Berkomitmen untuk menciptakan inovasi seluler yang tidak hanya melampaui ekspektasi namun juga menghadirkan inovasi kepada banyak orang, Samsung memperluas One UI 4.1.1 terbaru pada Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G dan One UI Watch4.5 di Galaxy Watch5 hingga dapat digunakan di seri ponsel lipat dan jam tangan pintar Galaxy generasi sebelumnya.

Pembaruan perangkat lunak akan dimulai dengan Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 mulai 5 September dan diluncurkan secara bertahap ke negara-negara global[1]. One UI 4.1.1 juga akan diperluas ke Galaxy Z Fold2, Z Flip dan Z Fold. One UI Watch4.5 akan didukung pada Galaxy Watch4 dan Galaxy Watch4 Classic[2]. Selain itu, pengguna Galaxy Watch3 dan Galaxy Watch Active2 akan dapat menikmati pembaruan perangkat lunak[3] yang menghadirkan fitur-fitur pilihan dari One UI Watch4.5.

Simak penjelasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut tentang fitur baru yang dapat diharapkan oleh pengguna Galaxy dengan One UI 4.1.1 dan One UI Watch4.5

Multitasking yang Efisien Dengan Fungsi Kamera yang Diperluas

Perangkat seri Galaxy Z telah mengubah apa yang dapat kita lakukan dengan smartphone, membuka tingkat produktivitas baru, dan cara berkreasi yang lebih baik. Dengan One UI 4.1.1, produktivitas dan fitur kamera baru dirancang untuk membuat perangkat yang sudah canggih menjadi lebih intuitif.

Pengalaman Lebih Menarik dari Taskbar Anda

Seri Galaxy Z Fold selalu menghadirkan perubahan desain dengan berbagai cara untuk meningkatkan fungsionalitas ketika perangkat Anda dibuka atau ditutup. Dengan Taskbar baru[4], Anda dapat mengakses dan beralih antar aplikasi lebih cepat dari sebelumnya, menghadirkan tampilan seperti PC yang familiar dan menempatkan semua yang Anda butuhkan tepat di ujung jari Anda.

Buka Multi-window Dari Mana Saja

Dengan dukungan drag-and-drop langsung dari Taskbar, multitasking[5] di Galaxy Z Fold lebih mudah dari sebelumnya. Anda tinggal menggeser aplikasi pada Taskbar ke bagian pinggir layar untuk tampilan split view. Sementara tampilan pop-up view dapat diakses dengan menggeser aplikasi ke tengah layar, memberikan Anda pilihan untuk melihat aplikasi dan beralih antar tampilan dengan mudah.

Jika ingin membuka dua hingga tiga aplikasi secara bersamaan, Anda dapat menambahkan aplikasi secara berpasangan atau grup ke Taskbar, memungkinkan Anda mengakses aplikasi favorit secara sekaligus.

Sekarang fitur multitasking juga lebih intuitif dan lebih mudah untuk berinteraksi berkat gestur baru[6]. Dengan gerakan swipe sederhana, Anda dapat langsung beralih dari aplikasi layar penuh ke jendela pop-up atau membagi layar Anda menjadi dua untuk lebih banyak cara dalam mengerjakan tugas Anda.

Cara Baru untuk Mengambil Foto dari Dua Layar Berbeda di Galaxy Z Fold

Seri Galaxy Z menawarkan pengalaman fotografi yang benar-benar serbaguna, memanfaatkan faktor bentuknya yang fleksibel. Dengan Dual Preview, Anda dan subjek Anda dapat melihat shot pada saat yang sama sebelum diambil, dengan menampilkan gambar baik di Main Screen maupun Cover Screen. Kini dengan kontrol penuh kamera tepat di Cover Screen, Anda dapat mengambil foto selfie beresolusi tinggi dengan kamera utama menggunakan Rear Cam Selfie.

Ponsel yang dapat dilipat dan Kamera yang Fleksibel[7]

Upgrade ke Quick Shot pada seri Galaxy Z Flip sekarang memungkinkan Anda melihat Preview dan mengambil foto dalam rasio sebenarnya di Cover Screen, sekaligus memungkinkan Anda mengakses Mode Potret untuk menjadikan setiap momen fotogenik. Anda juga dapat beralih dengan mulus dari Quick Shot ke Flex Mode[8] saat mengambil foto atau merekam video, memungkinkan Anda beralih antar sudut tanpa mengganggu pemotretan Anda untuk pengalaman hands-free yang sesungguhnya.

Lebih Banyak Kekuatan pada Cover Screen[9]

One UI 4.1.1 menghadirkan semua fungsi baru ke Cover Screen pada seri Galaxy Z Flip, memungkinkan Anda melakukan lebih dari sebelumnya tanpa membuka ponsel. Melakukan panggilan ke kontak favorit Anda, menghubungi kembali panggilan tak terjawab, dan bahkan membalas teks dengan suara-ke-teks dan emoji langsung dari Cover Screen. Dan sekarang Anda dapat lebih mengontrol perangkat Anda dengan opsi tambahan di Quick Setting, termasuk Wi-Fi, Bluetooth, mode pesawat, dan senter.

Menambahkan Fitur Kustomisasi, Kenyamanan, dan Kesehatan pada Galaxy Watch Generasi Sebelumnya

Samsung memberdayakan pengguna Galaxy Watch yang ada dengan pengalaman lebih lengkap, termasuk lebih banyak opsi penyesuaian dan fitur tambahan yang membawa manfaat bagi kehidupan sehari-hari mereka.

