Perbandingan Bagus Mana HP Xiaomi Redmi Note 4 VS Apple iPhone 6S segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

Perbandingan Bagus Mana HP Xiaomi Redmi Note 4 VS Apple iPhone 6S segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

Xiaomi seperti tidak ada habisnya menelurkan produk baru. Pada kuartal awal 2017, Xiaomi kembali merilis Redmi Note 4 sebagai suksesor dari Redmi Note 3 yang tahun  2016 lalu laris manis di pasaran. Nah kalau begitu, sepertinya menarik apabila ponsel ini di adu dengan iPhone-nya Apple di tahun 2015, apalagi kalau bukan iPhone 6S. Walaupun berbeda level, apakah Xiaomi Redmi Note 4 mampu mengimbangi performa dari iPhone 6S. Berikut adalah ulasannya untuk Anda!

Perbandingan Spesifikasi Hp Xiaomi Redmi Note 4 Vs IPhone 6S

Walaupun spesifikasi tidak menujukkan performa smartphone sehari-hari, namun spesifikasi teknikal yang dibawa suatu ponsel jelas akan menggambarkan seberapa baik ponsel tersebut bisa melakukan suatu tugas atau menjalankan aplikasi.

Dimensi dan Desain

Perbandingan Bagus Mana HP Xiaomi Redmi Note 4 VS Apple iPhone 6S segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia 1 Perbandingan Bagus Mana HP Xiaomi Redmi Note 4 VS Apple iPhone 6S segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia 1

Desain iPhone 6S jelas merupakan legenda karena banyak ditiru oleh produsen smartphone asal Tiongkok, namun jangan salah Redmi Note 4 juga merupakan salah satu ponsel dengan build quality terbaik dikelasnya.

Xiaomi Redmi Note 4 mengusung desain yang membulat di setiap sisinya. Begitu juga dengan bagian back cover yang menggunakan material metal, semuanya berbentuk membulat. Hal ini membuat Redmi Note 4 merupakan ponsel yang nyaman dalam genggaman, walaupun ketika tangan mulai berkeringat, Redmi Note 4 ini tergolong ponsel yang licin. Bobot seberat 165 gram terasa pas dengan ukurannya yang tergolong besar. Dimensi 151 x 76 x 8.5 mm tidak lain dan tidak bukan berkat layarnya yang masuk dalam kategori phablet yaitu 5.5 inch. Plastik dibagian atas dan bawah menajdi penanda antena, agar ponsel dapat menangkap sinyal dengan baik.

Sedangkan iPhone 6S masih membawa desain khas pendahulunya iPhone 6 tanpa adanya pembaruan, semua nampak sama selain varian warna baru rose gold. Desain dari iPhone memang seringkali ditiru oleh produsen ponsel pintar lain, terutama brand-brand asal Tiongkok. Mengusung desain membulat disetiap sisi, membuat iPhone 6S walaupun merupakan ponsel yang tipis dan licin, tetap nyaman dalam genggaman. Dibagian depan, ponsel dengan brat 143 gram ini hanya akan ditemui satu tombol fisik Home yang sekaligus fingerprint sensor, layar seluas 4.7 inch, earpice, sensor proximity, dan kamera depan, tidak ada layout yang berubah dibandingkan iPhone pendahulunya.

Layar

Bagus mana? Layar retina milik iPhone memang selalu memikat namun Redmi Note 4 dengan layar 5.5 inch Full HD juga tergolong sangat baik.

Xiaomi memberkahi layar 5.5 inch pada Redmi Note 4 dengan resolusi full HD (1920 X 1080 piksel), sehingga kerapatan layar pada ponsel menengah ini mencapai ~401 ppi. Layarnya sendiri berjenis IPS yang mampu menampilkan 16 juta warna. Sayangnya, Xiaomi belum memberikan proteksi layar khusus semacam Gorilla Glass pada Redmi Note 4. Untungnya, desain 2.5 pada layarya memberikan kesan cantik kekininian.

Karena ini bukan seri plus, iPhone 6S hanya dibekali layar seluas 4.7 inch dengan resolusi yang masih sama dengan pendahulunya yaitu 750 x 1334 piksel. Walaupun resolusinya dan kerapatan pikselnya terlihat lebih kecil  dibandingkan Redmi Note 4, jangan kira tampilannya akan biasa-biasa saja. Retina display besutan Apple selalu mampu membuat mata takjub akan tampilan layarnya. Warna-warna tertampil akuran dan tajam. Namun yang membuat spesial bukanlah resolusinya, namun teknologi 3D Touch yang membuat layarnya akan mampu merespon lembut kerasnya sentuhan. Dimana perbedaan tekanan atau sentuhan, akan memberikan fitur yang berbeda pula. Kelebihan lainnya, layar iPhone 6S ini sudah diberikan coating khusus sehingga membuatnya tidak mudah ditempeli minyak dan debu.

