[REVIEW] ASUS Vivobook 14X (K3405Z): Laptop Ramping dengan Performa Tangguh untuk Produktivitas dan Hiburan

Futureloka

Loading

ASUS selalu memberikan lini produk yang lengkap untuk memenuhi berbagai kebutuhan konsumen di Indonesia. Bagi pengguna yang mencari laptop untuk produktivitas dengan kinerja mumpuni dan asyik untuk menikmati hiburan seperti main game, ASUS Vivobook 14X (K3405Z) adalah pilihan yang tepat.

ASUS Vivobook 14X (K3405Z) merupakan laptop yang ramping, ringkas, dan mudah dibawa ke mana saja. Bobotnya ringan, ideal untuk menemani keseharian pengguna dengan mobilitas tinggi seperti karyawan kantoran, pelajar, maupun mahasiswa.

Dirancang sebagai laptop berperforma tangguh, ASUS Vivobook 14X (K3405Z) cocok mendukung kebutuhan komputasi sehari-hari, editing konten foto dan video sederhana, hingga gaming dengan Ray Tracing!

Desain Stylish dan Portabel

Laptop modern wajib mengedepankan desain yang tidak hanya ramping, tapi juga stylish. ASUS Vivobook 14X (K3405Z) mengedepankan desain metallic lid yang sederhana nan elegan. Diajak bekerja di cafe, bertemu klien, atau untuk sekadar gaya saat nongkrong bersama teman bakal meningkatkan rasa percaya diri.

Logo ASUS di bagian belakang laptop ini memiliki desain yang menarik dengan finishing yang modern, memberikan sentuhan premium pada laptop dan membuatnya terlihat lebih menarik.

Sebagai laptop yang ramping dan ringan, ASUS Vivobook 14X (K3405Z) memiliki ketebalan hanya 1,89 cm dengan bobot 1,4 kilogram saja. Membuatnya tampil ringkas serta nyaman dibawa bepergian dengan cara dijinjing maupun dimasukkan ke dalam tas.

Sebagai brand yang memprioritaskan privasi pengguna, ASUS turut menyediakan Physical Webcam Shield agar mudah untuk menutup webcam secara instan saat sedang tidak dipakai. Ketika diperlukan, misalnya untuk konferensi video, pengguna tinggal membuka Physical Webcam Shield pada webcam 720p HD ini.

Beralih ke keyboard, laptop ini memiliki keyboard chiclet yang nyaman digunakan. Jarak antar tombol pas, dengan travel key yang cukup dalam. Bagi pengguna yang sering kerja hingga larut malam, keyboard ASUS Vivobook 14X (K3405Z) dilengkapi dengan LED Backlit, sehingga dapat mengetik dengan nyaman di ruangan yang gelap.

Tersedia pula touchpad yang luas dan responsif. Tentu sudah mendukung multi-gesture untuk navigasi yang lebih mudah. Pada bagian pojok atas dari touchpad, terdapat fingerprint sensor untuk keamanan yang lebih terjamin serta kepraktisan saat login. Pengguna dapat masuk ke Windows dengan cepat dan mudah hanya dengan sentuhan jari.

Produktivitas tinggi wajib didukung tubuh yang bugar. Untuk itu, ASUS Vivobook 14X (K3405Z) menggunakan lapisan ASUS Antibacterial Guard Technology, dengan kemampuan menghadang 99% bakteri jahat yang berpotensi mengganggu kesehatan. Teknologi ini mengandalkan coating khusus yang diaplikasikan pada hampir seluruh permukaan laptop yang sering disentuh, mulai dari keyboard, touchpad, sensor sidik jari, sampai area palm rest.

Agar memberi kemudahan dalam bekerja sehari-hari, ASUS menyematkan opsi konektivitas yang lengkap mulai dari 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C support power delivery, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x HDMI 2.1 TMDS, dan 1x 3.5mm Combo Audio Jack.

Layar dengan visual terbaik

ASUS Vivobook 14X (K3405Z) menawarkan layar dengan panel IPS-Level berukuran 14 inci. Sudut pandangnya luas, memungkinkan pengguna melihat konten dari berbagai sudut tanpa distorsi warna atau gambar. Hal ini sangat penting untuk pengguna yang sering bekerja dengan laptop dalam posisi yang berbeda, seperti di atas meja, di pangkuan, atau di tempat tidur.

Layar laptop ini sudah dibekali lapisan Anti-Glare, sehingga nyaman ketika dipakai bekerja pada kondisi pencahayaan yang terang seperti di cafe semi outdoor. Selain itu, layar ASUS Vivobook 14X (K3405Z) memiliki tingkat kecerahan hingga 300 nits, demi memberikan visual yang baik di mana saja.

Resolusi layarnya sudah WUXGA (1920 x 1200), dengan aspect ratio 16:10. Apapun konten yang sedang ditampilkan terlihat tajam. Warnanya pun sedap dipandang. Bagi pengguna yang sering berkolaborasi dengan orang lain, engselnya dapat diputar hingga 180 derajat.

Pada sektor audio, ASUS menyediakan teknologi ASUS AI Noise-Canceling Audio, untuk komunikasi yang lebih jelas saat terhubung secara online. ASUS Vivobook 14X (K3405Z) juga dibekali built-in speaker yang dioptimalkan melalui teknologi SonicMaster. Memastikan suara terdengar kuat dan jernih.

