Spesifikasi Lengkap dan Harga Resmi Serta Bekas Laptop Lenovo Yoga Book di Indonesia

0

Spesifikasi Lengkap dan Harga Resmi Serta Bekas Laptop Lenovo Yoga Book di Indonesia

Lenovo merupakan brand laptop dan smartphone asal Tiongkok yang bisa dibilang berhasil menembus pasar global. Beberapa brand lama seperti IBM dan Motorola berhasil mereka akuisisi dan tetap dapat bertahan hingga saat ini. Sepertinya Lenovo juga tidak pernah berhenti menelurkan produk-produk inovatif yang menjadi pemberitaan di dunia teknologi.

Lenovo sebagai salah satu pelopor laptop konvertibel kembali menggebrak pangsa pasar laptop 2-in-1 dengan merilis seri Lenovo Yoga Book. Dengan keyboard virtual dan desain yang sangat menawan, apakah Lenovo Yoga Book mampu bersaing dengan kompetitor sekelasnya. Dan berikut ini adalah ulasan singkat Lenovo Yoga Book yang berhasil dirangkum oleh tim Futureloka.

Spesifikasi Lengkap Laptop Lenovo Yoga Book

Sebelum mengulas Lenovo Yoga Book ada baiknya terlebih dahulu melihat tabel spesifikasi dari Lenovo Yoga Book yang sudah dirangkum oleh Tim Futureloka.

Komponen Spesifikasi
Prosesor CPU: Intel Core Atom x5-Z8550 Processor (2M Cache, Quad COre, Up to 2.4 GHz)
GPU Graphics: Integrated
Memori RAM: 4GB LPDDR3

Storage: 64 GB SSD

Layar Screen: Touchscreen10.1-inch, HD (1920X1200) IPS display
Port Ports: 2 x USB-C Gen1, microSD card slot, headset jack
Konektivitas USB ports 1 x Micro USB

Bluetooth 4.0

Networking Wireless 802.11a/b/g/n/ac

Memory card reader

MicroSD

Other ports N/A

Kamera Camera: 720p HD webcam
Dimensi Dimensions    256 x 170 x 9.6

Weight 690g

 

Desain dan Body

Spesifikasi Lengkap dan Harga Resmi Serta Bekas Laptop Lenovo Yoga Book di Indonesia

Desain merupakan hal yang sangat menarik dari laptop ini. Bagaimana tidak, Lenovo Yoga Book adalah perangkat 2-in-1 tertipis didunia. Saat laptop ini ditutup, laptop ini hanya memiliki ketebalan 9,6 mm. Apalagi dengan material hasil campuran alumunium dan magnesium membuat laptop ini terasa kokoh dan juga elegan.

Yang menarik adalah karena laptop ini merupakan laptop konvertibel, Lenovo Yoga Book dapat dilipat 360 derajat sehingga menjadi sebuah tablet. Dan untuk mendukung fitur tersebut, tablet ini memiliki desain engsel berbentuk silinder yang menambah kesan elegan laptop ini.

Keyboard Halo

Spesifikasi Lengkap dan Harga Resmi Serta Bekas Laptop Lenovo Yoga Book di Indonesia

Ketika laptop ini pertama kali dibuka, kita tidak akan menemukan keyboard konvensional berbentuk tuts atau tombol. Kita akan menemukan sebuah keyboard layar sentuh virtual yang ditandai dengan lingkaran putih disetiap karakternya. Lenovo menyebut keyboard besutannya ini dengan keyboard Halo. Uniknya, apabila tidak difungsikan sebagai keyboard, keyboard ini juga dapat merespon sentuhan stylus dan ballpoint pen. Real pen tersebut terdiri dari isi pen dan wadahnya sehingga Anda dapat menggunakannya untuk menulis di kertas. Letakkan secarik kertas pada layar, maka apapun yang Anda tuliskan akan diterjemahkan 1:1 ke tablet. Kita dapat melakukan refill tinta jika tintanya sudah habis (tersedia 3 refill pada paket pembelian). Konon pen ini memiliki 2.048 level tekanan yang memungkinkannya menghadirkan keakuratan dalam guratan yang Kita buat.

Layar

Layar Lenovo Yoga Book mengusung ukuran seluas 10.1 inch dengan resolusi Full HD (1920X1200) yang berarti kerapatan per pikselnya mencapai 224 ppi. Yang mana membuat laptop mini ini mampu memancarkan warna-warna natural khas layar jenis IPS dengan ketajaman yang sangat baik. Apalagi apabila melihat banderol harganya, kualitas dari layar Lenovo Yoga Book yang mendukung sentuhan jari ini bisa dibilang superior.  Apalagi, layar laptop 2-in-1 ini mampu memancarkan kecerahan hingga 400 nits, membuatnya terasa nyaman saat digunakan diluar ruangan.