Chipset

Bagus mana? Jelas, chipset Apple A9 memang memiliki performa yang stabil dan ngebut, hanya saja Snapdragon 625 direntang harga Redmi Note 4 adalah salah satu yang paling baik.

Seperti biasa, Xiaomi tidak pernah pelit dalam memberikan jeroan-jeroan yang tinggi untuk harga yang murah di setiap ponselnya. Chipset MSM8953 Snapdragon 625 besutan Qualcomm menjadi otak dari Redmi Note 4. Hal ini membuat Redmi Note 4 merupakan ponsel yang cukup buas dalam menjalankan berbagai aktivitas namun tetap hemat dalam penggunaan daya. Hal ini berkat chipset Snapdragon 625 yang terdiri dari 8 core berkecepatan 2.0 GHz dengan fabrikasi 14nm, membuatnya lebih cepat mengantarkan berbagai data dan informasi yang diperlukan. Selain itu, GPU Andreno 506 membuat Redmi Note 4 menjadi ponsel yang mampu menjalankan berbagai aktivitas dan game-game populer dengan tanpa masalah.

Sedangkan Apple selalu percaya diri dengan chipset besutannya, Apple A9 yang berbasiskan CPU dual-core 1.84 GHz dan didukung GPU PowerVT GT7600 yang terdiri dari enam inti GPU. Walaupun hanya mengusung prosesor dual-core, jangan pernah remehkan kemampuan iPhone 6S. Mengingat ponsel ini merupakan salah satu ponsel paling ngebut di tahun 2015. Dan hingga sekarang, performa iPhone 6S masih patut diacungi jempol dan mampu melibas berbagai game HD dan aplikasi populer tanpa masalah.

Memori dan Storage

Redmi Note 4 dalam urusan angka menang dalam hal ini, RAM  3/4 GB dengan internal storage 32/64 GB yang bisa ditambah dengan micro SD, jelas memberikan keleluasaan yang lebih.

Xiaomi Redmi Note 4 memiliki dua varian untuk besaran kapasitas internal storage dan RAM. Yaitu 3 GB RAM dengan internal storage 32 GB dan 4 GB RAM untuk internal storage 64 GB. Dan apabila terasa kurang, Anda bisa menambahkan micro SD up to 256 GB. Sayangnya, apabila Anda memilih menggunakan micro SD, slot SIM 2 adalah hal yang harus dikorbankan.

Seperti biasanya, Apple selalu menawarkan iPhone dalam berbagai varian internal storage. Dan pada iPhone 6S ini, Apple memberikan pilihan internal storage 16/32/64/128 GB. Untuk ukuran kebutuhan masa kini, memilih varian 64 GB adalah piihan yang ideal, mengingat iPhone 6S sudah didukung perekaman video 4K yang akan menguras penyimpanan dengan lebih ganas. Sedangkan varian 32 GB hanya dapat dikatakan cukup, untuk varian 16 GB tidak disarankan karena akan membuat pengalaman menggunaka iPhone menjadi kurang maksimal.

Sistem Operasi

iOS masih menjadi sistem operasi dengan manajemen daya dan memori yang terbaik, namun Redmi Note 4 dengan MIUI-nya juga tidak kalah cantik.

Dalam kondisi fresh in box, Xiaomi Redmi Note 4 masih mengusung MIUI versi 8 berbasiskan Android Marshmallow 6.0.1. Namun istimewanya, saat ini Xiaomi sudah menmberikan update MIUI 9 yang berbasiskan 7.1.2 Nougat pada Xiaomi Redmi Note 4, sehingga fitur-fitur seperti split screen tidak lama lagi akan dapat dicicipi di ponsel ini. Bagi Anda yang belum familiar dengan MIUI. MIUI adalah custom UI Android besutan Xiaomi yang memiliki banyak fitur dan tampilan yang menyerupai sistem operasi ios besutan Apple. Sehingga, Anda tidak akan menemukan app drawer layaknya ponsel Android kebanyakan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sistem operasi ios besutan Apple emang mengilhami banyak produsen smartphone Android untuk membuat custom UI dengan tampilan yang serupa. Dalam hal ini, versi IOS pada saat iPhone 6S pertama kali diluncurkan adalalh IOS 9. Sedangkan saat ini, yang berarti sudah 3 tahun sejak iPhone 6S dirilis, Apple masih memberikan support hingga versi IOS terbaru saat ini, IOS 11. Inilah kelebihan ponsel besutan Apple, dimana Apple memberikan support update software hingga bertahun-tahun.

