Perusahaan lenovo belum lama ini tengah menggarap produk smartphone terbarunya bernama Lenovo Z90. Ponsel Lenovo Z90 ini dapat dibilang sebagai versi murah dari seri Vibe Shot yang sudah diperkenalkan di perhelatan MWC 2015 lalu. Ponsel cerdas ini juga telah mengutamakan pada sektor kameranya yang berkualitas tinggi dengan didukung oleh fitur triple-LED flash.

Desain yang diusung smartphone ini seperti desain pocket kamera dan menggunakan bodi metal serta terpasang tombol shutter yang biasa terpasang pada kamera. terlihat desain bodi smartphone ini lebih boxy dan sudut yang membulat di setiap ujungnya tidak begitu besar. dengan adanya tombol shutter ergonomi serta kesetabilan saat mengambil gambar akan lebih baik.

Pada kesempatan kali ini, Tim Futureloka akan membahas tentang spesifikasi lengkap. harga resmi, serta kelebihan dan kelemahan Lenovo Vibe Shot Z90.

Spesifikasi Lengkap Lenovo Vibe Shot Z90

Tabel di bawah adalah spesifikasi lengkap Lenovo Vibe Shot Z90  yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber:

NETWORK Technology GSM / HSPA / LTE
2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
3G bands HSDPA
4G bands LTE
Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
GPRS Yes
EDGE Yes
BODY Dimensions 142 x 70 x 7.3 mm (5.59 x 2.76 x 0.29 in)
Weight 145 g (5.11 oz)
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
DISPLAY Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size 5.0 inches (~69.3% screen-to-body ratio)
Resolution 1080 x 1920 pixels (~441 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Protection Corning Gorilla Glass 3
PLATFORM OS Android OS, v5.0.x (Lollipop)
Chipset Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615
CPU Quad-core 1.7 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.0 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 405
MEMORY Card Slot microSD, up to 128 GB
Internal 32 GB, 3 GB RAM
CAMERA Primary 16 MP, 2997 x 5328 pixels, optical image stabilization, autofocus, triple-LED (dual-tone) flash
Features Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Video [email protected], optical stabilization
Secondary 8 MP, 1080p
SOUND Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
COMMS WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual band, hotspot
Bluetooth v4.1, A2DP
GPS Yes, with A-GPS
Radio TBC
USB microUSB v2.0
FEATURES Sensors Accelerometer, proximity, compass
Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML5
Java Yes, via Java MIDP emulator
Colors Crimson, Pearl White, Graphite Grey
– Active noise cancellation with dedicated mic
– MP4/H.264 player
– MP3/WAV/WMA/eAAC+ player
– Photo/video editor
– Document viewer
BATTERY Non-removable Li-Po 2900 mAh battery
Stand-by
Talk time

Dimensi, Desain dan Layar Lenovo Vibe Shot Z90

Dari segi dimensi, desain dan layar, ponsel ini menggunakan layar berukuran besar seluas 5 inch dan menggunakan teknologi IPS LCD capacitive touchscreen, kecerahan serta ketajaman yang dimiliki layar ini akan lebih baik pasalnya ponsel memilki resolusi layar 1080 x 1920 pixels dan dengan kerapatatn 441 ppi. Belum lagi dengan performa yang powerful dengan menggunakan chip kartu grafis Adreno 405 yang semakin mantap ketika digunakan untuk bermain game.

Memory Lenovo Vibe Shot Z90

Dari segi memori, ponsel pintar ini sudah disematkan dengan RAM sebesar 3 GB dengan menyediakan penyimpanan internal yang kapasitas simpannya sangat besar yaitu 32 GB, meskipun sebagian telah terpotong untuk sistem operasi dan aplikasi bawaan, namun masih cukup untuk menyimpan banyak foto, aplikasi ataupun game yang diunduh dari playstore. Selain itu, ponsel ini juga menyediakan slot penyimpanan eksternal yang mampu menampung kapasitas hingga 128 GB.

Kamera Lenovo Vibe Shot Z90

Dari segi kamera, smartphone Lenovo Z90-7 ini telah mengunggulkan kamera utamanya. Pasalnya pada kamera utama smartphone ini telah di benamkan dengan resolusi 16 Megapiksel yang sudah di lengkapi dengan adanya sensor BSI, autofocus, aperture f/2.0 serta telah di smatkan dengan triple-tone LED flash.

Pihak lenovo juga telah membekali smartphone terbarunya ini dengan fitur Optical Image Stabilization serta telah di lengkapi dengan laser autofocus untuk mempercepat focusnya. Selain di bekali dengan adanya kamera utama, Lenovo Z90-7 ini juga telah di sematkan dengan kamera skunder beresolusi 8 Megapiksel, yang sangat pas untuk anda berfoto selfie.

Baterai Lenovo Vibe Shot Z90

Dari segi baterai, ponsel pintar ini memiliki kapasitas baterai yang besar yaitu 3000 mAh, dengan baterai ini lenovo mengklaim bahwa handphonennya mampu standby selama 438 jam dan untuk pemutaran musik mampu hinga 39 jam.

Harga Lenovo Vibe Shot Z90

Dari segi harga, per bulan Agustus 2017, ponsel ini memasang harga di kisaran 2,6 jutaan untuk kondisi baru. Untuk kondisi bekas, ponsel ini memasang harga di kisaran 1,9 juta. Cukup murah, bukan?

