Mengutamakan Pengalaman Pengguna! Perjalanan 20 Tahun MSI dalam Membangun Kerajaan Laptop

Futureloka

Loading

Terkenal dengan laptop-laptop gaming premiumnya, di tahun 2024, MSI merayakan 20 tahun perjalanan gemilangnya dalam industri laptop. Selama dua puluh tahun terakhir, MSI tetap teguh memegang komitmennya pada satu prinsip utama: pengalaman konsumen adalah yang terpenting.

Keyakinan mereka bahwa “hanya dengan memahami keinginan pelangganlah, kami dapat menciptakan produk hebat” tidak hanya mendorong kesuksesan mereka tetapi juga membuat pelangan merasa dihargai dan menjadi bagian dari kisah perjalanan MSI.

Untuk merayakan pencapaian ini, Eric Kuo selaku Executive Vice President and General Manager dari Unit Bisnis Laptop MSI, berbagi cerita luar biasanya mengenai kisah perjalanan MSI yang penuh tantangan dan kegembiraan. Dengan senyum hangatnya, ia berkata “Kami sedang membentuk masa depan teknologi, dan dengan komitmen kami terhadap keunggulan telah mendorong kami untuk membawa inovasi ke industri laptop, hingga mendobrak batasan dan merangkul kemajuan terbaru dalam teknologi. Kami akan terus berinovasi di sektor gaming, berekspansi ke kampus-kampus dan mengembangkan lini produk bisnis dan kreator kami untuk memenuhi kebutuhan konsumen selaman 20 tahun ke depan.” 

Eric Kuo, Executive Vice President and General Manager dari Unit Bisnis Laptop MSI, berbagi kisah unik tentang perusahaan

Rayakan Ulang Tahun ke-20 dengan Pameran Global dan Promosi Eksklusif 

Untuk merayakan momen penting ini, MSI dengan bangga mengumumkan rangkaian pameran menarik bertajuk “MSIology: MSI Laptops 20th Anniversary Exhibition” yang akan digelar di berbagai belahan dunia. Pameran ini akan dilaksanakan dengan tur global di sepanjang tahun 2024, hadir di berbagai negara seperti Korea, Polandia, India, Italia, Vietnam, Jepang, Spanyol, Prancis, Amerika Serikat dan negara besar lainnya. Kami menyambut hangat para penggemar dan pengguna MSI di seluruh dunia untuk turut serta dalam perayaan yang penuh sukacita ini. 

Di Indonesia sendiri, perayaan ini akan digelar pada 26-28 Juli 2024 mendatang berlokasi di Main Atrium, Mall of Indonesia (MOI), Kelapa Gading. Selain menghadirkan produk-produk terbaru dan teknologi inovatifnya, MSI juga mengundang masyarakat untuk menyelesaikan tantangan berhadiah di booth dan masuk ke dalam perjalanan kesuksesan MSI. Informasi lebih lengkap dapat mengunjungi media sosial MSI Gaming Indonesia

Untuk lebih memeriahkan Ulang Tahun ke-20 nya, MSI meluncurkan promosi penjualan eksklusif. Dapatkan potongan harga khusus dan bundel menarik untuk produk MSI favorit Anda. Jangan lewatkan kesempatan untuk memanfaatkan penawaran fantastis ini! Lihat penawaran spesialnya di sini: https://id.msi.com/Promotion/laptops-20th-anniversary 

Merayakan 20 tahun yang terus berlanjut. Pameran MSI Laptops 20th Year Anniversary kini memulai tur dunianya di sepanjang tahun 2024

Bangkitnya Laptop Gaming dan Rintangan yang Menghadang 

Didirikan pada tahun 1986, perjalanan MSI telah menjadi bukti kendalan dan kemampuan mereka yang kuat dalam beradaptasi. Dimulai dari motherboard dan kartu grafis, yang mereka buat dengan kecakapan teknis hingga mendapat pengakuan di industri. Dengan potensi besar yang datang dari industri komputer hingga mendorong mereka untuk berekspansi ke industri notebook dan sistem. Di tahun 2004, MSI meluncurkan laptop pertama mereka, M510C, yang menandai awal perjalanan mereka dalam pengembangan laptop.

Namun, jalannya tidak selalu mulus. Pada tahun 2009, MSI memprediksi bahwa laptop portabel dan ringan akan mendominasi pasar. Hal inilah yang menuntun keberhasilan mereka dalam mengembangkan laptop X340, laptop tertipis di pasaran saat itu. Namun, pesatnya kehadiran smartphone dan tablet secara dramatis mengubah kebiasaan konsumen, yang menghadirkan tantangan berat bagi MSI. Tetapi dengan pertahanan dan tekad kuat, MSI melakukan perubahan strategi yang menentukan masa depan perusahaan. 

