Perbandingan Bagus Mana HP Vivo Y21 VS Asus Zenfone GO segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

vivo-y21-vs-asus-zenfone-go

Vivo, vendor yang sudah cukup lama meramaikan pasar smartphone di Tanah Air, kembal meluncurkan seri smartphone Vivo Y21 setelah terakhir mereka merilis beberapa seri terdahulunya. Smartphone terbaru dari Vivo ini sebenarnya telah dirilis pada bulan Januari 2016 lalu. Smartphone Vivo seri Y21 ini ditempatkan untuk mengisi segmen smarphone kelas pemula. Jadi, secara harga pun Vivo Y21 masih akan satu level dengan seri Vivo lainnya.

Vivo Y21 hadir dengan desain elegan dan sudah dibekali dengan spesifikasi tangguh. Produsen ponsel Vivo memang merilis Vivo Y21 untuk menyasak kalangan menengah kebawah, namun perangkat Vivo Y21 sudah dijalankan menggunakan sistem operasi Android dan fitur lengkap.

Meski banderol harganya berada pada level yang sama, namun tentunya seri Y21 ini memiliki spesifikasi yang berbeda. Strategi Vivo yang menempatkan smartphone terbarunya ini dalam segmen menengah bawah memang cukup menarik. Meski kekuatan brandingnya belum sebanding dengan Huawei atau Xiaomi, namun Vivo berhasil menunjukkan bahwa mereka bisa menciptakan perangkat yang berkualitas tinggi.

Dari pesaingnya kali ini, sete;ah mengeluarkan Asus Zenfone Laser beberapa waktu lalu. Kali ini, vendor asal Taiwan itu kembali memunculkan satu keluarga baru lagi yang akan menggenapi seri Asus Zenfone.

Ponsel baru besutan Asus kali ini adalah Asus Zenfone Go  yang merupakan produk terbaru Asus untuk pangsa pasar smartphone kelas menengah ke bawah. Meski statusnya hanyalah gadget kelas low – end, namun Spesifikasi dan fitur yang dibawa terbilang cukup memuaskan. Diplot di kelas menengah bawah, Asus Zenfone Go bukan berarti hadir dengan bekal kurang.

Nama besar Asus Zenfone pasti menjadi alasan mengapa smartphone yang akan kita bahas kali ini tak boleh diremehkan. Sebelumnya, seri Zenfone Laser sendiri cukup diperhitungkan di kelas menengah atas. Kali ini, Asus mencoba memperkuat tatanan pasarnya di kelas low-end lewat Asus Zenfone Go ini.

Walaupun dibandrol dengan harga terjangkau, bukan berarti spesifikasi dan kelengkapam lainnya tak bisa dipandang sebelah mata. Kali ini Tim Futureloka berkeksempatan untuk membahas mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Vivo Y21 VS Asus Zenfone GO segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia, berikut ulasan selengkapnya :

Perbandingan Spesifikasi HP Vivo Y21 VS Asus Zenfone GO

Spesifikasi Vivo Y21

  • Smartphone dengan Desain Sederhana Namun Tetap Bergaya Dinamis

Smartphone terbaru besutan Vivo ini masih tampil dengan gaya khasnya, yaitu dengan desain sederhana namun tetap terlihat dinamis. Vivo Y21 memiliki desain bodi yang ramping dengan sudut tegas pada masing-masing ujungnya. Sekilas, penampilan smartphone dari Vivo ini mirip iPhone. Apalagi, Vivo mendesain bezel-nya juga tak terlalu lebar.

Kemudian, secara fisik, Vivo Y21 ini memiliki ukuran tubuh berukuran kecil dengan bobot yang ringan. Ukuran yang tak terlalu lebar dan berat itu akan membuatnya sangat nyaman saat digenggam. Untuk memberikan tampilan visual yang lega kepada penggunanya, Vivo Y27L dibekali dengan layar berukuran 4.5 inci. Pada layar dengan luas 4.5 inci tersebut juga dilengkapi dengan tombol kapasitif guna memenuhi kebutuhan navigasi menu pada layar.

