[REVIEW] Galaxy Buds 3 Pro, Desain Baru dengan Fitur & Update Menarik

Futureloka

Loading

Galaxy buds 3 pro, seri flagship untuk TWS dari Samsung yang terbaru menghadirkan bahasa desain yang berbeda dengan seri sebelumnya. Bahkan bahasa desain ini sudah pasti beberapa orang yang menggunakan merk lain mengetahuinya. Kali ini mereka menghadirkan batang atau stem yang akan membedakan dengan seri – seri sebelumnya. Untuk case-nya sendiri juga berbeda dengan seri – seri sebelumnya sehingga bagi kalian yang sudah terbiasa dengan case third party atau original case Samsung untuk buds live, pro, pro2 sudah pasti tidak akan bisa menggunakannya lagi.

  

Untuk batangnya sendiri untuk kanan dan kiri Samsung memberikan sebuah garis tegas berwarna biru untuk kiri dan orange untuk kanan sehingga kalian para pengguna bisa lebih mudah memasang atau menaruh kembali ke case-nya. Berbeda dengan seri sebelumnya yang menggunakan gesture tekan kali ini pengguna harus melakukan pinch atau cubit untuk memainkan, menyetop atau mempercepat atau mengulang lagu yang dimainkan di playlist kalian. Ini akan membutuhkan adaptasi baru dalam penggunaannya. Disini untuk mengecilkan dan memperbesar suara, pengguna harus melakukan swipe atau usap keatas atau kebawah batang tersebut. Samsung juga memberikan lampu pada TWS ini, selain untuk estetika, lampu ini akan menjadi indicator ketika buds kalian terselip karena selain suara, lampu buds ini juga akan menyala.

Samsung kali ini menghadirkan dual driver dengan enchanced two-way speaker dimana Samsung juga menghadirkan 2 amplifier yang mendukung 24-bit/96kHz Samsung Seamleass Codecs (SSC) sehingga menghasilkan kualitas audio yang bagus. Samsung juga menyematkan IP57 rating kedalam perangkat ini sehingga masih aman ketika tidak sengaja terkena air.

Seperti sebelumnya pengguna juga bisa menggunakan equalizer yang sudah tersedia atau mengkustomisasi sendiri. Untuk fitur Actice Noice Canceling (ANC) ini mengalami peningkatan dibanding seri sebelumnya dimana peredaman menjadi lebih baik tetapi ANC, bahkan ketika di KRL suara sekitar masih dapat teredam tetapi belum sepenuhnya. Begitu juga dengan ambient atau transparansi sound-nya, dimana suara sekitar menjadi lebih jelas.

Untuk ketahanan baterai sendiri Galaxy buds 3 pro ini terbilang awet karena untuk penggunaan ANC bisa sampai 6 jam. Untuk speakernya Galaxy buds 3 pro mampu meredam suara sekitar ketika melakukan panggilan telpon atau zoom sehingga lawan bicara bisa mendengarkan suara kita dengan baik bahkan ketika di sekitar kita terdapat suara latar yang cukup ramai. Tetapi akan berbeda ketika menggunakannya untuk perekaman, Galaxy buds 3 pro akan mendeteksi suara keramaian sekitar.

Untuk software-nya sendiri pengguna bisa mengunduh melalui google store dengan nama galaxy wearable dan bisa digunakan untuk semua smartphone android tetapi apabila tidak menggunakan device Samsung tentu akan ada fitur yang dikurangi seperti tidak ada mode gaming yang bisa mengurangi latency ketika bermain, codec yang hanya terbatas pada AAC dan tidak bisa menggukan frekuensi hingga 96kHz.

Software ini juga mendukung perintah suara apabila pengguna ingin play, pause, next song atau bahkan menerima dan menolak panggilan telpon dan saat ini perintah suara baru tersedia dalam Bahasa Inggris dan Korea.

Perangkat ini dijual dengan harga IDR 3,299,000 menurut kami dengan harga sekian memang cukup tinggi tetapi setara dengan kualitas yang ditawarkan.