PC Game Pass bisa dibilang menjadi layanan bermain game untuk kalian yang tidak memiliki budget banyak namun masih bisa menikmati keseruan bermain game yang tidak terbatas, apalagi jika kalian memainkannya dalam ASUS ROG Flow Z13 yang sudah tidak diragukan lagi spesifikasinya. Terdapat ratusan bahkan ribuan game yang bisa kalian nikmati dalam layanan yang satu ini.

Pada bulan Maret 2022 lalu, Microsoft Indonesia telah mengumumkan bahwa mereka resmi akan menghadirkan layanan PC Game Pass ke beberapa wilayah Asia Tenggara, seperti; Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam untuk pertama kalinya.

Bersamaan pengumumkan tersebut, saat ini gamer telah bisa melakukan registrasi untuk menikmati layanan PC Game Pass selama masa pratinjau yang memberikan akses ke lebih dari 100 game berkualitas tinggi termasuk semua game dari Xbox Game Studios, sejumlah game Bethesda yang ikonik, dan keanggotaan EA Play dengan satu harga bulanan yang terjangkau. Bahkan terdapat berbagai macam game genre yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan. Bahkan Microsoft juga akan selalu menambahkan sejumlah game game baru setiap waktu, sehingga selalu ada game baru yang bisa kamu mainkan!

PC Game Pass x ASUS ROG Flow Z13

Sejalan dengan Microsoft, ASUS ROG juga telah menciptakan sebuah perangkat yang mendukung penuh layanan PC Game Pass tersebut, yakni melalui laptop sekaligus gaming tablet bernama ASUS ROG Flow Z13. Diperkenalkan pada bulan April 2022 lalu, ROG Flow Z13 tampil sebagai laptop gaming inovatif dengan desain yang belum pernah diadopsi oleh laptop gaming manapun, yaitu 2-in-1 detachable. Desain tersebut memungkinkan ROG Flow Z13 hadir sebagai laptop gaming yang sangat fleksibel atau dapat digunakan di banyak skenario penggunaan, termasuk memainkan seluruh game yang ada pada layanan PC Game Pass.

ROG Flow Z13 sendiri merupakan laptop yang telah ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel Core H Series yang telah menggunakan pemrosesan berbasis Intel 7. Berbeda dengan generasi sebelumnya, prosesor Intel Core generasi ke-12 menggunakan konfigurasi core yang terdiri dari Performance Core (P-core) dan Efficient Core (E-core). Sesuai dengan namanya,

P-core yang memiliki performa tinggi bertugas untuk memproses tugas-tugas berat. Sebaliknya, E-core bertugas menjalankan tugas-tugas ringan namun sangat efisien dan tidak memakan banyak daya.

Kombinasi P-Core dan E-Core ini menghasilkan sebuah prosesor hibrida yang memiliki kemampuan pemrosesan yang sangat tinggi dan optimal untuk gaming dan content creation, sekaligus mampu tampil sangat efisien dan hemat daya. Tidak heran jika prosesor tertinggi di keluarga 12th Gen Intel Core H Series, yaitu Intel Core i9-12900H, menyandang gelar sebagai prosesor mobile paling kencang saat ini berkat konfigurasi 14 core (6 P-core dan 8 E-core) dan 20 thread yang mampu dipacu hingga 5GHz.

Konsep yang diusung oleh ROG Flow Z13 pada dasarnya adalah memungkinkan Anda untuk dapat bermain game di manapun dan kapanpun. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, laptop gaming ini tentu harus ditenagai oleh hardware yang powerful. Tidak heran jika ROG Flow Z13 ditenagai oleh CPU dan GPU generasi terbaru.

Spesifikasi yang Menunjang untuk Main Game AAA yang Ada di PC Game Pass

Dari segi spesifikasi, ASUS ROG Flow Z13 dibekali dengan prosesor hingga 12th Gen Intel Core i9-12900H, ROG Flow Z13 juga dibekali dengan GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 3050Ti dengan TGP hingga 40W. GPU generasi terbaru dari NVIDIA ini telah mampu menghadirkan pengalaman gaming yang luar biasa pada resolusi full HD.