Performa Paling Tangguh di Kelasnya

ASUS Vivobook 14X (K3405Z) dipersenjatai prosesor Intel Core H-Series generasi ke-12, yang punya performa mumpuni untuk mendukung berbagai kebutuhan. Prosesor ini memiliki kinerja sekaliber desktop, sehingga segala keperluan komputasi harian seperti mengerjakan tugas, kreasi konten, streaming, editing foto dan video, hingga multitasking dapat dilakukan secara lancar.

Dengan opsi hingga Intel® Core™ i5-12500H yang memiliki 12-cores 16-threads, ASUS Vivobook 14X (K3405Z) juga dapat diandalkan untuk kebutuhan gaming. Ditambah lagi, laptop ini sudah menggunakan NVIDIA® GeForce® RTX™ 2050 Laptop GPU yang mendukung Ray Tracing.

Untuk penyimpanan data, SSD M.2 NVMe PCIe 3.0 berkapasitas 512 GB memiliki kecepatan baca dan tulis tinggi, agar pengguna dapat membuka serta mengakses file secara cepat tanpa jeda.

Main Spec. ASUS Vivobook 14X (K3405Z)
CPU Intel® Core™ i5-12500H Processor 2.5 GHz (18M Cache, up to 4.5 GHz, 12 cores: 4 P-cores and 8 E-cores)
Operating System Windows 11 Home
Memory 8GB DDR4
Storage 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD (replace for upgrade)
Display 14-inch IPS-Level, WUXGA (1920 x 1200) 16:10, 60Hz, 300nits, Anti-Glare
Graphics NVIDIA® GeForce® RTX™ 2050 Laptop GPU, 4GB GDDR6
Input/Output 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C support power delivery, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x DC-in
Connectivity Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3 Wireless Card
Camera 720p HD Camera
Audio AI noise-canceling technology, SonicMaster, Built-in speaker, Built-in array microphone
Battery 50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion, 90W AC Adapter
Dimension 31.71 x 22.25 x 1.89 ~ 1.89 cm
Weight 1.4 Kg
Colors Indie Black
Price Rp11.999.000
Warranty 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS Perfect Warranty

 

Komposisi hardware pada ASUS Vivobook 14X (K3405Z) menjamin kinerja yang handal untuk berbagai kebutuhan di era digital. Efisiensi dayanya pun sangat baik, memungkinkan pengguna bekerja seharian kapan saja dan di mana saja. Ditambah lagi, dalam paket penjualan sudah disertakan 90W AC Adapter.

Berikut adalah performa ASUS Vivobook 14X (K3405Z) yang diukur dengan beberapa software benchmark yang umum digunakan:

Dari sisi performa CPU, Intel® Core™ i5-12500H yang menjadi dapur pacu pada laptop ini menawarkan kinerja yang kuat untuk menjalankan aplikasi Office, multimedia, hingga kreasi konten seperti editing foto dan video. Sebagai laptop yang dirancang untuk produktivitas dan hiburan, Intel® Core™ i5-12500H bisa menjadi partner yang tepat bagi anak muda dengan mobilitas tinggi, maupun para pekerja profesional.

Sementara dalam hal grafis, keberadaan GPU NVIDIA® GeForce® RTX™ 2050 pada laptop ini memungkinkan pengguna menjalankan berbagai game kompetitif seperti Valorant, DOTA 2, APEX Legends, dan Counter Strike 2 secara mulus tanpa kendala. Nilai ekstranya, GPU ini telah mendukung teknologi Real-Time Ray Tracing.

SSD M.2 NVMe PCIe 3.0 pada ASUS Vivobook 14X (K3405Z) terbukti mampu memberikan kecepatan sequential read dan sequential write yang tinggi di kelasnya. Membuka aplikasi dan mengakses berbagai file yang tersimpan akan tersaji dengan sangat responsif.

Pengguna dengan mobilitas tinggi butuh perangkat dengan daya tahan baterai yang dapat diandalkan. Pengujian menggunakan PC Mark 10 dengan simulasi tes memutar video, tingkat kecerahan layar diatur pada 50%, dan terhubung ke internet melalui Wi-Fi, Vivobook 14X (K3405Z) dapat bertahan hingga 8 jam 22 menit.

ASUS Vivobook 14X (K3405Z) menawarkan rangkaian konektivitas nirkabel yang lengkap, seperti WiFi 6E (802.11ax) yang memungkinkan kecepatan internet tinggi untuk download dan upload. Sementara Bluetooth 5.3 memberikan kepraktisan untuk terhubung dengan perangkat lain secara stabil.

Laptop Ramping dengan Performa Tangguh

Dirancang dengan desain yang stylish, bodi yang ramping, serta bobot yang ringan, ASUS Vivobook 14X (K3405Z) menawarkan segala hal yang dibutuhkan masyarakat modern di era digital. Laptop ini merupakan perangkat yang tepat untuk mengerjakan tugas-tugas harian baik bagi mereka yang masih sekolah atau kuliah, maupun para profesional dan kreator konten.

ASUS Vivobook 14X (K3405Z) bisa dibeli di Indonesia dengan kisaran harga Rp11 jutaan, dimana sudah termasuk sistem operasi Windows 11 Home, Microsoft Office Home & Student, 2 tahun garansi global, dan 1 tahun ASUS Perfect Warranty.