gth

Kalian kerap menggunakan komputer dalam setiap aktivitas pekerjaan kalian. Teknologi komputer memang tidak dapat dihilangkan lagi dari kebutuhan manusia. Setiap aktivitas pekerjaan kita selalu memerlukan komputer sebagai alat bantu untuk mempercepat pekerjaan. Baik di kantor maupun di sekolah, komputer tentunya menjadi salah satu teknologi yang wajib dibutuhkan.

Manusia adalah makhluk yang cerdas. Manusia kerap mengembangkan hal yang menurutnya kurang praktis hingga menjadi alat yang dapat membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Komputer dinilai mempunyai desain yang ribet dan tidak dapat dibawa kemana – mana, maka dikembangkanlah laptop sebagai suatu teknologi yang lebih praktis.

Baca juga:

Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi elektronika dan hardware ini adalah Acer. Kalian tentunya sudah familiar dengan brand Acer ini karena memang menjadi salah satu pemain utama dalam pasar teknologi elektronika global. Bagi kalian penggemar Acer, kali ini topik pembahasan datang dari Acer Aspire E 15. Salah satu laptop yang katanya tergolong sebagai laptop gaming. Benarkah demikian?

Bagi kalian yang penasaran, tim futureloka akan membahas secara tuntas mengenai Acer Aspire E 15 ini mulai dari spesifikasi, kelebihan dan kekurangan, hingga ke harga serta menjawab apakah Acer Aspire E 15 ini merupakan laptop gaming dengan harga terjangkau. Bagi kalian yang lagi berencana beli laptop merk Acer ataupun lagi cari laptop gaming dengan harga terjangkau, pastikan membaca artikel ini selengkapnya karena artikel ini tentunya dapat menjadi salah satu bahan referensi yang bermanfaat bagi kalian. Langsung saja selengkapnya di bawah ini. Enjoy!

Spesifikasi lengkap Acer Aspire E 15

Image result for Acer Aspire E 15

Section Acer Aspire E 15
Type
  • Notebook
Display
  • Display resolution: 1366 x 768 pixels, HD
  • Wide screen: 15.6 inch
  • Panel type: HD widescreen LED-backlit TFT LCD
  • Graphics: AMD Radeon™ R7 Graphics M265 with 2 GB DDR3 VRAM
Dimensions
  • Weight: 2.21 kg ( 77.96 oz / 4.87 pounds)
  • 26.1 x 381.6 x 258 mm (1.03 x 15.02 x 10.16 in)
Processor and OS
  • OS:
    Windows 8.1 or Linux (to be confirmed)
  • Processor AMD A-Series Quad Core Processor A10-7300 (4 MB L2 cache, 1.9 GHz dengan Turbo Core Technology hingga 3.2 GHz)
RAM
  • 16 GB DDR3L SDRAM
Storage

(SSD/eMMC)

  • 1 TB 5,400RPM SATA hard drive; SD card reader
Conectivity
  • Wi-Fi
    802.11ac wireless LAN

  • Ports:

    2 x USB 3.0 ports,
    1 x USB 2.0 port,
    HDMI,
    VGA port,
    headphone jack

  • Bluetooth
    Bluetooth 4.0 wireless technology

Camera
  • HD Webcam 720p
Audio
  • Intel Valleyview SoC – HD Audio Controller
  • 2 stereo speakers (4W x 2) built in microphone certified for Skype
Battery
  • 4 cell Li-ion (2800 mAh) (up to 8 hours run time)
Other features
  • Easy charging
  • Fast transfer data
  • DVD-Super Multi
  • Cooling system

 

Nah guys, gimana? setelah melihat tabel spesifikasi di atas apakah kalian tertarik dengan Acer Aspire E 15 ini? Spesifikasi dari notebook Acer Aspire E 15 ini memang bisa dikatakan cukup menggoda sih guys. Kalian pastinya sedikit – sedikit sudah dapat menerka keunikan dari si Acer Aspire E 15 ini.

