Spesifikasi Lengkap dan Harga Resmi Serta Bekas Samsung Chromebook Pro Terbaru di Indonesia

0

Spesifikasi Lengkap dan Harga Resmi Serta Bekas Samsung Chromebook Pro Terbaru di Indonesia

Laptop berbasis Chrome OS atau sering disebut Chromebook mungkin kurang familiar dibanding laptop berbasis Windows atau Mac OS bagi sebagian orang. Bagi yang belum tahu, Chromebook adalah sebuah laptop yang bernyawakan sistem operasi Chrome besutan Google, dimana segala sesuatu yang kita kerjakan akan disimpan didalam cloud milik Google. Sehingga tidak heran kalau koneksi internet merupakan nyawa utama bagi Chromebook.

Dan sejak pertama kali diperkenalkan, Chrome OS berhasil menarik perhatian beberapa perusahaan teknologi dunia, Samsung adalah salah satunya. Sudah beberapa seri Chromebook yang dirilis Samsung sebagai bukti dukungan terhadap platform web ini. Dan salah satu yang terbaru adalah Samsung Chromebook Pro yang baru saja dirilis perusahaan asal negeri gingseng ini pada Mei 2017 lalu.

Lalu, apasaja yang dibawa oleh Samsung Chromebook Pro? Apa saja kelebiha dan kekurangan Samsung Chromebook Pro? Apakah Chromebook besutan Samsung ini dapat menggantikan laptop konvensional? Berikut ini adalah ulasan singkat dari Samsung Chromebook Pro yang berhasil dirangkum oleh tim Futureloka.

Spesifikasi Samsung Chromebook Pro

Sebelum mengulas Samsung Chromebook Pro ada baiknya terlebih dahulu melihat tabel spesifikasi dari Samsung Chromebook Pro yang sudah dirangkum oleh Tim Futureloka.

Komponen Spesifikasi
Prosesor CPU: 0.99Ghz Intel Core m3-6Y30 (dual core, 4MB cache, up to 2.2GHz)
GPU Graphics: Intel HD Graphics 515
Memori RAM: 4GB LPDDR3

Storage: 32GB eMMC

Layar Screen: 12.3-inch, QHD (2,400 x 1,600) LED display
Port Ports: 2 x USB-C Gen1, microSD card slot, headset jack
Konektivitas Connectivity: 802.11ac 2 x 2 Wi-Fi, Bluetooth 4.0
Kamera Camera: 720p HD webcam
Dimensi Weight: 2.38 pounds (1.08kg) Size: 11.06 x 8.72 x 0.51-0.55 inches (28 x 22.2 x 1.3-1.4cm; W x D x H)

Desain dan Body

Spesifikasi Lengkap dan Harga Resmi Serta Bekas Samsung Chromebook Pro Terbaru di Indonesia 4

Desain adalah salah satu sisi yang paling menarik dari Samsung Chromebook Pro. Bagaimana tidak? Body dari Samsung Chromebook Pro menggunakan material full metal yang memancarkan kesan simpel namun tetap mewah dan premium. Menariknya, walaupun menggunakan material metal bobot dari laptop ini hanya 2.38 pon atau sekitar 1.08 Kg, sangat ringan bukan?. Apalagi desain yang membulat disetiap sisi, membuat Samsung Chromebook Pro terlihat sangat cantik apalagi ketipisannya hanya 1.3 cm yang menambah kesempurnaan desain dari laptop Chrome Samsung ini.

Dan untuk masalah keyboard, jangan harap akan menemukan layout atau susunan yang sama dengan laptop pada umumnya. Karena ini laptop berbasis Chrome OS, layout yang digunakan sedikit berbeda walaupun tidak sampai membuat Tim Futureloka beradaptasi terlalu lama. Soal kenyamanan? Keyboard Samsung Chromebook Pro memiliki respon dan feedback yang cukup baik saat ditekan, tidak terlalu keras namun tidak juga terlalu membal, pokoknya pas!. Masalah Touchpad? Samsung memberikan Chromebook Pro touchpad yang mendukung multi-touch yang ukurannya juga bisa dibilang pas. Performanya juga cukup responsif untuk menjelajah web dan melakukan pekerjaan.

Layar

Layar dari Samsung Chromebook Pro juga salah satu aspek yang paling baik dari laptop ini. Menggunakan layar berjenis LED Display berukuran 12.3 inch beresolusi QHD (2400 x 1600 pixels) membuat tampilan layar di Samsung Chromebook Pro ini sangat tajam dan jernih. Warna-warna tampil dengan karakteristik Vivid atau sering disebut “gonjreng”. Asyiknya lagi, layar seluar 12. 3 inch-nya sudah mendukung touchscreen yang menambah keasyikan menjelajah fitur-fitur Samsung Chromebook Pro.

Bagi kamu yang suka menggambar ataupun menulis dengan stylus, Samsung Chromebook Pro juga dibekali stylus yang disematkan dibagian samping body. Ini adalah fitur kunci dari Samsung Chromebook Pro yang belum diaplikasikan di laptop berbasis Chrome OS lainnya. Asyiknya lagi, layar laptop ini dapat diputar hingga 360 derajat yang berarti juga dapat berfungsi sebagai tablet jumbo berukuran 12 inchi.