Pada akhirnya, rintangan seringkali membawa peluang baru. Kesulitan ini mendorong MSI untuk memikirkan kembali apa yang sebenarnya diinginkan oleh konsumen. Eric mengingat bahwa di saat itu,

game World of Warcraft sangatlah populer. Saat mengunjungi LAN party di luar negeri, mereka melihat para gamer membawa PC berat ke acara tersebut. Yang benar-benar dibutuhkan oleh para gamer ini adalah komputer yang memiliki performa tinggi dengan bentuk yang lebih ringkas.

Menyadari potensi dari pasar game, MSI memutuskan untuk beralih dari yang sebelumnya hanya fokus pada persaingan harga menjadi fokus pada pengembangan laptop gaming bernilai tinggi untuk pengguna. Dengan memprioritaskan kebutuhan para gamer, MSI mulai menciptakan produk yang secara sempurna dapat memenuhi kebutuhan para gamer. Strategi ini berhasil membentuk kerajaan laptop MSI, karena pada tahun 2015, laptop gaming mereka telah mencapai pangsa pasar tertinggi di seluruh dunia. 

Derek Chen, Vice President of Global Business and Marketing di Unit Bisnis Laptop MSI, menekankan pentingnya memahami konsumen: “Anda harus mengenal kebutuhan para pemain untuk menciptakan produk yang sempurna.” 

Memperluas Lini Produk dan Merangkul Inovasi 

Derek Chen, selaku Vice President of Global Business and Marketing untuk Unit Bisnis Notebook MSI, turut berbagi pandangannya mengenai perjalanan MSI. Menurutnya, memasuki pasar gaming di area yang tidak dikenal merupakan tantangan besar bagi transformasi internal perusahaan. Mereka perlu meyakinkan karyawan bahwa “gaming adalah masa depan.”

Untuk mencapai tujuan ini, mereka mengadakan banyak kuliah dan sesi pelatihan untuk mendorong semua orang agar memahami atmosfer gaming dan tren di media sosial. Hal ini tentu sangat kontras terhadap penelitian dan pengembangan komputer yang dilakukan secara tradisional. Bahkan, para karyawan mulai melakukan siaran langsung dan berinteraksi dengan para pemain lainnya secara online. Proses pembelajaran ini sangat membantu para

karyawan untuk lebih memahami ranah pekerjaan mereka, yang pada akhirnya berdampak positif pada klien dan konsumen. Upaya ini pada akhirnya menanamkan merek MSI dengan kuat di benak semua orang. 

Pada saat merancang dan menciptakan sebuah produk, Derek menegaskan bahwa penelitian mendalam terhadap kebutuhan konsumen dan kelayakan pasar sangat penting untuk dilakukan sebelum meluncurkan produk. Tahap ini membutuhkan waktu yang berbeda, namun saat arah tujuan sudah jelas, MSI dengan berani langsung menangani seluruh proses produksi mulai dari konsep produk, desain software dan hardware, hingga produksi di pabrik mereka sendiri.

Melalui pendekatan terintegrasi ini membuat MSI dapat beradaptasi dengan cepat terhadap permintaan pasar. Mereka selalu mengedepankan perspektif konsumen, yang tidak dapat disangkal merupakan faktor kunci kesuksesan MSI. 

Kolaborasi yang Lahir dari Nilai Bersama: MSI dan Mercedes-AMG Motorsport 

Menurut Derek, salah satu pencapaian besar terbaru yang sangat disorot adalah kolaborasi MSI dengan Mercedes-AMG. Diskusi awal mengenai kolaborasi ini sebenarnya sudah dimulai dari sebelum pandemi. Kolaborasi ini terjalin karena adanya kesamaan nilai yang dijunjung tinggi oleh kedua belah pihak, dan baik MSI maupun Mercedes-AMG memiliki visi yang sama untuk menciptakan sesuatu yang istimewa.

Meskipun sempat tertunda, diskusi mengenai kolaborasi ini dilanjutkan kembali pada tahun 2022. Bagi Mercedes-AMG, MSI adalah mitra yang ideal. Reputasi MSI dalam mengejar teknologi inovatif dan performa ekstrem menjadi nilai jual yang tak terbantahkan. Hasil dari kolaborasi tersebut adalah laptop Stealth 16 Mercedes-AMG Motorsport A13V, sebuah laptop yang memadukan visi terbaik dari kedua perusahaan tersebut. Laptop ini menuai banyak pujian konsumen hingga meraih berbagai penghargaan. Pencapaian ini turut mempertegas pentingnya berpegang teguh pada nilai-nilai inti perusahaan. 

