FRISIAN FLAG® Dorong Peningkatan Literasi Gizi Seimbang Melalui #KalkulatorFrisianFlag Frisianflag.com

Futureloka

Loading

Memperingati Hari Gizi Nasional tahun ini, Frisian Flag Indonesia (FFI) mengafirmasi komitmennya untuk berkontribusi dalam pemenuhan gizi keluarga dan membantu mengatasi permasalahan gizi di Indonesia. Sejalan dengan tema Hari Gizi Nasional mengenai pentingnya protein hewani, FFI terus menghadirkan produk-produk susu yang kaya protein hewani dan terjangkau untuk pemenuhan asupan gizi seimbang.

FFI juga menandai Hari Gizi tahun ini dengan inisiatif peluncuran #KalkulatorFrisianFlag yaitu fitur kesehatan baru di situs Frisianflag.com, yang ditujukan untuk mengedukasi masyarakat mengenai gizi seimbang untuk keluarga, sekaligus sebagai platform yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk mengkalkulasikan asupan gizi seimbang setiap hari. Fitur ini bisa digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat secara gratis. Melalui fitur ini FFI menawarkan solusi bagi keluarga Indonesia untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai inspirasi gaya hidup, tips dan gizi keluarga, demi mendorong terciptanya keluarga Indonesia yang Sehat, Sejahtera dan Selaras, sesuai dengan 3 pilar fokus utama Frisian Flag Indonesia.

Indonesia saat ini masih dihadapkan dengan berbagai permasalahan gizi. Terutama ketidakseimbangan asupan gizi, yang meliputi kekurangan gizi dan gizi lebih yang dapat menyebabkan obesitas. Berdasarkan laporan nasional Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, prevalensi obesitas pada orang Indonesia usia 18 tahun ke atas sebesar 21,8%. Pemerintah menetapkan target prevalensi obesitas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, tetap 21,8% untuk mempertahankan supaya prevalensi obesitas tidak naik.

Melihat masalah ini, FFI sebagai perusahaan yang mengusung visi ‘Nourishing Indonesia to Progress’, berkomitmen untuk dapat berkontribusi dalam pemenuhan gizi keluarga Indonesia melalui produk susu yang kaya protein hewani, turut berpartisipasi untuk meningkatkan literasi gizi keluarga Indonesia dan mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan bersama-sama meningkatkan asupan gizi yang seimbang dan mengonsumsi susu sebagai sumber gizi yang terjangkau.

Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro, mengatakan, “Dengan visi ‘Nourishing Indonesia to Progress’, FFI berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam pemenuhan gizi keluarga untuk mengatasi permasalahan gizi di Indonesia dengan menghadirkan produk-produk susu yang kaya protein hewani dan terjangkau. Peringatan Hari Gizi Nasional tahun ini menjadi momentum yang penting dalam upaya kita bersama untuk meningkatkan literasi dan kecukupan gizi masyarakat, di mana FFI meluncurkan fitur Kesehatan baru yaitu #KalkulatorFrisianFlag  di situs Frisianflag.com. Kami mengapresiasi dukungan pakar gizi dalam pengembangan fitur ini sehingga akan meningkatkan kepercayaan keluarga Indonesia untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai gizi dan gaya hidup sehat yang bermanfaat bagi keluarga dan bersama kita bisa bentuk Indonesia yang Sehat, Sejahtera dan Selaras”

Fitur baru di situs Frisianflag.com  dirancang bersama dengan pakar gizi. Terdapat dua fitur terbaru, yaitu kalkulator Indeks Massa Tubuh (IMT), yang diberi nama #KalkulatorFrisianFlag Massa Tubuh, di mana pengguna bisa menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT) mereka dengan memasukkan sejumlah informasi mengenai usia, berat badan, tinggi badan dan gaya hidup. Setelah itu sistem akan menghitung dan menampilkan hasil IMT, total energi yang dibutuhkan, batas normal IMT yang ideal, dan berapa banyak berat badan yang harus dikurangi atau ditambahkan.