Konektivitas

Di rentang harganya, Redmi Note 4 jelas mengungguli iPhone 6S dengan kelengkapan konektivitas yang cukup standar walaupun tanpa NFC.

Dari segi konektivitas, dua ponsel ini menawarkan fitur-fitur umum yang lengkap, seperti dual-SIM 4G, wifi, bluetooth. Yang berbeda adalah, iPhone selaku ponsel kelas atas memiliki NFC yang sayangnya hanya bisa digunakan untuk fitur Apple pay. Perbedaan lain apabila Xiaomi menggunakan port Micro USB 2.0, Apple masih setia dengan reversible connector yang mereka namai dengan Lightning port.

Tabel Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 4

Section Redmi Note 4
NETWORK GSM / HSPA / LTE
BODY –      Dimensions 151 x 76 x 8.5 mm (5.94 x 2.99 x 0.33 in)

–      Weight 165 g (5.82 oz)

–      Build Front glass, aluminum body

–      SIM Hybrid Dual SIM (Micro-SIM/Nano-SIM, dual stand-by)

PLATFORM –      OS Android 6.0 (Marshmallow), upgradable to 7.0 (Nougat)

–      Chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625

–      CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53

–      GPU Adreno 506

DISPLAY –      Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors

–      Size 5.5 inches, 83.4 cm2 (~72.7% screen-to-body ratio)

–      Resolution 1080 x 1920 pixels, 16:9 ratio (~401 ppi density)

–      Multitouch Yes

–      MIUI 9.0

MEMORY –      Card slot microSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot)

–      Internal 64 GB, 4 GB RAM or 32 GB, 3 GB RAM

COMMS –      WLAN            Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot

–      Bluetooth 4.1, A2DP, LE

–      GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS

–      Infrared port Yes

–      Radio FM radio

–      USB microUSB 2.0, USB On-The-Go

CAMERA –      Primary 13 MP (f/2.0, 1.12 µm), phase detection autofocus, dual-LED dual-tone flash, check quality

–      Features Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR

–      Video [email protected], [email protected], check quality

–      Secondary 5 MP, f/2.0, 1080p

BATTERY –      Non-removable Li-Po 4100 mAh battery

 

Tabel Spesifikasi IPhone 6S

Section IPhone 6s
NETWORK GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
BODY –      Dimensions 138.3 x 67.1 x 7.1 mm (5.44 x 2.64 x 0.28 in)

–      Weight 143 g (5.04 oz)

–      Build Front glass, aluminum body

–      SIM Nano-SIM

–       Apple Pay (Visa, MasterCard, AMEX certified)

PLATFORM –      OS iOS 9, upgradable to iOS 11.2

–      Chipset Apple A9

–      CPU Dual-core 1.84 GHz Twister

–      GPU PowerVR GT7600 (six-core graphics)

DISPLAY –      Type LED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen, 16M colors

–      Size 4.7 inches, 60.9 cm2 (~65.6% screen-to-body ratio)

–      Resolution 750 x 1334 pixels, 16:9 ratio (~326 ppi density)

–      Multitouch Yes

–      Protection Ion-strengthened glass, oleophobic coating

–       3D Touch display

MEMORY –      Card slot No

–      Internal 16/32/64/128 GB, 2 GB RAM

COMMS –      WLAN            Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot

–      Bluetooth 4.2, A2DP, LE

–      GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, QZSS

–      NFC Yes (Apple Pay only)

–      Radio No

–      USB 2.0, proprietary reversible connector

CAMERA –      Primary 12 MP (f/2.2, 29mm, 1/3″, 1.22 µm), phase detection autofocus, dual-LED dual-tone flash, check quality

–      Features Geo-tagging, simultaneous 4K video and 8MP image recording, touch focus, face/smile detection, HDR (photo/panorama)

–      Video [email protected], [email protected],[email protected], [email protected], check quality

–      Secondary 5 MP (f/2.2, 31mm), [email protected], [email protected], face detection, HDR, panorama

BATTERY –      Non-removable Li-Ion 1715 mAh battery

 

Perbandingan Hasil Kamera Xiaomi Redmi Note 4 Vs IPhone 6S

Bagus mana? Ya jelas iPhone, karena Redmi Note 4 bukanlah ponsel yang ditujukan untuk para penggiat foto.

