil apabila dibandingkan dengan smartphone masa kini yang rata-rata memiliki ukuran yang besar. Namun untungnya, layar Xperia E1 ini sudah mendukung multitouch yang dapat merespon sentuhan hingga 2 jari. Layar Xperia E1 ini juga sudah diberi lapisan stratch-resistant glass sehingga mampu memberikan perlindungan dari goresan-goresan ringan.

Performa

Untuk mendukung performa sehari-hari, Sony Xperia E1 sudah ditanamkan prosesor Dual Core Qualcomm MSM8210 Snapdragon 200 berkecepatan 1.2 GHz, yang juga ditemani dengan GPU Andreno 302 dan RAM sebesar 512 MB. Dibagian penyimpanan, Sony Xperia E1 memiliki memori internal sebesar 4 GB, yang dapat diekspansi dengan micro SD up to 32GB. Bukanlah spesifikasi yang tinggi, namun cukup untuk para pengguna di segmen entry level.

Software dan Antarmuka

Disisi Software, Sony membekali Xperia E1 dengan sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean yang kabarnya akan mendapat upgrade ke Android 4.4.2 Kitkat. Dibagian antarmuka, Sony tetap memberikan cirikhasnya yaitu dengan memberikan user interface  khas  Sony, Timescape UI.

Konektivitas

Untuk urusan konektivitas, Sony Xperia E1 sudah menyediakan berbagai macam konektivitas standar seperti Wi-Fi, Bluetooth 4.0, GSM, 3G, dan HSPA. Sayangnya, Xperia E1 belum mendukung konektivitas 4G LTE yang sedang menjadi tren saat ini. Walaupun begitu, smartphone berukuran layar 4 inch ini memiliki kemampuan untuk menangkap siaran radio dan mendukung GLONASS. Fitur yang cukup menarik untuk sebuah smartphoneyang ditujukan untuk pasar  entry level.

Kamera dan Fitur

Sony Xperia E1 hanya dibekali kamera primer beresolusi 3.15 MP dengan besaran aperture f/2.5. Yang patut disayangkan adalah, Xperia E1 tidak memiliki kamera depan, padahal selfie dewasa ini sudah menjadi tren dan kebiasaan umum.

Dibagian sensor, Sony Xperia E1 hanya dibekali dengan sensor-sensor esensial seperti sensor accelerometer, proximity dan compass. Tidak ada sensor gyroscope, sehingga smartphone ini belum bisa digunakan  untuk bermain virtual reality.

Baterai

Untuk menunjang semua fitur yang sudah dipaparkan tadi, Sony Xperia E1 hanya dianugerahi baterai Li-Ion dengan kapasitas 1700 mAh. Untungnya, baterai Sony Xperia E1 dapat dilepas dan diganti atau sering disebut removable, sehingga memudahkan pengguna untuk mengganti baterai atau membeli baterai cadangan.

Jaringan GSM, HSPA
Prosesor Dual-core 1.2 GHz Cortex-A7 Qualcomm MSM8210 Snapdragon 200
GPU Andreno 302
RAM 512 MB
Storage 4 GB
OS Android 4.3 (Jelly Bean), planned upgrade to 4.4.2 (KitKat)
Layar 4.0 inch 480 x 800 pixels (~233 ppi pixel density) with Timescape UI
Kamera Belakang 3.15 MP
Kamera Depan No
Baterai 1700 mah

FITUR MENARIK PADA SONY XPERIA E1

Sony Experia E1

Untuk sebuah ponsel entry level, Sony Xperia dibekali sebuah fitur menarik khas Sony yang tidak dimiliki ponsel-ponsel lain, yaitu kualitas audio yang mumpuni. Hal ini wajar karena memang sejak dahulu, Sony terkenal dengan produk audio-nya, Walkman. Dan menariknya, fitur tersebut juga hadir di smartphone Experia E1.

Harga Resmi dan Bekas Sony Xperia E1

Sony Xperia E1 Bagian Belakang

Sony Xperia E1 dirilis pada tahun 2014. Pada saat artikel ini dibuat (24/5), Sony Xperia E1 dibanderol dengan harga Rp 1.200.000 dan harga bekas atau second Rp. 600.000, sebuah harga yang cukup terjangkau untuk sebuah smartphone dengan nama besar Sony yang dibekali dengan banyak fitur khas perusahaan asal Jepang tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia E1

Sony Experia E1

Setelah mengetahui spesifikasi lengkap dan harga dari Sony Xperia E1. Kamu juga harus tahu, apa saja sih kelebihan dan kekurangan dari smartphone yang dirilis pada tahun 2014 ini. Maka dari itu, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari Sony Xperia E1, yang sudah dirangkum oleh tim Futureloka.

Kelebihan:

  1. Desain khas Sony
  2. Harga terjangkau untuk merek Sony
  3. Sensor lengkap
  4. Kualitas Audio yang mantap

Kekurangan

  1. RAM hanya 512 MB
  2. Tidak ada kamera depan
  3. Baterai kecil

Yap, tadi adalah ulasan singkat dari Sony Xperia E1. Untuk kamu yang mau info terbaru seputar Gadget dan teknologi, jangan lupa pantengin  terus Futureloka.com ya. See you!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here