Platform

Spesifikasi Lengkap dan Harga Resmi Serta Bekas Samsung Chromebook Pro Terbaru di Indonesia 5

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ini adalah chromebook yang berarti bukanlah laptop kebanyakan yang menggunakan sistem operasi Windows atau Macintosh. Laptop ini menggunakan Chrome OS besutan perusahaan teknologi Google yang mana dalam penggunaannya Chrome OS memerlukan koneksi internet agar lebih optimal. Bagi Anda yang familiar dengan browser Chrome dapat dipastikan tidak akan kesulitan untuk beradaptasi dengan sistem operasi ini, karena pada dasarnya Chrome OS adalah browser Chrome yang diimplementasikan menjadi sistem operasi.

Penggunaan Chrome OS ini memiliki dua sisi kelebihan dan kekurangan, disisi positif Chrome OS adalah sistem operasi yang ringan, bahkan waktu booting yang diperlukan Samsung Chromebook Pro tidak lebih dari 15 detik. Sangat cepat dibandingkan laptop konvensional bukan?. Dan untuk masalah multimedia dan internet laptop berbasis Chrome OS jelas sangat unggul dan dapat dipastikan dapat berjalan dengan sangat baik apalagi Chrome OS memiliki konsumsi daya yang sangat irit, Samsung Chromebook Pro menjanjikan waktu standby lebih dari 8 jam.

Dan disisi kekurangan, jangan lupa bahwa ini laptop berbasis Chrome sehingga jangan harap untuk dapat menemukan Microsoft Office versi penuh ataupun Adobe Photoshop dan produk Adobe lainnya. Sehingga bagi kamu yang sangat bergantung pada kedua software tersebut dapat dipastikan Samsung Chromebook Pro bukanlah laptop yang cocok untukmu. Untungnya selain melalui Chrome Web Store, Chrome OS juga dapat mengakses Google Play Store sehingga kamu dapat menginstal berbagai aplikasi dan game berbasis Android.

Chipset

Samsung Chromebook Pro dibekali prosesor besutan Intel berser Core m3-6Y30 dua inti dengan clockspeed yang dipatok 0.99 GHz hingga 2.2 GHz dan ditunjang kartu grafis Intel HD Graphics 515 dan ditemani RAM 4 GB LDDR3. Sehingga untuk menjalankan berbagai aplikasi Chrome, menjelajah internet, menonton video beresolusi tinggi hingga menjalankan game-game ringan di Google Play Store dapat dipastikan Samsung Chromebook Pro dapat melakukannya dengan sangat baik.

Memori

Untuk masalah memori Samsung Chromebook Pro hanya dibekali memori bertipe eMMC 32 GB. Terlihat kecil? Jangan lupa ini Chromebook, karena ini sistem operasi berbasis web Google memberikan free Google Drive Storage sebesar 100 GB. Lumayan bukan? Penggunaan eMMC juga berarti internal storage Samsung Chromebook Pro akan lebih tahan terhadap guncangan dibandingkan laptop lain yang menggunakan Harddisk konvensional.

Harga Resmi Dan Bekas Samsung Chromebook Pro di Indonesia

Spesifikasi Lengkap dan Harga Resmi Serta Bekas Samsung Chromebook Pro Terbaru di Indonesia 3

Samsung Chromebook Pro sayangnya belum dirilis resmi di Indonesia dan satu-satunya cara untuk mendapatkannya adalah melalui website-website e-commerce luar negeri seperti Amazon atau E-bay yang dibanderol dengan harga USD 499.00 atau sekitar IDR 6.650.000,-. Kesimpulannya dengan harga tersebut, Kamu sebenarnya bisa mendapatkan laptop-laptop berbasis Windows kelas menengah yang punya spesifikasi lebih tinggi dan kompabilitas aplikasi yang lebih baik. Namun apabila Kamu mencari sebuah laptop untuk kebutuhan multimedia, produktivitas ringan, baterai awet serta support aplikasi Android plus desain menawan dan brand ternama, Samsung Chromebook Pro bisa jadi pilihan yang sangat tepat.

Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Chromebook Pro

Setelah mengulas berbagai aspek dari Samsung Chromebook Pro berikut ini adalah simpulan singkat apa saja kelebihan dan kekurangan dari Samsung Chromebook Pro.

Kelebihan

  • Desain premium
  • Layar resolusi tinggi
  • Ringan dan mudah dibawa kemana-mana
  • Support Google Play Store
  • Brand ternama
  • Touchscreen
  • Support stylus S-Pen
  • Performa halus
  • Baterai awet

Kekurangan

  • Aplikasi yang belum lengkap
  • Harga setara laptop Windows kelas menengah

Jadi itu tadi adalah ulasan spesifikasi dari Samsung Chromebook Pro berhasil dirangkum oleh tim Futureloka. Jangan lupa pantengin terus Futureloka.com untuk update-update gadget yang kamu suka. See you!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here