Kamera saat ini menjadi fitur yang esensial. Xiaomi menganugerahi Redmi Note 4 dengan kamera belakang beresolusi 13 MP dengan aperture f/2.0 dan besaran sensor 1.12 nano meter. Kamera belakangnya juga didukung fitur-fitur seperti phase detection autofocus dan Dual-LED Flash. Sedangkan kamera depannya mengusun resolusi standar 5 MP dengan bukaan lensa f/2.0. Kedua kamera Redmi Note 4 ini mampu merekam video hingga resolusi Full HD (1920 X 1080 piksel).

Bagaimana dengan iPhone 6S? Selama ini, iPhone selalu menjadi ponsel berkamera terbaik setiap tahun. Jadi, dengan kamera belakang beresolusi 12 MP beraperture f/2.2, jelas mampu menghasilkan foto yang berkualitas baik. Apalagi, iPhone 6S juga sudah didukung fitur perekaman video hingga resolusi 4K. Sedangkan untuk kamera depannya, Apple mempercayakan resolusi 5 MP untuk hasil selfie yang jernih dan tajam. Walaupun kamera depan resolusinya tidak sebesar ponsel selfie, namun Anda harus percaya, kamera depan Apple selalu mampu menghasilkan foto yang baik.

Hasil kamera iphone 6s
Hasil kamera iphone 6s
Hasil Kamera Redmi Note 4
Hasil Kamera Redmi Note 4

Perbandingan Dari Segi Baterai Xiaomi Redmi Note 4 Vs IPhone 6S

Bagus mana? Baterai 4000 mAh milik Redmi Note 4 lawan 1715 mAh milik iPhone 6S, ya jelas menang Redmi Note 4

Seperti biasa, Xiaomi memberikan baterai berkapasitas besar untuk ponsel-ponsel seri Redmi. Tidak terkecuali pada Redmi Note 4. Dengan baterai berkapasitas 4100 mAh berjenis Lithium Polymer yang tidak dapat dilepas serta chipset Snapdragon 625 yang hemat daya, membuatnya sebagai ponsel yang dapat menemani Anda selama 24 jam tanpa kahwatir kehabisan baterai. Sedangkan

Sedangkan IPhone 6S terlihat cemen dengan baterai berkapasitas 1715 mAh berjenis Li-Ion non-removable. Baterai yang kecil tersebut sebenarnya lebih dari cukup untuk membuat iPhone 6S bisa menemani Anda seharian. Namun melihat smartphone Android yang makin lama makin bagus dalam hal kapasitas baterai dan daya tahan, iPhone 6S terasa semakin tertinggal dalam urusan ini.

Perbandingan Dari Segi Harga Xiaomi Redmi Note 4 Vs IPhone 6S Di Indonesia

Perbandingan Bagus Mana HP Xiaomi Redmi Note 4 VS Apple iPhone 6S segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia 5 Perbandingan Bagus Mana HP Xiaomi Redmi Note 4 VS Apple iPhone 6S segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia 4

iPhone 6S adalah pilihan yang tepat kalau Anda punya budget lebih untuk sebuah smartphone, sedangkan Redmi Note 4, adalah piliha terbaik untuk ponsel 2 jutaan. Semua tergantung budget.

Untuk semua fitur yang ditawarkan, Xiaomi Redmi Note 4 varian 3 GB/32 GB dapat Anda bawa pulang dengan merogok kocek sebesar IDR 2.199.000,- sedangkan IPhone 6S kapasitas 32 GB bergaransi resmi dibanderol jelas lebih mahal dengan IDR 7.275.000,-. Sudah jelas, dua ponsel ini berada pada kasta yang berbeda. Bagi Anda yang memiliki budget lebih, dan ingin merasakan kemewahan ponsel besutan Apple tersebut, Anda bisa meminang iPhone 6S. Sedangkan bagi Anda yang memiliki budget terbatas, memilih Redmi Note 4 juga bukan sebuah kesalahan, mengingat Xiaomi juga selalu memberikan kualitas terbaik pada ponsel-ponselnya.

Kesimpulan

Jelas, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Redmi Note 4 bukanlah ponsel yang sejajar kastanya dengan iPhone 6S. Namun, melihat harga yang ditawarkan serta spesifikasi gahar yang ditawarkan, Redmi Note 4 jelas merupakan ponsel yang value for money. Hanya saja, Redmi Note 4 belum mampu untuk menandingi keesklusifan dan kemewahan yang ditawarkan iPhone 6S.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here