Layar pada Vivo Y21 yang berukuran cukup luas tersebut menggunakan jenis layar IPS LCD Capacitive Touchscreen yang menghasilkan tampilan visualisasi cukup cerah dan cemerlang dengan membawakan resolusi jernih berkerapatan layar yang tinggi. Dengan resolusi HD yang diberikan.

Tak lupa, Vivo Y21 ini juga dilengkapi dengan tampilan antarmuka atau user interface. Kehadiran fitur interface khas Vivo itu akan membuat penggunanya bisa membuat tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sedikit catatan kekurangan dari spesifikasi Vivo Y21 ini adalah belum adanya sistem proteksi layar yang melindungi layarnya. Jadi penggunanya harus menambahkan screen guard secara manual untuk melindungi layarnya.

vivo-y21-1

  • Dapur Pacu Andalkan Chipset Mumpuni yang Didukung oleh RAM Berkapasitas Standar

Untuk sektor dapur pacu yang ditawarkan oleh smartphone ini sebenarnya terbilang cukup gahar dengan mengusung chipset berkualitas yang memiliki kemampuan proses mumpuni. Kali ini ruang dapur pacu pada Vivo Y21 dipersenjai dengan chipset terbaik yang membawa CPU dengan performa terbaik. Spesifikasi hardware tersebut tentu saja akan mampu memberikan kinerja yang maksimal dan juga mumpuni untuk memproses segala intruksi.

Apalagi, Vivo Y21 pun juga didukung oleh kehadiran RAM berkapasitas standar yang tentunya akan membuat ponsel ini dapat menjalankan aplikasi dengan kebutuhan memori cukup besar secara multitasking. Dan untuk meningkatkan kemampuan olah garfisnya, Vivo Y27L pun juga dibekali dengan kartu pengolah garfis atau GPU yang kualitasnya terbilang cukup.

Meski secara kualitas GPU yang digunakan oleh oleh Vivo Y21 ini tergolong sebagai kartu pengolah grafis standar, namun kehadirannya sudah sangat membantu untuk memberikan display grafis yang baik.

Sementara itu, untuk menjalankan segala kinerja dari hardware tersebut, Vivo menanamkan sistem operasi Android dengan beberapa fitur-fitur menarik yang dibawanya. Jadi, meski spesifikasi Vivo Y21 di bagian ruang dapur pacunya tergolong minimalis, namun komponen-komponen hardware tersebut sudah mampu memberikan kemampuan olah data yang cukup optimal.

  • Teknologi Konektivitas yang Masih Menggunakan Jaringan HSPA

Meskipun belum menyentuh teknologi jaringan 4G terbaru dengan Long Term Evolution namun anda masih dapat mengandalkan jaringan HSDPA dengan kecepatan 21 Mbps dan jaringan HSUPA yang dapat mencapai 5.76 Mbps. Pada kemampuan jaringan nirkabel Wi-Fi dari Vivo Y21 telah disematkan dengan tambahan fitur Wi-Fi Direct dan Wi-Fi Hotspot.

Untuk transfer data smartphone ini telah ditanamkan perangkat Bluetooth v4.0 dan konektor USB berbentuk Micro USB v2.0. Spesifikasi Vivo Y21 dibekali dengan fasilitas Dual SIM yang kedua-duanya berbentuk Micro SIM pada jaringan operator GSM-GSM untuk meningkatkan fleksibilitas berkomunikasi anda.

  • Memori On-board Sediakan Ruang Ekstra Luas

Pada sektor  ruang penyimpanan, spesifikasi Vivo Y21 ini pun dibekali dengan kemampuan penyimpanan yang cukup besar. Ruang penyimpanan file atau memori sendiri merupakan salah satu bagian yang tak kalah penting dan sangat mendukung kelancaran proses operasi dari seluruh aplikasi yang ada pada Vivo Y21 ini.

