Whatsapp Akan Hadirkan Fitur Grup Terbatas dan Hanya Admin yang Mampu Komunikasi

0

grup whatsapp

Whatssap Messenger atau WhatsApp adalah aplikasi pesan untuk smrtphone dengan basic mirip dengan Blackberry Messenger. Whatsapp merupakan aplikasi merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kamu bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena Whatsapp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web dan sebagainya. Aplikasi Whatsaapp Messenger menggunakan koneksi 3G atau 4G LTE atau bisa menggunakan Wifi untuk komunikasi data. Dengan menggunakan Whatsapp, kamu dapat melakukan obrolan online, berbagi file, megirim dan menerima foto video, mengirim kontak, teleponan dan sebagainnya.

Whatsapp juga memungkian kamu berbagi lokasi secara live, jadi orang lain bisa melihat keberadaan kamu melalu GPS. Tidak hanya itu kamu juga bisa membentuk grup bersaama pengguna whatsapp lainnya. Grup akan membuat kamu lebih mudah berkomunikasi bersama dengan teman-teman lainnya. Zaman now pengguna smartphone lebih suka berbicara atau berkomunikasi melalui media sosial, apalagi jarak jauh. Dengan bantuan aplikasi whatsaap yang tidak memakai pulsa telepon atau SMS ini sangat memudahkan kamu dalam berinteraksi dengan orang lain.

Ada fitur menarik yang ditawarkan oleh whatsapp yakni fitur grup pada whatsapp. Grup menjadi berguna sekali jika kamu memiliki family, teman sekolah, kuliah, kantor untuk melakukan perbicangan bersama-sama. Hal tersebut sangat mengasikan karena kamu bisa mengetahui pendapat dari berbagai anggota grup. Tapi sayang whatsapp belum memberikan fitur telepon atau video grup.

Bagi kamu yang mobilitasnya cukup tinggi pada pemakaian grup di whatsapp ada kabar baik yang muncul dari aplikasi ini, kemuculan ini pastinya akan disambut positif dan negatif dari para pengguna yakni fitur bungkam.

Baru-baru ini terdengat kabar bahwa admin whatsapp akan dapat membuat grup yang bungkam seribu bahasa. Nah kali ini Futureloka akan membahas mengenai Whatsapp akan hadirkan fitur grup terbatas dan hanya admin yang mampu komunikasi. Wah terlihat seru untuk dibahas, yuk simak baik-baik informasi tersebut.

whatsapp

Dalam waktu dekat whatsApp akan memberikan kemampuan baru untuk para administrasi grup obrolan. Karena sebentar lagi seorang admin dapat membuat anggota di dalam grupnya terdiam. Admin bisa mengendaikan grup ketika banyak para pengguna grup tidak bisa diatur dan diam.

Kemampuan tersebut mendapat label bernama “Restricted Groups”, yakni sebuah fitur yang memungkinkan admin dapat menonaktifkan semua fungsi percakapan kepada anggota grup yang bukan admin. Fitur ini pertama kali ditemukan oleh WABetaInfo, sebuah blog teknologi yang memantau pengembangan aplikasi whatsapp.  WABetaInfo mungkin terinspirasi membuat fitur tersebut dari pembahasan yang mengganggu karena terlalu banyak suara yang meminta didengar, hal hasil diskusi kadang menjadi tidak fokus dan melebar kemana-mana.

“Fitur ini penting ketika admin ingin semua anggota memusatkan perhatian ke satu topik yang dipilih, misalnya untuk catatan penting ketika mengorganisir suatu acara,” begitu dituliskan dalam blog WABetaInfo.

Fitur Restricted Groups akan sangat cocok untuk sebuah grup yang memang dirancang untuk menjalin komunikasi satu arah, yaitu komunikasi yang hanya berasal dari admin kepada para anggota grup tersebut.

Dengan fitur ini, hanya admin yang bisa mengirimkan pesan daan anggota grup hanya dapat membaca dan tidak bisa membalas percakapan, untuk anggota grup non admin tidak dapat mengirim pesan teks, gambar, vide, GIF, dokumen atau pesan suara, serta berbagi lokasi.

Anggota grup yang ingin mendapatkan kesempatan melakukan percakapan, mereka bisa melakukannya dengan menekan tombol “Message Admin”. Namun, pesan yang dikirim harus disetujui oleh admin terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam grup.

Pengaturan Restricted Groups ini bersifat tidak permanen. Gitur bungkam yang dipakai admin setiap 72 jam sekali, yang berarti anggota grup tidak bisa melakukan percakapan selama tiga hari. Whatsapp masih perlu waktu untuk memoles fitur bungkam menjadi lebih baik lagi sebelum benar-benar dirilis kepad publik.

Nah itu dia informasi mengenai whatsapp yang akan hadirkan fitur bungkam untuk grup. Hal tersebut mungkin bisa diterima oleh beberapa pengguna, bisa juga tidak tergantung pada konteks mana.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here