Spesifikasi Lengkap dan Harga Resmi Serta Bekas Apple iPhone 5c di Indonesia Terbaru

0

Apple Iphone 5C keluaran bulan September 2013 ini memiliki spesifikasi teknis yang hampir sama dengan Iphone 5 dan Iphone 5S. Dengan desain yang simpel dan elegan Iphone berusaha merebut pasaran pecinta gadget yang mengharapkan desain gadget yang “fashionable”.

Pada seri ini juga Apple Iphone 5C memang membidik kelas yang ada di bawah premium dengan harga yang lebih murahnamun menginginkan gadget atas. Smartphone Apple ini menyediakan semua itu dimulai dari kinerja dapur pacu bermesin dual core, kamera resolusi tinggi , hingga konektivitas Long Term Evolution 4G pada ponsel pintar ini.

Kamera pada iPhone begitu populer dan Anda tak akan percaya bahwa foto hanya diambil dari kamera smartphone. Apple iPhone 5c kini hadir dengan kamera 8 megapiksel untuk kamera belakang, 1.2 megapiksel untuk kamera depan.

Memiliki fitur seperti Panorama sehingga sekarang Anda dapat mengambil foto panorama pada kamera iPhone 5C ini dan fitur Low-light-mode untuk menunjang pengambilan foto pada kondisi minim cahaya.

Pada kesempatan kali ini, Tim Futureloka akan membahas tentang sepsifikasi lengkap dan harga serta kelebihan dan kelemahan Apple iPhone 5C.

Spesifikasi Lengkap Apple iPhone 5C

Tabel di bawah adalah spesifikasi Apple iPhone 5C yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber:

NETWORK Technology GSM / CDMA / HSPA / LTE
LAUNCH Announced 2013, September
Status Available. Released 2013, September
BODY Dimensions 124.4 x 59.2 x 9 mm (4.90 x 2.33 x 0.35 in)
Weight 132 g (4.66 oz)
SIM Nano-SIM
DISPLAY Type LED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen, 16M colors
Size 4.0 inches (~59.9% screen-to-body ratio)
Resolution 640 x 1136 pixels (~326 ppi pixel density)
Multitouch Yes
PLATFORM OS iOS 7, upgradable to iOS 10.3.3
Chipset Apple A6
CPU Dual-core 1.3 GHz Swift (ARM v7-based)
GPU PowerVR SGX 543MP3 (triple-core graphics)
MEMORY Card slot No
Internal 8/16/32 GB, 1 GB RAM
CAMERA Primary 8 MP, f/2.4, 33mm, autofocus, LED flash, check quality
Features 1/3.2″ sensor size, 1.4 µm pixel size, touch focus, geo-tagging, face detection, panorama, HDR (photo/panorama)
Video [email protected], check quality
Secondary 1.2 MP, [email protected], face detection, FaceTime over Wi-Fi or Cellular
SOUND Alert types Vibration, proprietary ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
– 16-bit/44.1kHz audio
– Active noise cancellation with dedicated mic
COMMS WLAN
Bluetooth 4.0, A2DP, LE
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS
Radio No
USB 2.0, reversible connector
FEATURES Sensors Accelerometer, gyro, proximity, compass
Messaging iMessage, SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email
Browser HTML5 (Safari)
Java No
– Siri natural language commands and dictation
– iCloud cloud service
– MP3/WAV/AAX+/AIFF/Apple Lossless player
– MP4/H.264 player
– Audio/video/photo editor
– Document editor
BATTERY Non-removable Li-Po 1510 mAh battery (5.73 Wh)
Stand-by Up to 250 h (2G) / Up to 250 h (3G)
Talk time Up to 10 h (3G)
Music play Up to 40 h
MISC Colors White, Blue, Green, Yellow, Pink
SAR 1.15 W/kg (head)     1.17 W/kg (body)
SAR EU 1.00 W/kg (head)     0.96 W/kg (body)
Price About 300 EUR
TESTS Performance Basemark OS II: 573 / Basemark X: 2225
Display Contrast ratio: 1233:1 (nominal) / 3.512:1 (sunlight)
Camera Photo / Video
Loudspeaker Voice 66dB / Noise 65dB / Ring 66dB
Audio quality Noise -93.9dB / Crosstalk -80.3dB
Battery life
Endurance rating 52h

Dimensi, Desain dan Layar Apple iPhone 5C

Dari segi dimensi, desain dan layar, desain warna yang diberikan iPhone 5C memang sedikit berbeda dan memberikan penyegaran. iPhone 5C ini memiliki desain dengan warna yang beragam dan berwarna – warni. Ini tentu akan sedikit mengobati dahaga para penggemar iPhone yang selama ini hanya menggunakan warna hitam dan putih saja. 5 warna yang dihadirkan kini antara lain adalah biru, hijau, merah, kuning dan putih.

Bila dibanding dengan iPhone 5, iPhone 5C ini memiliki ukuran yang agak lebih besar, berat dan tebal. Dimensi iPhone 5C adalah 124,4 x 59,2 x 9mm dengan berat sekitar 132 gram. iPhone 5C masih mengandalkan layar 4 inci dengan layar yang bertipe IPS LCD LED-backlit. Layarnya sendiri memiliki sudut pandang yang luas dan masih memberikan kualitas tampilan yang memukau.

Memori Apple iPhone 5C

Dari segi memori, Apple iPhone 5C hadir tanpa memiliki slot MicroSD memang sudah menjadi hal yang lumrah pada ponsel premium, sehingga anda harus memilih jenis memory internal yang berbeda. Pada iPhone 5C, terdapat 2 varian memory internal yaitu 16 GB dan 32 GB dan keduanya juga dibandrol dengan harga yang berbeda pula.