Meski statusnya hanya merupakan smartphone kelas menengah, namun ternyata produk baru dari Vivo ini memiliki kapasitas ruang penyimpanan yang sangat luas dan lebih dari cukup untuk mengcover seluruh file yang penggunanya miliki. Pasalnya, untuk ruang simpan memori internal saja telah dibekali dengan kapasitas besar, di mana kapasitas tersebut akan lebih dari cukup untuk mengcover semua file sistem maupun file pribadi pada Vivo Y27L ini.

Apabila masih belum cukup, penggunanya juga akan disuguhi dengan fasilitas slot memori eksternal dengan kapasitas hingga ekspansi maksimal. Keberadaan slot external memory pada Vivo Y27L tentu saja akan semakin memudahkan penggunanya  dalam menyimpan semua file dalam satu perangkat saja.

Perlu diketahui, kapasitas ruang penyimpanan yang diberikan oleh Vivo terhadap produk barunya ini merupakan sebuah keunggulan yang jarang dimiliki oleh ponsel kelas pemula lainnya. Dengan dukungan kedua memori yang menjadi bagian dari spesifikasi Vivo Y21 ini, penggunanya akan sangat leluasa untuk menyimpan file apapun tanpa khawatir kehabisan kapasitas memori. Berikut ulasan selengkapnya :

vivo-y21

  • Layar
4,5 inci IPS LCD Capacitive , 480 x 800 pixels
  • Bodi
130.7 x 66.4 x 9.2 mm, 157 gram, Plastik
  • Jaringan
3G – HSDPA, HSPA +
  • Sistem Operasi
Android v5.1 Lolipop
  • Chipset
CPU Mediatek MT6580 + GPU Mali 400
  • Memori
RAM : 1 GB , Internal : 16 GB , MicroSD : up to 256 GB
  • Kamera Belakang
5 MP, Autofocus + LED Flash
  • Kamera Depan
2 MP
  • Warna
Gold, White
  • Sensor
Accelerometer, proximity
  • Baterai
Li-lon 1900 mAh

Spesifikasi Asus Zenfone Go

  • Tidak Menghilangkan Desain Minimalis Khas Asus Zenfone

Desain yang menjadi bagian dari spesifikasi Asus Zenfone Go ini masih mengusung desain khas Asus seperti seri-seri sebelumnya. Smartphone terbaru racikan Asus ini memiliki dimensi yang stylish digenggam dengan bobot yang tak terlalu berat. Secara fisik, dimensi ini tidak akan memakan banyak tempat ketika Asus Zenfone Go ditaruh di saku celana atau digenggam.

Material bodi smartphone ini masih didominasi oleh plastik yang membuatnya terlihat agak terlihat mengganggu. Namun, hal tersebut adalah tidak lain adalah untuk mengurangi biaya produksi Asus Zenfone Go ini. Selain itu, penggunaan material plastik pada ponsel ini juga tetap memberikan kenyamanan ketika dipegang meski terasa agak licin pada sudut – sudut tertentu.

Dengan ukuran layar yang lebar dengan resolusi sebesar HD pun dengan tingkat kerapatan yang tinggi sudah tersedia di Asus Zenfone Go ini. Layar pada Asus Zenfone Go akan mampu menampilkan kualitas visual yang cukup baik. Adapun jenis layar yang digunakan Asus pada produk barunya ini adalah layar berjenis IPS LCD Capacitive Touchscreen yang memiliki kekayaan warna mencapai 16 M.

Namun, Kurangnya spesifikasi Asus Zenfone Go pada bagian layar belum dilengkapi sistem proteksi layar seperti Corning Gorilla Glass sehingga harus menambakan screen guard tambahan sebagai pelindung layarnya.

Asus-Zenfone

  • Memiliki Komponen Dapur Pacu Berkualitas serta Perfoma yang Ciamik

Meski hanya merupakan smartphone kelas pemula namun Zenfone Go ini dibekali dengan komponen hardware yang cukup berkualitas. Kualitas spesifikasi mesin Asus Zenfone Go dapat dilihat dari penguunaan chipset yang memiliki inti Quad-core berckecepatan tinggi layaknya smartphone sekarang.