Namun, saya yakin, masih ada di antara kalian yang masih bingung dalam menafsirkan setiap section di tabel spesifikasi di atas. Kalian juga pastinya butuh penjelasan lebih lanjut yang akan mempermudah kalian dalam menentukan pilihan. Jangan khawatir guys karena di bawah ini saya akan menyediakan penjelasan mengenai setiap section dari spesifikasi Acer Aspire E 15 ini. Tentunya penjelasan ini akan 2 kali mempermudah kalian dalam menganalisa keunggulan dan kekurangan dari si Acer Aspire E 15 ini.

Desain

Desain Acer Aspire E 15 ini bisa dikatakan sudah oke dan cukup menggoda dan sudah menyaratkan sensasi ekstetika yang cukup oke. Body nya dibuat dengan bahan black metal dan diliputi dengan warna black matte yang membuatnya terkesean tegas dan tegap. Semua permukaan body dari Acer Aspire E 15 ini ditutupi dengan warna hitam yang cocok banget buat kalian pencinta warna hitam. Acer Aspire E 15 juga sudah dilengkapi dengan kemampuan engsel untuk memutar hingga 180 derajat.

Dimensi

Karena terbuat dari logam dan terdapat slot DVD player pada Acer Aspire E 15 ini, hal itu membuat bobot dari Acer Aspire E 15 ini agak berat yang mencapat 2 kg. Selain itu pula, body nya tampak bongsor dan kurang ramping. Memang agak berat untuk dibawa kemana – mana.

Layar

Layar si Acer Aspire E 15 ini sudah menawarkan resolusi yang oke dengan pilihan layar mencapai 1366 x 768 pixels yaitu sudah high resolution. Lebar layar dari  ini juga lebar yaitu 15.6 inches sehingga sangat nyaman bagi kalian untuk menonton film, ngerjain tugas, dan melakukan aktivitas lainnya. Layar dari si Acer Aspire E 15 ini sudah dilengkapi dengan HD widescreen LED-backlit TFT LCD dan grafik AMD Radeon™ R7 Graphics M265 with 2 GB DDR3 VRAM sehingga memberikan kesal visual yang cukup memumpuni

Prosesor dan OS

Nah, OS yang compatible dan disarankan sama Acer untuk digunakan oleh si Acer Aspire E 15 ini adalah Windows 8.1 namun ada beberapa sumber yang juga mengatakan bahwa Acer Aspire E 15 ini menggunakan jenis OS Linux. Tim Futureloka akan mengkonfirmasi lebih lanjut mengenai kepastiannya. CPU yang digunakan oleh Acer Aspire E 15 ini adalah AMD A-Series Quad Core Processor A10-7300 (4 MB L2 cache, 1.9 GHz dengan Turbo Core Technology hingga 3.2 GHz) Dengan dapur pacu yang demikian, bisa dikatakan Acer Aspire E 15 ini sudah menyediakan peforma yang handal dan responsif. Peforma yang dihasilkan oleh Acer Aspire E 15 juga menjadikan Acer Aspire E 15 cocok sebagai laptop gaming. Acer Aspire E 15 dapat menjadi pilihan laptop gaming yang paling efisien dengan harga terjangkau jika dibandingkan dengan laptop gaming lainnya.

Storage dan RAM

Memori RAM dari Acer Aspire E 15 ini sudah 16 GB DDR3L SDRAM. Dengan kapasitas RAM yang demikian pastinya sudah dapat memastikan peforma multitasking yang oke. Media penyimpanan dari Acer Aspire E 15 juga sudah mendukung kapasitas hingga 1 TB serta dilengkapi dengan SD Card Readers

Connectivity

Si Acer Aspire E 15 ini sudah mendukung wifi 802.11ac  dan Bluetooth 4.0 wireless technology tentunya dan lebih menariknya lagi tersedia beberapa ports dari Acer Aspire E 15 ini, yaitu 2 x USB 3.0 ports, 1 x USB 2.0 port, HDMI, VGA port, headphone jack. Ports ini akan menghasilkan peforma transfer data yang super cepat guys.