Baterai Apple iPhone 5C

Dari segi baterai, Apple iPhone 5C didesain dengan baterai yang tidak dapat dilepas. Tanpa baterai dengan kapasitas yang besar spesifikasi ponsel yang tinggi tiada artinya. Nah tampaknya Apple perlu mencermati kata-kata diatas karena spesifikasi iPhone 5c ini hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 1510 mAh dengan tipe Li-Po. Kapasitas baterai yang cukup kecil itu dapat membuat Apple iPhone 5c stand-by dalam waktu 250 jam.

Sedangkan dalam waktu bicara ponsel Apple ini sanggung bertahan hingga 10 jam dan untuk memainkan musik selama 40 jam. Dengan kapasitas baterai sebesar itu pada spesifikasi iPhone 5c tampaknya anda harus menghematnya jika ingin dipakai seharian penuh. Atau kalau ingin kapasitas baterai yang lebih besar lagi bisa menambahkannya dengan Power Bank.

Kamera Apple iPhone 5C

Dari segi kamera, sudah tersedia kamera berlensa 8 MP yang bisa anda manfaatkan untuk berfoto selfie. Kamera iPhone 5C juga sudah dilengkapi beragam fitur menarik seperti autofocus, LED flash, 1/3.2” sensor size, 1.4 µm pixel size, simultaneous HD video and image recording, touch focus, geo-tagging, face detection, HDR panorama, HDR photo. Sedangkan pada sektor kamera depan sudah terpendam kamera berlensa 1.2 MP yang memiliki kemampuan  face detection dan merekam video berkualitas HD 720p.

Hasil Kamera Apple iPhone 5C

Gambar di bawah adalah hasil kamera belakang Apple iPhone 5C

Setelah melihat hasil gambar di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan kualitas kamera sebesar 8 megapiksel, ponsel ini sudah dapat menghasilka foto yang berkualitas dan jernih.

Harga Apple iPhone 5C

Dari segi harga, harga Apple iPhone 5C di bulan Agustus 2017 berad di kisaran 1,3 juta. Harga yang cukup jatuh jika dilihat dari tahun rilisnya yang memasang harga di kisaran 6 jutaan.

Kelebihan dan Kelemahan Apple iPhone 5C

iphone5c-gallery2-2013

Setelah melihat spesifikasi lengkap dari Apple iPhone 5C di atas, kali ini kami akan membahas kelebihan dan kelemahan ponsel ini.

Kelebihan Apple iPhone 5C

Prosesor 64-bit. iPhone 5S dikatakan menjadi smartphone pertama yang ada di dunia yang telah dilengkapi prosesor 64 bit dengan bentuk chip Apple A7. Apple mengklaim jika prosesor ini mempunyai kinerja olah data serta grafis dua kali lebih kencang jika dibandingkan dengan pendahulunya. Yaitu Apple A6 pada iPhone 5. Apple juga turut menyediakan sistem operasi iOS 7 bersama aplikasi yang dapat memanfaatkan arsitektur 64-bit dari iPhone 5S. Ponsel ini juga dapat menjalankan judul-judul software 32-bit yang telah didesain dari pendahulunya.

Selain itu juga terdapat prosesor pendamping dalam memantau sensor gerak. Selain prosesor utama A7, Apple juga ikut membenamkan prosesor pendamping dengan nama M7. Fungsinya adalah terutama menangani input dari berbagai jenis sensor di iPhone itu. Seperti  accelerometer, gyroscope, dan juga kompas. Proser pendamping ini rupanya dapat mengurangi beban proses dari prosesor utama. Serta bisa membuka kemungkinan pemanfaatan oleh aplikasi-aplikasi navigasi dan juga kesehatan.  Unit kamera yang terdapat pada iPhone 5S mempunyai sensor yang ukurannya 15 % lebih besar jika dibandingkan dengan pendahulunya. Dan sensor yang cukup besar bisa membuat semakin besar pada tiap-tiap pixelnya.

Kelemahan Apple iPhone 5C

iPhone 5C merupakan produk baru yang dirancang untuk menjadi produk yang mempunyai nilai rendah. Karena Ponsel ini masih menggunakan teknologi tahun lalu, namun memiliki desain cantik yang di atasnya. Akan tetapi kenyataannya, pada saat produk ini menawarkan motto “murah”. Tetapi harga yang ditawarkannya serupa dengan Apple iPhone 5. Sedangkan Apple iPhone 5 memiliki kualitas desain yang premium jika dibandingkan dengan memilih dari bahan plastik dengan harga yang mahal. Ini semua merupakan kelebihan dan kekurangan iPhone 5C.

Permasalahan pada smartphone ini memang sulit untuk diatasi. Di tingkat dasar,  Apple akhirnya mengubah strateginya. Mereka masih memproduksi ponsel yang ada di tahun lalu. Dan akhirnya, mereka memberikan lapisan cat di atasnya, namun masih memakai teknologi ponsel yang lama. Sehingga Tidak ada yang berubah. Apple sedang mencoba dalam membuat samar sebuah fakta. Jikaa mereka tidak belajar apa saja dalam dua tahun jika pangsa pasar global sudah jatuh.

Setelah melihat spesifikasi lengkap serta harga resmi dan kelebihan serta kelemahan Apple iPhone 5C di atas, kini pilihan untuk memiliki ponsel pintar ini atau tidak berada di tangan Anda. Jangan lupa untuk terus update informasi Anda seputar teknologi dan gaya hidup di laman futureloka. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here