Untuk smartphone kelas pemula, kombinasi CPU pada smartphone ini sudah termasuk yang terbaik. Penggunaan chipset Mediatek juga menjadi hal menarik karena saat ini chip tersebut merupakan salah satu komponen chip terbaik. Kemudian, performa Asus Zenfone Go juga didukung oleh kehadiran RAM berkapasitas besar.

RAM Berkapasitas tersebut akan memberikan keleluasaan bagi perangkat hardware maupun softwarenya saat smartphone ini menerima perintah operasional. Berjalan pada sistem operasi Android OS standar smartphone pada masanya dulu juga akan memberikan pengalaman seru dunia Android bagi pengguna Asus Zenfone Go ini.

Jadi, jika melihat spesifikasi yang menggawangi sektor mesinnya, ponsel ini termasuk ponsel murah namun memiliki performa yang bisa diandalkan. Namun sayangnya, seperti smartphone kelas pemula kebanyakan, spesifikasi Asus Zenfone Go dilengkapi dengan kartu pengolah grafis yang berkualitas tinggi. Namun dapat di[astikan Asusu Zenfone Go ini masih berkualitas dalam hal gambar.

  • Hanya tidak Didukung Jaringan 4G LTE namun Pilihan Fitur Konektivitas Lengkap

Di saat vendor-vendor lain mulai meluncurkan smartphone yang mengusung konektivitas 4G LTE, spesifikasi Asus Zenfone Go ini masih menggunakan teknologi jaringan data versi lama. Smartphone terbaru lansiran Asus ini masih mengandalkan koneksi data seluler 3G HSPA sebagai koneksi utamanya.

Meski tak secepat jaringan 4G LTE, namun akses data Asus Zenfone Go ini sudah terhitung sangat cepat karena akses downloadnya mencapai 42.2 Mbps, sedangkan upload bisa mencapai 5.76 Mbps. Selain memiliki koneksi data seluler yang cukup kencang, Asus Zenfone Go ini juga merupakan ponsel tipe Dual SIM yang keduanya bisa aktif secara bersamaan.

Smartphone ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur koneksi jarak dekat yang pastinya sangat bermanfaat, mulai dari fitur Bluetooth v4.0, WiFi, Hotspot, dan juga slot microUSB.

Fitur-fitur yang ada pada Asus Zenfone Go tersebut akan sangat bermanfaat saat ingin mengakses internet secara gratis via koneksi WiFi atau jika kamu ingin mentransfer data. Spesifikasi Asus Zenfone Go di bagian konektivitas pun juga telah dibekali dengan teknologi navigasi A-GPS yang akan membantu keperluan pemetaannya.

  • Kebutuhan dapat Disesuaikan dengan Media Penyimpanan yang Besar

Spesifikasi Asus Zenfone Go juga menyediakan pilihan untuk konsumen dengan dua pilihan kapasitas memori.. Hal ini tentu dapat menjadi alternatif bagi penggunanya yang memiliki file-file berukuran besar. Dengan dua pilihan memori yang sangat luas, Asus Zenfone Go akan mampu menampung semua kebutuhan penyimpananmu.

Asus Zenfone Go pun juga dilengkapi dengan slot ekternal memori yang bisa digunakan untuk menambah kapasitas penyimpanannya. Slot ekternal memori yang ada pada spesifikasi Asus Zenfone Go ini mampu menampung microSD Card hingga kapasitas maksimal. Berikut spesifikasi lengkapna :

Asus-Zenfone-Go

  • Layar
5.0 inci IPS LCD Capacitive , 720 x 1280 Pixels
  • Body
144.5 x 71 x 10 mm , 135 gram , Plastik
  • Jaringan
3G – HSDPA
  • Sistem Operasi
Android v5.1 Lolipop
  • Chipset
CPU Mediatek MT6580 + GPU Mali 400MP2
  • Memori
RAM : 2 GB , Internal : 16 GB , MicroSD : up to 64 GB
  • Kamera Belakang
8 MP , LED Flash, Autofocus
  • Kamera Depan
2 MP
  • Sensor
Proximity , Accelerometer , Ambient Light
  • Warna
Hitam , Putih , Merah
  • Baterai
Li lon 2070 mAh