Namun bila kamu ingin performa yang lebih kencang, ASUS ROG juga telah menghadirkan sebuah perangkat GPU eksternal khusus bernama ROG XG Mobile. Perangkat satu ini dapat menghadirkan pengalaman gaming maksimal pada resolusi dan pengaturan grafis paling tinggi pada ROG Flow Z13.

Perangkat ROG XG Mobile merupakan solusi GPU eksternal terbaik di dunia. Berbeda dengan solusi GPU eksternal pada umumnya, ROG XG Mobile menggunakan port khusus sebagai koneksinya. Port tersebut terhubung langsung pada jalur data PCIe x8.

Terdapat Fitur MUX 

ROG Flow Z13 juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang membuat pengalaman gaming semakin baik, salah satunya adalah MUX Switch. MUX Switch merupakan chip khusus yang dapat mengatur jalur data visual yang ditampilkan di layar laptop. Melalui MUX Switch, jalur data visual dari discrete chip grafis bisa dialihkan langsung ke layar laptop tanpa harus melalui prosesor dan integrated chip grafis-nya.

MUX Switch sendiri sangat berguna saat ROG Flow Z13 bekerja menggunakan discrete chip grafis yang tertanam di dalamnya, seperti halnya saat bermain game. Karena data visual kini dapat ditampilkan langsung dari discrete chip grafis, performa dalam game pun dapat ditampilkan secara lebih baik. Peningkatan performa pada game dengan menggunakan MUX Switch dapat mencapai 10-30%.

Ringkas dan Portabel

Hadir dengan layar berukuran 13-inci, ROG Flow Z13 juga memiliki ketebalan 12mm dan bobot 1,1kg. ROG Flow Z13 juga dilengkapi “kickstand” di bagian belakang bodi utamanya. Kickstand tersebut berfungsi agar bodi utama laptop tersebut diposisikan secara berdiri dan memudahkan penggunanya. Jika ingin digunakan sebagai laptop, Anda dapat menghubungkan keyboard ROG Flow Z13 ke bagian bawah bodinya. Proses pemasangannya juga sangat mudah karena menggunakan sistem magnetic.

Selain mengusung bezel layar yang sangat tipis, ROG Flow Z13 juga tidak memiliki engsel karena menggunakan desain detachable. Ruang untuk mengakomodasi engsel tersebut dimanfaatkan secara penuh untuk menampung berbagai komponen lainnya. Pada akhirnya, tim riset dan pengembangan di ASUS ROG berhasil mendesain motherboard yang sangat ringkas lengkap dengan sistem pendingin khusus.

Tetap Dingin Walau Sedang Nge-Game

ROG Flow Z13 hadir dengan vapor chamber khusus pada sistem pendinginnya. Berbeda dengan heatpipe yang hanya dapat mengalirkan panas dari komponen utama ke heatsink, vapor chamber memiliki fungsi ekstra yaitu melepas panas secara langsung. Berkat penggunaan vapor chamber, proses pendinginan komponen utama di ROG Flow Z13 dapat dilakukan secara aktif maupun pasif.

ROG Flow Z13 juga menggunakan kipas Arc Flow Fan terbaru yang memiliki 84 bilah khusus. ASUS juga menggunakan rancangan Variable Blade Thickness yang membuat setiap bilah kipasnya memiliki ketebalan yang bervariasi. Sistem pendingin khusus dan inovatif di ROG Flow Z13 membuat laptop 2-in-1 detachable ini memiliki performa yang tidak hanya powerful,

tetapi juga sangat stabil untuk bermain game dalam jangka panjang. Sistem pendingin ini juga yang memungkinkan ROG Flow Z13 hadir menjadi mesin konsol portabel.

