Tips dan Trik Untuk Hemat Kuota Data Internet di iPhone Paling Efektif

0

(5)-iphone-boros

Menggunakan smartphone pada masa sekarang adalah sebuah kebutuhan. Demi menunjang segala aktifitas komunikasi akan menjadi lebih efektif dan efesien. Benar kata orang-orang jika smartphone pada masa sekarang adalah “mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat.” Mendekatkan yang jauh karena komuniksi menjadi lebih mudah namun setiap masing-masing orang kini malah lebih sibuk dengan handphonenya daripada berbicara secara langsung.

Semua kegiatan komunikasi dan segala kegiatan di smartphone ditunjang dengan data internet. Tetapi data internet tersebut tidak murah, jadi sebagai konsumen sebaiknya kita harus menghemat data internet pada penggunaan smartphone kita agar tidak menjadi boros.

Kali ini Tim Futureloka akan mengulas tentang Tips dan Trik Untuk Hemat Kuota Data Internet di iPhone Paling Efektif. Daripada penasaran, yuk kita simak yang berikut ini. Cara menghemat kuota data inter pada iPhone:

Matikan Paket Data Internet Saat Tidak Digunakan

Jika dalam kondisi tidak membutuhkan Internet, sebaiknya matikan paket data Internet agar lebih hemat.

Atur Aplikasi yang Nggak Wajib Terkoneksi Internet

Jika memang diharuskan untuk mengaktifkan paket data kamu tanpa henti, ada cara lain yang bisa kamu gunakan, yakni kamu mengatur aplikasi yang tidak harus terkoneksi Internet. Caranya adalah

  • Pilih Settings, kemudian pilih Cellular.
  • Scrollke bawah, dan pilih aplikasi mana saja yang nggak harus terkoneksi Internet, lalu matikan.
  • Matikan Location Service

Aplikasi ini cukup sebenarnya menyedot banyak pada iPhone, sehingga koneksinya harus kamu matikan. Apabila ingin menggunakannya, kamu tinggal mengaktifkannya kembali. Caranya adalah

  • Klik Settings, lalu menuju Privacy.
  • Pilih Location Services, matikan dan apabila ada tampilan pop-upmuncul, pilih Turn Off. Selesai!

Matikan Fitur Background App Refresh

Background App Refresh adalah sebuah fitur tambahan multitasking yang sudah dirilis sejak kehadiran sistem operasi iOS 7. Nah, fitur tersebut tidak hanya menyedot kapasitas baterai tetapi juga data. Maka dari itu, ini yang harus kamu lakukan.

  • Buka Settings, terus pilih General.
  • Pilih Background App Refreshdan matikan. Selesai!
  • Nonaktifkan Auto-Download Menggunakan Paket Data.

Berikut adalah cara untuk menonaktifkan auto-download

  • Buka Settings, pilih iTunes & App Store.
  • Nonaktifkan Use Cellular Data. Selesai!

Matikan Koneksi Data untuk iCloud

Ketika kamu tidak lagi terhubung dengan WiFi, saat itulah iPhone kamu akan menggunakan paket data Internet untuk melakukan transfer dokumen dan data. Makanya, lebih baik kamu lakukan cara di bawah ini deh untuk matikan koneksi data iCloud.

  • Buka Settings, terus masuk iCloud.
  • Pilih iCloud Drivedan scroll ke bawah, nonaktifkan Use Cellular Data.

Matikan WiFi Assist

Untuk menghemat paket data yang kamu gunakan, sebaiknya langkah berikut ini juga kamu lakukan. Sebab, kalau kamu mengaktifkan WiFi Assist, maka secara otomatis iPhone kamu akan masuk ke paket data ketika koneksi WiFi lemah.

  • Buka Settings, dan pilih Cellular.
  • Scrollke bawah dan matikan Wi-Fi Assist.

Matikan Akses Seluler pada Aplikasi yang Kurang Penting

Kamu bisa mengatur aplikasi apa saja yang tidak bisa terkoneksi ke internet bila sedang menggunakan paket data internet. Hal ini dapat kamu terapkan untuk aplikasi yang membutuhkan banyak bandwidth seperti YouTube atau aplikasi streaming service lainnya. Lakukan pengaturan ini di aplikasi Settings > Cellular. Aktifkan Cellular Data lalu scroll ke bawah untuk mematikan tombol di samping nama aplikasi yang ingin kamu ubah.

Itulah Tips dan Trik Untuk Hemat Kuota Data Internet di iPhone Paling Efektif. Kamu bisa mencobanya untuk menghemat data kuota internet kamu di Iphone. Selamat mencoba!

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here