Perbandingan Hasil Kamera Vivo Y21 VS Asus Zenfone GO

Lini Fotografi Andalkan Kamera 5 MP dan 2 MP

Lini fotografi memang menjadi sangat penting mengingat tren yang berkembang saat ini adalah perangkat dengan kekuatan kamera berkualitas. Sebagai smartphone modern, tentunya Vivo Y21 pun juga harus memiliki komponen fotografi yang bisa memenuhi segala kebutuhan penggunanya.

Untuk kamera utama, Vivo Y21 mengandalkan kamera berukuran 5 MP yang akan mampu memberikan hasil jepretan dengan resolusi yang detail. Kamera utama tersebut telah dilengkapi dengan fitur Autofocus dan juga LED Flash yang akan memberikan titik fokus dan juga pencahayaan maksimal.

Kamera utama pada Vivo Y21 juga memiliki kualitas bidikan yang jernih dan menawan. Selain itu, kamera yang terletak pada sisi belakang itu juga dapat digunakan sebagai media perekam video dengan kualitas rekaman yang cukup baik. Fitur-fitur pendukung seperti Geo-tagging, Touch Focus, HDR dan juga Panorama juga tak lupa disematkan pada kamera utama Vivo Y21 ini.

Keberadaan fitur-fitur fotografi modern tersebut berguna untuk memberikan hasil foto yang lebih jernih dan bagus. Sementara untuk kamera sekunder atau kamera depan, spesifikasi Vivo Y21 telah dibekali dengan perangkat kamera berukuran 2 MP yang pastinya akan menghasilkan output yang juga cukup bagus.

vivo-y21-2

Lini Fotografi Berkapasitas Standar Namun Tetap Fungsional

Sektor kamera mutlak diperlukan, untuk memenuhi kebutuhan dokumentasi. Dalam sektor kamera, spesifikasi Asus Zenfone Go sudah dipersenjatai dengan dua kamera yaitu kamera primer dan sekunder. Kamera utama atau kamera belakang Asus Zenfone Go memiliki ukuran 8MP dengan resolusi piksel mencapai Full HD yang handal dalam ha Detail dan Kejernihan.

Kamera primer Asus Zenfone Go tersebut juga didukung oleh fitur autofocus yang memungkinkan untuk menangkap obyek bergerak atau obyek berhenti dengan lebih tajam. Selain itu, untuk kamu yang gemar memotret pada malam hari, Asus Zenfone Go juga sudah dilengkapi dengan lampu flash dengan jenis LED.

Lampu flash jenis ini memiliki jangkauan cahaya yang lebih luas dan penyebaran cahaya yang cukup baik untuk sebuah smartphone. Namun sayangnya, untuk kamera depan Asus masih membekali spesifikasi Asus Zenfone Go dengan kamera standar dengan kekuatan sebatas 2 MP. Meski kualitas kamera depannya hanya biasa-biasa saja, namun kamera tersebut tetap fungsional untuk kebutuhan selfie atau video call.

outdoor zenfone go

Perbandingan dari Segi Harga Vivo Y21 VS Asus Zenfone GO di Indonesia

Harga Vivo Y21 untuk saat ini ada dikisaran 1,3 Jutaan rupiah. Harga tersebut masih sama seperti bulan sebelumnya. Sedangkan untuk harga bekasnya ada dikisaran 700 ribuan rupiah, tergantung kondisi. Dengan harga segitu, terlihat spesifikasi yang ditawarkan Vivo Y21 terbilang biasa saja. Namun memang smartphone ini menawarkan desain yang sangat elegan, yang akan memberikan kesan stylish bagi penggunanya.

Secara spesifik, Vivo Y21 ini memang berada satu level di bawah seri Vivo Y22. Namun bukan berarti smartphone terbaru dari Vivo ini tak memiliki kualitas yang bisa diandalkan. Berbekal layar berukuran 4.5 inci, smartphone ini pastinya akan menyuguhkan tampiln gambar yang bagus.

