7 Fitur Terbaru dalam Gmail untuk Memberikan Kemudahan Bagi Penggunanya

0

7-fitur-terbaru-gmail-7

Pada Rabu kemarin, Gmail telah mendapatkan pembaharuan yang telah banyak ditunggu selama kurang lebih 5 tahun. Gmail sekarang juga mencakup fitur-fitur tertentu yang berfokus pada privasi seperti mode Rahasia baru, peringatan risiko yang akan diubah, dan kemampuan untuk berhenti berlangganan dari buletin dengan mengklik tombol. Mari kita lihat beberapa fitur secara detail :

1. Email Shortcut

Pada percakapan email di inbox Gmail akan membuka jalur pintas seperti Arsip, Hapus, Tandai, Sudah Dibaca, dan Tunda. Sementara tiga yang pertama sudah menjadi bagian dari fungsi Gmail. Snooze adalah tambahan terbaru dan memungkinkan penggunanya untuk menangguhkan email yang tidak bisa didapatkan dari aplikasi email lainnya. Pintasan untuk aplikasi seperti Keep , Tasks , dan Google Calendar juga akan tersedia. Fitur-fitur ini saat ini tersedia di Inbox by Gmail.

2. “Nudge” untuk Membalas Message

7-fitur-terbaru-gmail-1

Gmail juga memperkenalkan fitur “nudge” bertenaga AI yang akan meminta pengguna untuk menindaklanjuti dan menanggapi pesan yang belum dibalas. Misalnya, untuk email yang diterima, Gmail akan menggunakan teks seperti “Received X days ago. Reply?”, Dan untuk email terkirim, klien email akan menggunakan teks seperti “Dikirim X hari yang lalu. Tindak lanjut?”.

3. Smart Reply

7-fitur-terbaru-gmail-3

Setelah rumor dari awal bulan ini, smart reply di interfaceweb Gmail telah diluncurkan di Gmail Baru, dan sudah berjalan hampir setahun. Fitur ini menyediakan pengguna dengan tanggapan kontekstual untuk membalas email yang diterima. Misalnya, Gmail akan mendeteksi ketika pertanyaan telah dikirim ke kotak masuk penggunanya dan akan menawarkan tanggapan dalam variasi Ya, Tidak, atau Mungkin. Balasan ini akan bervariasi tergantung pada konteks dan riwayat pesan. Jika Anda sudah menggunakan aplikasi Gmail, Anda tahu seperti apa bentuknya. Inbox by Gmail sudah memiliki Smart Reply yang terpasang juga.

4. Peringatan Risiko

7-fitur-terbaru-gmail-2

Gmail di Web sekarang akan menampilkan prompt berupa peringatan risiko ketika mendeteksi email yang diterima dari sumber yang berpotensi mencurigakan. Prompt akan menampilkan teks peringatan “Pesan ini tampak berbahaya” dan menawarkan tombol ‘Hapus Sekarang’. Ini akan menawarkan perlindungan terhadap mengklik tautan berbahaya di email yang menangkap pengguna dalam penipuan phishing / peniruan identitas.

5. Offline Mode

7-fitur-terbaru-gmail-4

Gmail di web juga menambahkan dukungan untuk mode offline asli baru yang bekerja sangat mirip dengan mode offline di Google Documents . Pengguna dapat mencari, menulis, menanggapi, menghapus, dan mengarsipkan pesan hingga 90 hari dan bekerja tanpa gangguan ketika konektivitas Wi-Fi tidak tersedia. Mode offline akan sangat membantu untuk area dengan konektivitas Internet yang samar atau saat dalam perjalanan, membantu pengguna mempertahankan kontennya. G-Suite akan mendapatkan fitur tersebut dalam beberapa minggu mendatang.

6. Fitur pada Ponsel

7-fitur-terbaru-gmail-5

Pada seluler, Gmail akan mendapatkan beberapa fitur fungsional walaupun tidak terjadi perbaharuan desain. Pemberitahuan prioritas tinggi akan membantu pengguna mendapatkan pemberitahuan tentang untaian email dan alamat email penting tanpa memfilternya. Ini akan menjadi fitur berbasis AI lainnya yang memungkinkan Gmail untuk menetapkan prioritas ke email penting dari kantor, keluarga, dan sebagainya. Selain untuk penghapusan spam, Gmail sekarang akan menawarkan pintasan untuk berhenti berlangganan dari buletin ketika ia berpikir bahwa Anda tidak lagi mempedulikannya. Prompt dengan pintasan untuk berhenti berlangganan atau menolak akan ditampilkan di atas kotak masuk pada antarmuka seluler.

7. Mode Rahasia dengan otentikasi 2 Faktor

7-fitur-terbaru-gmail-6

Mode Rahasia baru, yang dimungkinkan karena Manajemen Hak Informasi (IRM), telah ditambahkan ke Gmail. Tersedia saat menulis email, mode ini memberikan opsi kepada pengirim untuk mencegah penerima meneruskan, menyalin / menempel, mengunduh, dan mencetak konten dalam email. Ini bahkan berfungsi ketika mengirim email kepada pengguna non-Gmail, dengan mengirim tautan bukan email yang sebenarnya. Ketika surat terkirim dibuka, tautan akan diambil dan ditampilkan jika penggunanya mengirim email kepada pengguna Gmail lain, sementara pengguna email lainnya hanya akan melihat tautan.

Demikianlah artikel mengenai 7 Fitur Terbaru dalam Gmail untuk Memberikan Kemudahan Bagi Penggunanya yang dapat Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat. Bagikan artikel ini kepada orang terdekat kalian khususnya para pengguna aktif Gmail. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here