Audio

Siapa yang suka dengerin musik? Suka nonton video? dll? Pastinya butuh fitur audio yang oke demi menghasilkan suara yang mantap. Perkembangan tentunya terus dilakukan oleh Acer, dan Acer Aspire E 15 ini sudah menghasilkan

  • 2 stereo speakers (4W x 2) built in microphone certified for Skype
  • HD Audio Controller

Kedua speaker dari Acer Aspire E 15 ini terletak di bagian bawah sehingga menghasilkan bunyi yang lebih nyaring karena berpantulan pada permukaan meja dan rambatan dengan benda padat lebih cepat. Selain itu pula audio dari Acer Aspire E 15 ini sudah menyediakan keseimbangan bunyi antara bass dengan treblenya sehingga memberikan sensasi yang lebih hidup saat kalian main games.

Baterai

Nah, kapasitas baterai dari si Acer Aspire E 15 ini sudah oke. Acer Aspire E 15 ini menggunakan 4 cell Li-ion (2800 mAh) Lithium Polymer Battery yang mampu bertahan up to 8 jam pada saat run time. Jika kita liat kategori laptop ini adalah sebagai laptop gaming maka dengan daya baterai yang demikian sudah cukup guys. Namun jika dibandingkan dengan laptop biasanya daya tahan baterainya memang tergolong tidak terlalu tinggi.

Fitur lainnya

Tentunya si Acer Aspire E 15 ini sudah mengembangkan fitur – fitur mewah nan menarik lainnya yang akan membuat kalian ngiler. Selain desainnya yang elegan dan stylish, Acer Aspire E 15 ini juga mengembangkan fitur yang akan mendukung aktivitas pekerjaan kalian dengan Acer Aspire E 15 dan juga fitur untuk memelihara keawetan dari Acer Aspire E 15 ini sendiri. Seperti salah satunya adalah cooling system.

Fitur ini akan sangat membantu dalam memelihara keawetan dari Acer Aspire E 15. Saat kalian bekerja dengan menggunakan aplikasi yang berat, pada dasarnya Acer Aspire E 15 akan cepat panas. Oleh karena itu, untuk mengurangi panas yang berlebihan pada Acer Aspire E 15, disitulah cooling system ini akan bekerja. Tentunya cooling system ini sangat berguna dalam menjaga temperatur laptop kalian pada kondisi normal apalagi jika kalian sering gunakan untuk nge-games.

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa body dari si Acer Aspire E 15 ini memang tidak slim, salah satu penyebabnya adalah adanya slot DVD player. Namun, ini merupakan salah satu fitur dari Acer Aspire E 15 ini guys. Kalian sekarang bisa memainkan DVD player melalui laptop ataupun mengkonversikan file ke dalam DVD. Berkaitan dengan baterai, Acer Aspire E 15 ini sudah menyediakan Fast charging technology dan easy charging yang akan membantu pengisian daya baterai kalian lebih mudah.

Buat kalian yang suka skype, nah si Acer Aspire E 15 ini juga sudah punya HD web camera 720 x 1280p yang akan membuat kegiatan video call, skype, dan selfie kalian menjadi lebih menarik dengan peforma dan hasil yang mantap. Selain itu juga, fitur pendukung kameranya sudah menyediakan High Dynamic Range (HDR) untuk memaksimalkan aktivitas kalian yang menggunakan kamera.

Kelebihan dan Kekurangan Acer Aspire E 15

Setelah melihat penjelasan detail nan lengkap seputar Acer Aspire E 15 ini, kalian tentunya ingin melihat poin per poin dari kelebihan dan kekurangan Acer Aspire E 15 ini. Nah, di bawah ini saya akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari Acer Aspire E 15 ini. Yuk simak!