Lebih Banyak Tampilan Jam dan Lebih Banyak Cara untuk Mengkustomisasi

One UI Watch4.5 menghadirkan enam tampilan jam baru yang penuh warna dan interaktif serta palet warna baru yang segar dengan komplikasi dinamis ke seri Galaxy Watch4. Yang membuat pilihan tata letak lebih beragam sehingga pengguna dapat mencocokkan gaya hidup unik mereka dengan jenis tampilan yang sempurna. Anda dapat menyimpan kreasi tampilan jam Anda pada daftar tampilan jam favorit untuk akses yang cepat dan mudah.

Komunikasi Lebih Nyaman Dengan Keyboard QWERTY Baru

One UI Watch4.5 membuat komunikasi di seri Galaxy Watch4 lebih lancar dan nyaman dari sebelumnya. Pengguna memiliki lebih banyak pilihan tentang bagaimana mereka berkomunikasi langsung dari pergelangan tangan mereka dengan penambahan keyboard QWERTY ke fitur pengenalan suara dan tulisan tangan yang ada[10], membantu pengguna beralih dengan nyaman untuk  gaya komunikasi yang berbeda untuk berbagai kesempatan.

Dukungan Perangkat Lunak Berkelanjutan untuk Galaxy Watch3 dan Galaxy Watch Active2

Selain itu, mulai akhir September, pembaruan perangkat lunak baru akan memungkinkan pengguna Galaxy Watch3 dan Galaxy Watch Active2 juga dapat menikmati beberapa fitur baru dari seri Galaxy Watch5. Ini mencakup dua tampilan jam baru – Angka gradien dan analog Pro – untuk membantu pengguna mengekspresikan selera dan gaya mereka dengan lebih baik, dan deteksi mendengkur untuk memberikan lebih banyak analisis kualitas tidur semalam.

Selain itu, aplikasi Samsung Health Monitor[11] untuk mengukur tekanan darah[12] dan elektrokardiogram (EKG)[13] akan diperluas ke pengguna Galaxy Watch3 dan Watch Active2 di 24 pasar yang baru saja diluncurkan, yang dapat memberikan wawasan lebih dalam tentang kesehatan mereka secara keseluruhan.

[1] Ketersediaan dapat bervariasi tergantung pada pasar, perangkat, atau operator.

[2] Ketersediaan dapat bervariasi tergantung pada pasar, model, operator, atau smartphone yang dipasangkan. Pembaruan awalnya akan tersedia pada versi Bluetooth dan akan diluncurkan ke versi LTE nanti. Memerlukan versi terbaru aplikasi Galaxy Wearable dan plug-in Galaxy Watch.

[3] Ketersediaan dapat bervariasi menurut pasar, model, operator, atau smartphone yang dipasangkan. Pembaruan awalnya akan tersedia pada versi Bluetooth dan akan diluncurkan ke versi LTE nanti. Memerlukan versi terbaru aplikasi Galaxy Wearable dan plug-in Galaxy Watch.

[4] Fitur Taskbar hanya didukung di layar utama.

[5] Aplikasi tertentu mungkin tidak mendukung Multi Active Window atau App Pair.

[6] Membutuhkan aktivasi Labs di Pengaturan.

[7] Fitur hanya tersedia untuk Galaxy Z Flip4 5G dan Galaxy Z Flip3.

[8] Mode fleksibel didukung pada angle antara 75° dan 115°.

[9] Fitur hanya tersedia untuk Galaxy Z Flip4 dan Galaxy Z Flip3.

[10] Ketersediaan keyboard QWERTY, Gesek untuk mengetik, pengenalan suara, dan tulisan tangan dapat bervariasi tergantung bahasa.

[11] Karena pembatasan pasar dalam memperoleh persetujuan/pendaftaran sebagai perangkat medis, Tekanan darah dan EKG hanya berfungsi pada jam tangan dan ponsel cerdas yang dibeli di market tempat layanan saat ini tersedia (namun, layanan mungkin dibatasi saat pengguna bepergian ke negara non-layanan). Lihat samsung.com/apps/samsung-health-montiroing untuk informasi lebih lanjut dan pembaruan terkini tentang service market.

[12] Fitur Tekanan Darah hanya tersedia di market tertentu. Untuk memastikan akurasi, pengguna harus mengkalibrasi perangkat mereka setiap empat minggu dengan manset tekanan darah tradisional. Aplikasi tekanan darah tidak dapat mendiagnosis hipertensi, kondisi lain, atau memeriksa tanda-tanda serangan jantung. Aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk mengukur di usia 22 tahun ke atas. Ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan metode diagnosis atau pengobatan tradisional oleh profesional kesehatan yang berkualifikasi.

[13] Fitur EKG hanya tersedia di market tertentu. Aplikasi EKG tidak dimaksudkan untuk menggantikan metode diagnosis atau pengobatan tradisional. Aplikasi EKG tidak ditujukan untuk pengguna dengan aritmia yang diketahui selain fibrilasi atrium atau pengguna di bawah 22 tahun. Pengguna tidak boleh menafsirkan atau mengambil tindakan klinis berdasarkan keluaran perangkat tanpa berkonsultasi dengan profesional kesehatan yang berkualifikasi.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here