Salah satu pencapaian terbaru yang paling dibanggakan MSI adalah laptop edisi terbatas yang dibuat bersama Mercedes-AMG

Menanggapi permintaan gamer akan perangkat yang ringkas dan portabel, MSI baru saja meluncurkan PC handheld gaming terbaru mereka, yaitu MSI Claw. Derek percaya bahwa teknologi modern memungkinkan komponen berperforma tinggi untuk dipadatkan ke dalam bodi yang ramping dan nyaman digenggam. Hal tersebut membuat MSI dapat memanfaatkan pencapaian mereka di masa lalu dan kembali menarik perhatian para gamer. 

MSI baru saja meluncurkan perangkat gaming handheld yang dibekali dengan komponen berperforma tinggi yang memungkinkan para gamer untuk dapat bermain game dimana saja dan kapan saja.

Lebih dari Sekedar Laptop Gaming: Menuju Cakrawala Baru dengan Beragam Lini Produk 

Selama empat tahun berturut-turut, MSI telah meraih penghargaan sebagai merek laptop terbaik dalam polling “Reader’s Choice” yang diselenggarakan oleh media teknologi ternama PCMAG. Menggunguli Apple, MSI menunjukkan konsistensi dalam menghadirkan performa superior dan pemikiran visioner mereka selama dua dekade. MSI terus berfokus dalam menghadirkan performa tinggi dan semangat inovatif, menawarkan pengalaman premium bagi pengguna yang mementingkan kualitas. 

Lebih dari sekedar laptop gaming, MSI terus berekspansi ke ranah lain. Mereka menghadirkan seri Creator yang dirancang khusus untuk para kreator. Laptop ini memiliki performa tinggi dengan presisi dan kemampuan multitasking yang memungkinkan para kreator mewujudkan ide mereka kapanpun dan dimanapun. Selain itu, mereka juga menghadirkan seri Business and Productivity yang diciptakan bagi para pelaku profesional yang dilengkapi dengan performa gahar, portabilitas yang nyaman, dan keamanan data yang mumpuni. Dengan fitur yang luar biasa dan kemudahan integrasi dengan lingkungan perusahaan, laptop seri Business and Productivity menjadi pilihan ideal untuk para pebisnis dan pekerja kantoran. 

Nilai Utama MSI: Luxury aesthetics, Extreme performance, dan Innovative technology

Kesuksesan MSI selama 20 tahun tak lepas dari tiga nilai utama yang mereka pegang teguh: 

  • Luxurious Aesthetics: Bagi MSI, laptop bukan hanya sekedar perangkat komputasi. Mereka bertransformasi menjadi barang berkelas yang diidamkan oleh banyak orang. Kolaborasi dengan trendsetter ternama seperti Hiroshi Fujiwara dan Mercedes-AMG Motorsport menjadi bukti bagaimana laptop MSI tak hanya canggih, namun juga dapat tampil dengan mewah dan penuh gaya.
  • Extreme Performance: MSI tak pernah puas dalam menghadirkan performa tingkat atas. Mereka selalu menjawab kebutuhan para gamer dan pelaku profesional yang haus akan performa tinggi dengan produk yang menawarkan kekuatan tak tertandingi. 
  • Innovative Technology: MSI selalu merangkul teknologi mutakhir dalam produk-produknya. Mereka terus mendorong batasan tentang apa saja kemungkinan yang akan terjadi dalam dunia laptop. 

Lebih jauh mengenai kisah perjalanan MSI, silakan lihat video 20th Year Anniversary of MSI Laptops with Luxury Gaming Experience berikut ini:

Menghadapi Masa Depan yang Penuh Semangat dan Berkelanjutan 

Dedikasi MSI untuk para penggunanya tidak hanya berhenti di pengembangan produk. Mereka berkomitmen untuk selalu menerapkan praktik ramah lingkungan di seluruh operasionalnya hingga meminimalisir dampak terhadap lingkungan dan mendorong pembangunan berkelanjutan. Menatap ke masa depan, MSI bertekad untuk terus memperluas lini produknya guna memenuhi kebutuhan konsumen, berdasarkan pada inovasi dan keunggulan. 

Jangan lewatkan pengumuman produk baru dan penawaran spesial dari MSI sepanjang tahun ini. Dengan komitmen untuk terus melampaui batas, dua puluh tahun ini hanyalah awal dari perjalanan. MSI akan terus bekerja keras untuk menghadirkan produk-produk inovatif yang luar biasa dan membawa kemajuan teknologi selama beberapa dekade mendatang! 

▼Lihat promo eksklusif MSI Laptops 20th Year Anniversary: https://id.msi.com/Promotion/laptops-20th-anniversary