Kelebihan:

  • Kamera sudah HD resolution sehingga sangat mendukung untuk selfie, skype, video call, dan aktivitas lainnya yang menggunakan kamera
  • Fitur audio yang mantap sehingga memberikan kesan yang lebih hidup apalagi saat nge-game
  • Grafik yang cukup oke memberikan kesan visual yang terasa lebih hidup
  • Fast charging technology dan easy charging yang akan menambah daya baterai kalian dengan cepat dan mudah
  • Prosesor AMD A-Series Quad Core Processor A10-7300 (4 MB L2 cache, 1.9 GHz dengan Turbo Core Technology hingga 3.2 GHz) yang memberikan peforma yang mendukung hobi nge-game kalian
  • Mempunyai ports USB dengan beragam fungsi praktis
  • Layar atau display layar lebar
  • Cooling system untuk mengindari notebook dari panas berlebihan
  • Kapasitas RAM sudah mendukung aktivitas multitasking yang oke
  • Media penyimpanan yang besar
  • Mempunyai fitur DVD

Kekurangan

  • Bahan body nya terbuat dari metal dengan lapisan warna di seluruh permukaan boody adalah matte black sehingga kurang stylish dengan hanya 1 warna yang tersedia
  • Bobot berat dan body bongsor sehingga tidak memberikan kesan slim dan berat untuk dibawa kemana – mana
  • Daya tahan baterai masih rendah
  • Layar tidak touchscreen
  • OS masih Linux belum Windows namun masih to be confirmed
  • Desain masih standar dan kurang elegan

Harga Resmi dan Bekas Acer Aspire E 15  di Indonesia

Nah guys, itulah rangkuman kelebihan dan kekurangan dari notebook Acer Aspire E 15  ini perpoin-nya. Gimana? Setelah kalian menyimak ulasan terlengkap mengenai spesifikasi dari notebook Acer Aspire E 15  ini dan juga setelah mengetahui kekurangan dan kelebihannya, apakah kalian mulai tertarik untuk untuk membelinya? Pastilah ya, siapa juga yang tidak ngiler dengan segala specs nya yang oke banget itu?

Namun, pastinya budget itu menjadi penentu sih guys apakah kalian dapat memiliki si notebook Acer Aspire E 15  ini atau mesti nabung dulu. Kalian pastinya penasaran dong dengan harga dari notebook Acer Aspire E 15  ini. Nah di berikut ini, saya akan memberitahu kalian harga resmi dan bekas dari notebook Acer Aspire E 15  di Indonesia.

Jadi guys, untuk harga resmi dari Acer Aspire E 15  ini dibendrol dengan harga sekitar IDR 7.299.000. Tergolong cukup murah sebagai laptop gaming jika dibandingkan dengan lapto gaming lainnya. Namun, untuk harga bekas sayangnya belum tersedia, tim futureloka akan meninjau lebih lanjut mengenai harga bekas dari notebook Acer Aspire E 15  ini, perkiraan sih pastinya di bawah harga resmi nya lah ya, masa harga bekas lebih mahal harga nya, kan ga masuk akal.

Well, pastinya notebook Acer Aspire E 15  ini memiliki kekurangan dan kelebihan nya sendiri yang masuk ke dalam selera dan kebutuhan kalian. Selalu ingat ya guys, harga di atas tidak selalu sama di setiap toko. Harga bisa saja berbeda tergantung dengan ketentuan harga dan promosi dari masing – masing toko yang kalian kunjungi (toko online, toko gadget biasa, dll). Namun harganya tidak akan jauh – jauh dari harga yang saya lampirkan di atas.

Saya yakin kalian dapat bijak dalam membeli laptop yang ingin kalian beli. Saran saya selalu belilah sesuai dengan kebutuhan dan budget kalian karena tentunya akan lebih bermakna. Jadi, itulah guys ulasan selengkapnya yang bisa saya sampaikan. Saya harap artikel kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya. Saya pamit dulu, salam dan terima kasih. Have a good day! Bye for now!

Baca juga:

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here