Upaya CSR ‘Love & Care’ Samsung Dipuji di Asia-Pacific SABRE Awards 2020

0

Program Samsung Love & Care meraih Penghargaan Gold SABRE untuk Cause-Related Marketing pada kategori Engaging Society pada Asia-Pacific SABRE Awards 2020, acara ini diadakan pada 24 September 2020 oleh PRovoke Media. Penghargaan SABRE Asia-Pacific yang diadakan setiap tahun merupakan sebuah event yang memberikan apresiasi terhadap program kampanye komunikasi terbaik yang dilakukan di Asia Pasifik.

Dikembangkan oleh Samsung di wilayah Asia Tenggara dan Oseania untuk menjadi program yang menjangkau komunitas secara berkelanjutan, “Samsung Love & Care” sejalan dengan visi global Samsung untuk melakukan kegiatan CSR yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat. Dirancang secara unik untuk lebih dari sekadar donasi berbentuk uang atau barang, program ini memanfaatkan sumber daya dan solusi teknologi dari Samsung untuk mengatasi kesenjangan pendidikan pada komunitas yang kurang mampu di Asia.

Program Samsung Love & Care sendiri, telah berkembang sejak diluncurkan pada tahun 2016 lalu dan telah menjangkau banyak daerah yang masih tertinggal di seluruh Asia-Pasifik secara efektif. Tahun 2019 adalah tahun pencapaian yang bersejarah bagi Samsung Asia Tenggara dan Oseania, dengan peningkatan rekor partisipasi karyawan lebih dari 290% serta 26 kali lebih banyak penerima manfaat dari program ini, dibandingkan dengan tahun 2018.

Pada tahun 2019 lalu, program Samsung Love & Care di Indonesia diadakan sebagai bagian dari Global Volunteering Month (GVM) dalam bentuk community engagament di Kamal Muara, Jakarta Utara. Melibatkan 60 karyawan, kegiatan ini diisi dengan pembuatan mural untuk mengembalikan warna dan keindahan kampung pelangi di daerah tersebut, pelatihan media sosial dan digital bagi anak-anak muda dan ibu rumah tangga guna mendukung usaha skala kecil yang dijalani, perbaikan TPA sementara, workshop penanaman kebun hidroponik, serta donasi produk Samsung (Smart TV dan Galaxy Tab) untuk membuat konten yang dapat menarik lebih banyak wisatawan datang ke Kampung Pelangi.

Di seluruh wilayah dunia, pada tahun lalu 275 karyawan Samsung terlibat dalam program CSR, dan menjadi sukarelawan selama hampir 2.500 jam. Tidak hanya meluangkan waktu mereka memberikan sumber daya pribadi untuk  ikut serta memajukan komunitas lokalnya. Antara lain di Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, Indonesia dan New Zealand. Mereka juga ikut memberikan pembekalan bagi siswa yang kurang mampu dengan pilihan salah satu dari tiga pilar yaitu: Berbagi Bakat, Pengembangan Komunitas, dan Digitalisasi Komunitas.

SABRE Awards memberikan penghargaan pada program CSR yang menunjukkan perencanaan strategis, kreativitas, serta hasil bisnis pada tingkat tertinggi. Penghargaan, yang diikuti hampir 5.000 partisipan secara global setiap tahun ini, merupakan sebuah ajang bergengsi dari sebuah program terbaik yang dapat dilakukan oleh public relations.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here