Apalagi juga didukung oleh resolusi dan kerapatan layar yang cukup tinggi. Selain layar, sektor lain yang mempengaruhi harga Vivo Y21 di pasaran adalah spesifikasi dapur pacunya. Untuk ukuran smartphone kelas pemula, kualitas olah data smartphone ini cukup tangguh

vivo-y21-3

Sedangkan, harga Asus Zenfone Go ZC500TG untuk bulan ini harga baru sudah tidak tersedia lagi dan untuk harga masih sama dari bulan lalu yakni 800 Ribuan, tergantung kondisi. Harga yang ditawarkan Asus Zenfone Go terbilang sangat murah, karena smartphone ini memiliki desain menarik dan memiliki spesifikasi sangat baik seperti RAM 2 GB dan kamera belakang 8 MP.

Hadir sebagai anggota baru keluarga Zenfone, smartphone ini memang membawa bekal yang cukup untuk bertarung di segmen smartphone kelas menengah bawah. Berbekal CPU Quadcore 1.3 Ghz plus didukung RAM berkapasitas 2 GB, performa Zenfone Go ini memang cukup baik.

Asus pun secara cerdik juga menekan harga Asus Zenfone Go dengan penggunaan material plastik yang ringan namun tetap mampu menimbulkan aura elegan lewat desain khasnya. Jadi harga Asus Zenfone Go ZC500TG ini pun tak akan terlalu mahal.

Perbandingan dari Segi Baterai Vivo Y21 VS Asus Zenfone GO

Pasokan Daya Dibekali dengan Baterai 1.900 mAh

Mengingat ponsel pintar yang satu ini merupakan segmentasi ponsel kelas pemula dengan spesifikasi standar, maka kebutuhan dayanya pun juga tak terlalu besar. Namun bukan berarti Vivo hanya membekali smartphone Vivo Y21 dengan kapasitas baterai yang minimalis. Kali ini, Vivo mengandalkan baterai berkapasitas 1.900 mAh pada smartphone terbarunya ini.

Untuk ukuran smartphone kelas pemula, memang kapasitas sebesar 1.900 mAh tersebut tergolong sudah cukup besar. Dengan pasokan daya baterai berkapasitas cukup besar tersebut, Vivo Y21 ini akan tetap mampu bekerja seharian dengan aktivitas standar. Namun untuk berjaga-jaga, ada baiknya penggunanya selalu menyediakan unit pemasok daya cadangan atau power bank saat membawa smartphone ini beraktivitas di luar rumah meski sebenarnya spesifikasi Vivo Y21 sudah dibekali dengan baterai berkapasitas cukup besar.

(2) asus_zenfone_go

Suplai Daya Andalkan Baterai Berkapasitas 2.070 mAh

Spesifikasi Asus Zenfone Go ini ditutup dengan penyematan baterai berkapasitas 2.070 mAh. Untuk ukuran ponsel pintar kelas pemula, kapasitas baterai pada Asus Zenfone Go ini sebenarnya sudah cukup besar. Untuk penggunaan normal, smartphone ini bisa bertahan hidup selama kurang lebih seharian.

Selain memiliki kapasitas yang cukup besar, Asus Zenfone Go pun sudah menggunakan jenis baterai versi baru, yakni baterai Lithium-Polymer. Jenis baterai yang menjadi bagian dari spesifikasi Asus Zenfone Go ini memiliki daya tahan lebih baik jika dibandingkan dengan baterai jenis Lithium-Ion.

Demikianlah artikel mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Vivo Y21 VS Asus Zenfone GO segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia yang dapat Tim Futureloka sampaikan,semoga bermanfaat.

Kedua smartphone ini telah menempati kelas Low – end, sehingga persaingan pun terjadi. Kedua smartphone ini tentu saja memiliki kekurangannya sendiri, namun bukan berarti tidak memiliki kelebihan. Pilihlah smartphone dengan bijak dand apat memenuhi kebutuhan dalam beraktivitas sehari – hari. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here