Viettel Group dan Qualcomm Technologies, Inc. hari ini mengumumkan rencana kolaborasi mereka dan mengembangkan 5G Radio Unit (RU) generasi berikutnya dengan kapabilitas MIMO secara masif dan distributed unit (DU). Kolaborasi ini berfokus untuk membantu mempercepat pengembangan dan peluncuran infrastruktur dan layanan jaringan 5G di Vietnam dan secara global.

Dengan perpaduan Qualcomm® X100 5G RAN Accelerator Card dan Massive MIMO Qualcomm® QRU100 5G RAN Platform, dikombinasikan dengan sistem perangkat keras dan perangkat lunak canggih milik Viettel High Technology, akan membantu Viettel mempercepat pengembangaan dan komersialisasi solusi Massive MIMO dengan Open RAN berkinerja tinggi, menyederhanakan penyebaran jaringan dan total biaya kepemilikan yang lebih rendah.

Menggabungkan keahlian pengembangan infrastruktur telekomunikasi Viettel dengan kepemimpinan teknologi Qualcomm Technologies dalam mengembangkan solusi Application-Specific Integrated Circuit (ASIC) 5G berkinerja tinggi dan berdaya rendah untuk produk perangkat dan infrastruktur akan memajukan ekosistem seluler dan mempercepat siklus inovasi.

“Viettel telah menjadi pelopor dalam pengadopsian teknologi telekomunikasi baru termasuk 5G. Kami senang memiliki Qualcomm Technologies sebagai penyedia teknologi utama dalam proyek 5G gNodeB kami,” jelas Nguyen Vu Ha, General Director, Viettel High Technology. “Kolaborasi antara Qualcomm Technologies dan Viettel Group ini akan menjadi landasan strategi nasional Vietnam untuk infrastruktur 5G yang dibuat di Vietnam.”

“Qualcomm Technologies, sebagai pemimpin teknologi global dalam 5G, menantikan kolaborasinya dengan Viettel untuk pengembangan solusi Open RAN yang akan membangun fondasi untuk jaringan nirkabel generasi berikutnya di Vietnam,” jelas Durga Malladi, Senior Vice President and General Manager, Cellular Modems and Infrastructure, Qualcomm Technologies, Inc. “Kolaborasi ini akan menunjukkan skalabilitas platform horizontal Qualcomm Technologies untuk diintegrasikan ke sektor vertikal dalam ekosistem infrastruktur ORAN dan kami senang menawarkan Modem-RF berkinerja tinggi dan hemat daya yang mendukung permintaan kinerja yang dibutuhkan untuk menghadirkan kecepatan tinggi dan memperluas kasus penggunaan jaringan 5G kepada konsumen.”

“Seiring dengan meningkatknya kebutuhan akan pengalaman mobile yang andal, tangguh dan kuat di seluruh Vietnam, kami mengantisipasi gelombang baru permintaan layanan 5G dari pengguna dan perusahaan. Bekerja sama dengan Viettel akan memungkinkan kami untuk berinovasi dan meluncurkan teknologi yang akan memajukan seluler dan mempercepat pemberdayaan dan penyebaran jaringan modern dalam skala besar,” ungkap ST Liew, Vice President, Qualcomm CDMA Technologies Asia-Pacific Pte. Ltd. and President, Qualcomm Taiwan and Southeast Asia. “Kami menantikan kerja sama kami dengan Viettel untuk peluncuran infrastruktur dan layanan 5G yang canggih untuk Vietnam dan secara global.”

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here