Kelebihan dan Kelemahan Lenovo Vibe Shot Z90

Lenovo-Vibe-Shot

Setelah melihat spesifikasi lengkap serta harga resmi Lenovo Vibe Shot Z90, kali ini kami akan membahas kelebihan dan kelemahan ponsel pintar ini.

Kelebihan Lenovo Vibe Shot Z90

  • Lenovo Vibe Shot Z90-7 telah memiliki akses internet yang super cepat di atas rata-rata karena jaringan GSM yang digunakan telah mendukung teknologi 4G LTE sehingga lebih cepat dari 3G HSDPA. Meski telah mendukung 4G, namun smartphone ini juga telah mendukung 3G, GPRS dan juga EDGE
  • Ukuran Layar yang luas yaitu , 5 inci, dengan layar yang luas pengguna bisa lebih leluasa dalam nenavigasi menu menu di layar, memainkan video game ataupun menyaksikan filem HD bisa lebih puas.
  • Untuk bentang layar 5 inci, resolusi yang dimiliki layar tergolong sangat tinggi yaitu 1080×1920 piksel dengan kerapatan piksel 441 ppi, sehingga layar terlihat sangat lembut di mata
  • Layar yang disematkan merupakan adalah layar sentuh kapasitif dengan teknologi IPS LCD yang mampu menampilkan gambar lebih alami dan memiliki sudut penglihatan yang luas.
  • Layar telah dilapisi dengan pelindung layar corning gorilla glass 3 yang memberikan perlindungan dari goresan yang tidak diinginkan.
  • Menyediakan penyimpanan internal yang kapasitas simpannya sangat besar yaitu 32 GB, meskipun sebagian telah terpotong untuk sistem operasi dan aplikasi bawaan, namun masih cukup untuk menyimpan banyak foto, aplikasi ataupun game yang diunduh dari playstore
  • Menyediakan slot penyimpanan eksternal yang mampu menampung kapasitas hingga 128 GB
  • Telah mengusung sistem operasi android terbaru yaitu android Lolipop versi 5.0 yang menampilkan tampilan antar muka lebih lembut, manajemen RAM yang lebih baikdan tidak memakan terlalu banyak daya.
  • Memiliki kinerja yang responsif dan cepat dengan ditenagai prosesor Octa core, yaitu kombinasi antara Quad-core 1.7 GHz Cortex-A53 dan quad-core 1.0 GHz Cortex-A53. Prosesor tersebut merupakan besutan QualComm yaitu seri MSM8939 Snapdragon 615
  • Mengusung GPU papan atas yaitu Adreno 405, sehingga mampu menghasilkan kinerja gratis yang sangat mumpuni
  • Kapasitas RAM yang besarnya di atas rata-rata yaitu 3 GB, sangat nyaman dalam menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.
  • Lenovo Vibe Shot memiliki fitur fotografi yang sangat istimewa layarknya fotografi profesional, ia menggunakan kamera berkekuatan 16 mp yang dilengkapi dengan autofokus infrared, triple led (dualtone) flash, serta kemampuan optical image stabilization yang mampu menghasilkan foto bagus meskipun ada sedikit goncangan ketika memotret.
  • Selain memiliki fitur yang ada pada umumnya smartphone android seperti Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR. Lenovo Vibe Shot juga menyediakan setelan layaknya fotografi profesional seperti kemampuaan mode Freeze Frame.
  • Untuk perekaman video, kamera 16 mp ini mampu menghasilkan resolusi [email protected], dilengkapi juga dengan optical stabilizatio
  • Kamera depan berkekuatan 8 mp, mampu menghasilkan fotografi selfi yang optimal, serta memiliki kemampuan rekan vode pada resolusi 1080p
  • adanya fitur bluetooth versi 4 yang mampu mentransfer data lebih cepat dari versi 3 namun dengan konsumsi daya yang lebih rendah
  • adanya fitur wifi hotspot yang dapat digunakan untuk mengakses internet via wifi dan dapat juga untuk berbagi koneksi internet dengan perangkat lain yang memiliki wifi.
  • Adanya fitur navigasi dengan dukung GPS, sehingga pengguna bisa mengetahui titik lokasi dengan tepat ketika melakukan pemetaan
  • Dilengkapi fitur radio FM, sebagai tambahan hiburan bagi pengguna ketika jenuh dengan daftar lagu yang tersimpan pada handphone
  • Kapasitas baterai yang besar yaitu 3000 mAh, dengan baterai ini lenovo mengklaim bahwa handphonennya mampu standby selama 438 jam dan untuk pemutaran musik mampu hinga 39 jam.

Kelemahan Lenovo Vibe Shot Z90

  • Baterai menyatu dengan handphone, jadi apabila rusak harus mengganti ke service center. namun biasanya baterai yang menyatu memiliki daya tahan yang lebih lama.
  • sensor yang kurang lengkap yaitu hanya Accelerometer, Compass, GPS, A-GPS, Proximity Sensor. tidak ada Gyroscope, Ambient Light Sensor
  • belum memiliki NFC dan USB OTG

Setelah melihat spesifikasi lengkap, harga resmi serta kelebihan dan kelemahan Lenovo Vibe Shot Z90, kini pilihan  untuk memiliki ponsel ini atau tidak berada di tangan Anda. Jangan lupa untuk terus update informasi Anda seputar teknologi dan gaya hidup di laman futureloka. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here