Sejarah PC Game Pass

PC Game Pass pertama kali diluncurkan oleh Microsoft pada tahun 2019 dan dibangun dari awal hingga saat ini dalam kemitraan dengan komunitas game PC untuk memberikan kebebasan tertinggi bagi para gamer di mana saja untuk menemukan dan memainkan koleksi game luar biasa yang sangat terkurasi. Microsoft juga berkomitmen untuk membantu para gamer menemukan game favorit mereka berikutnya, dan kami sangat antusias untuk menghadirkan pengalaman ini ke negara-negara baru di Asia Tenggara.

Pengalaman PC Game Pass di ROG Flox Z13 

Sebagai mesin konsol portabel, ROG Flow Z13 memang sangat cocok disandingkan dengan layanan PC Game Pass. Sehingga pengguna laptop sekaligus tablet gaming ini tidak perlu lagi pusing membeli game dan mengeluarkan lebih banyak uang. Karena dengan berlangganan PC Game Pass, pengguna ROG Flow Z13 telah bisa memainkan lebih dari 100 game berkualitas tinggi, termasuk EA Play. Asyiknya, ASUS Indonesia juga telah diberikan 1 bulan gratis PC Game Pass pada setiap pembelian ROG Flow Z13!

Jumlah game yang dimainkan pada layanan PC Game Pass mencakup game Xbox One dan Xbox 360 yang tentu saja bisa memuaskan kalian semua. Setiap bulan, game baru akan ditambahkan dan saat ini jumlah game yang ada di layanan ini sudah sangat banyak.

Kerennya, setiap judul pihak pertama Microsoft akan ditambahkan ke layanan ini tiap bulannya. Jadi, ketika kamu berlangganan layanan ini, kamu bisa langsung memainkan sebuah game yang baru diluncurkan di hari pertama peluncurannya. Seperti layanan berlangganan pada umumnya, PC Game Pass memiliki sistem rotasi di mana ada beberapa game yang secara teratur meninggalkan layanan ini sebelum akhirnya digantikan dengan game lainnya.

Penulis sendiri merasakan pengalaman yang berbeda ketika berlangganan layanan PC Game Pass, karena penulis bisa memainkan sejumlah game terbaik, di antaranya; Minecraft, Forza Horizon 5, Age of Empires IV, Sea of Thieves, Microsoft Flight Simulator, dan sebagainya.

Bahkan penulis juga merasa senang karena penulis bisa juga merasakan game milik Xbox Game Studios, seperti Halo Infinite, serta waralaba ikonik seperti Fallout dan The Elder Scrolls dari Bethesda Softworks, game independen, dan blockbuster. EA Play juga disertakan dalam layanan ini, menampilkan beberapa waralaba terbesar di dunia termasuk FIFA, Battlefield, The Sims dan Mass Effect.

Harga Super Miring

PC Game Pass selama masa pratinjau ini memiliki harga dibanderol dengan harga Rp14,999 untuk satu bulan pertama, selanjutnya akan menjadi Rp49,999 per bulan. Di beberapa lokasi,

kamu bisa membeli kode untuk beberapa bulan sekaligus. Kerennya layanan ini turut memiliki promosi dan diskon yang perlu dipertimbangkan.

Ayo Bergabung di ROG Community Indonesia

ASUS ROG Indonesia menghadirkan ROG Community Indonesia, sebagai tempat untuk para pengguna setia laptop gaming ROG dan TUF berbagi pengalaman, bermain game bersama dan berinteraksi langsung dengan #TeamROG. Segera bergabung dengan ROG Community Indonesia di Discord channel https://bit.ly/DiscordROGCommunityID dan Facebook Group https://bit.ly/ROGCommunityID.

Nantikan informasi seputar teknologi lainnya dan jangan lupa untuk ikuti Facebook dan Instagram DuniaGames ya.

Kamu juga bisa beli voucher untuk Mobile Legends, Free Fire, Call of Duty Mobile dan banyak game lainnya dengan harga menarik hanya di Top-up Dunia Games! Untuk mendapatkan

info-info khusus seputar giveaway, promo menarik, dan top up murah, jangan lupa untuk download apk Dunia Games di sini!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here