Platform

Spesifikasi Lengkap dan Harga Resmi Serta Bekas Laptop Lenovo Yoga Book di Indonesia

Lenovo Yoga Book yang dirilis dipasaran memiliki dua varian sistem operasi, yaitu Windows dan Android. Untuk versi Android, Lenovo menganugerahkan Android 60 Marshmallow yang tidak tersentuh kustomisasi UI atau bisa dibilang hampir mendekati Android Vanilla. Dan apabila Anda memilih varian bersistem operasi Android, bisa dipastikan Lenovo Yoga Book adalah perangkat multimedia yang hebat dan bertenaga.Apalagi dukungan keyboard Halo membuat Lenovo Yoga Book menjadi asyik untuk diajak bekerja.

Dan apabila Microsoft Office, Adobe Photoshop dan aplikasi desktop lain adalah suatu keharusan yang ada disebuah laptop. Maka Lenovo Yoga Book varian Windows adalah teman yang menyenangkan untuk diajak bekerja. Sepertinya Lenovo tidak ingin ikut terjun dalam laptop bersistem operasi dual yang saat ini sedang marak dipasaran.

Chipset dan RAM

Lenovo Yoga Book membawa prosesor Intel Atom Z8550 X5 quad core 2.4 GHz, yang mana untuk menjalankan sistem operasi Android, laptop dengan layar 10.1 inch ini mampu menjalankan semua fungsi dan berbagai aplikasi yang tersedia di Google Play Store dengan baik.

Namun apabila membahas soal performa Lenovo Yoga Book versi Windows hal tersebut akan sedikit berbeda. Intel Atom Z8550 X5 adalah prosesor besutan Intel yang ditujukan untuk perangkat-perangkat konsumsi daya rendah, sehingga menawarkan performa yang bisa dibilang biasa-biasa saja. Jadi jangan harap untuk mendapatkan performa sekelas prosesor seri Intel Core, karena pada dasarnya laptop ini hanya ditujukan untuk pekerjaan-pekerjaan ringan.

Konektivitas

Dalam urusan konektifitas Lenovo Yoga Book mengandalkan WiFi, Bluetooth dan kabel data untuk bertukar data. Cukup disayangkan memang Lenoco tidak mendukung jaringan seluler atau 4G LTE, namun karena ini adalah sebuah tablet sepertinya hal tersebut bukanlah masalah yang besar. Untuk urusan sensor, tablet ini memiliki sensor vibrator, G-sensor, ambient light sSensor, hall sensor, GPS dan A-GPS. Pengujian aplikasi navigasi seperti Google Maps, dapat berjalan lancar.  Lenovo juga menawarkan konektivitas terbaru berupa USB Type C yang saat ini mulai marak digunakan di perangkat smartphone dan laptop.

Kamera

Perlu diingat, Lenovo Yoga Book adalah laptop konvertibel yangv berarti bukanlah perangkat yang nyaman digunakan untuk mengambil foto maupun video. Selain ukurannya yang terlalu besar, Lenovo Yoga Book juga tidak dibekali dengan spesifikasi kamera yang mentereng. Dengan kamera belakang 8 MP (3260X2448 pixel) dan kamera depan 2 (1080×1920), foto yang dihasilkan Lenovo Yoga Book hanya bisa dikategorikan cukup. Tidak istimewa dan masih banyak noise disanna-sini, namun objek masih dapat tertangkap dengan jelas.

Harga Resmi dan Bekas Laptop Lenovo Yoga Book Di Indonesia

Spesifikasi Lengkap dan Harga Resmi Serta Bekas Laptop Lenovo Yoga Book di Indonesia

Untuk semua fitur yang ditawarkan, Lenovo Yoga Book versi Android dapat Anda miliki dengan harga IDR 5.900.000,- sedangkan untuk versi Windows 10 Home dihargai dengan IDR 6.999.000,- sebuah harga yang cukup terjangkau mengingat inovasi yang ditawarkan oleh Lenovo Yoga Book ini cukup menarik perhatian banyak orang.

Kelebihan dan Kekurangan Laptop Lenovo Yoga Book

Spesifikasi Lengkap dan Harga Resmi Serta Bekas Laptop Lenovo Yoga Book di Indonesia

Lenovo Yoga Book memberikan pengalaman baru dengan menyematkan keboard Halo dan dukungan real pen, sayangnya penggunaan keyboard Halo bisa jadi akan mengurangi kenyamanan mengetik disebuah laptop konvertibel. Namun overall perangkat ini mampu memberikan sajian tampilan dan performa yang cukup memadai.

Kelebihan

  • Desain tipis dan menawan
  • Dukungan Realpen dan Keyboard inovatif Halo
  • Baterai kuat
  • Layar tajam

Kekurangan

  • Performa biasa saja
  • Keyboard Halo kurang cocok untuk mengetik lama
  • Baterai awet
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here