Fitur lainnya adalah kalkulator gizi, yang diberi nama #KalkulatorFrisianFlag Gizi Harian, di mana pengguna dapat menghitung total kalori makanan yang mereka konsumsi pada hari tersebut dengan memasukkan foto makanan saat sarapan pagi, makan siang, makan malam dan camilan. Setelah itu sistem akan menghitung total kalori, lemak, protein dan karbohidrat dari makanan yang telah dikonsumsi , sistem juga akan memberikan rekomendasi berapa asupan kalori yang dibutuhkan.
Pada situs Frisianflag.com ini pengguna juga akan mendapatkan rekomendasi menu untuk memenuhi kebutuhan gizi harian.

Peluncuran fitur terbaru dan peringatan Hari Gizi Nasional 2023 pada hari ini juga ditandai dengan talkshow bertema: “Peranan Gizi Seimbang dan Protein Hewani untuk Jaga Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh”, dengan pembicara Dr. Marudut Sitompul, MPS, Ahli Gizi, Imam Wibawa Bratakusuma, Digital & Marketing Technology Frisian Flag Indonesia; dan Adellia Izza, Healthy Food Content Creator.

Digital & Marketing Technology Frisian Flag Indonesia, Imam Wibawa Bratakusuma mengatakan, “Masalah gizi ini menjadi indikator pembangunan kesehatan bangsa yang berpengaruh terhadap kualitas generasi penerus. Sebagai wujud komitmen untuk mewujudkan program pemerintah untuk mewujudkan generasi masa depan yang unggul, Frisian Flag Indonesia konsisten melakukan berbagai upaya peningkatan literasi mengenai pentingnya gizi yang seimbang dan  edukasi manfaat kebaikan susu, sebagai salah satu sumber protein hewani yang penting bagi tubuh. Fitur kesehatan terbaru di situs Frisianflag.com hadir sebagai solusi yang kami tawarkan untuk meningkatkan literasi mengenai gizi dan pentingnya menerapkan pola hidup sehat dan aktif di lingkup keluarga sejak dini.”

Ahli gizi Dr. Marudut Sitompul, MPS. menyambut positif peluncuran fitur #KalkulatorFrisianFlag di situs Frisianflag.com ini untuk meningkatkan literasi masyarakat dan keluarga di Indonesia akan pentingnya asupan gizi seimbang dan susu sebagai salah satu sumber protein hewani yang kaya gizi dan terjangkau. Salah satu zat gizi yang penting untuk dipenuhi dalam makanan bergizi seimbang adalah protein dan protein hewani memiliki asam amino esensial yang lebih lengkap baik jumlah maupun jenisnya untuk mengoptimalkan pertumbuhan. Salah satu pangan sumber protein hewani dengan kualitas protein yang tinggi adalah susu. Selain kaya akan zat gizi, temuan dari berbagai penelitian yang dipublikasi di dalam jurnal internasional bereputasi, bahwa mengkonsumsi susu secara rutin juga dapat menjaga berat badan yang ideal dengan mengikuti pola hidup gizi seimbang.  “Saya mendukung diluncurkannya fitur #KalkulatorFrisianFlag di situs Frisianflag.com ini, sebagai solusi yang dibutuhkan oleh masyarakat dan keluarga di Indonesia untuk mendapatkan informasi yang lengkap mengenai gizi dan mendorong upaya kita bersama memerangi permasalahan gizi dan meningkatkan status kesehatan keluarga  Indonesia,” kata Dr. Marudut.

Healthy Food Content Creator, Adellia Izza, mengatakan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang dan cukup merupakan salah satu upaya untuk mempertahankan daya tahan tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari kemungkinan tertular atau terjangkit penyakit. “Pola hidup sehat bisa dimulai dengan menu sarapan pagi dengan gizi yang seimbang setiap harinya untuk memulai hari yang baik. Pemenuhan gizi yang baik serta rutin minum susu setiap hari, terutama saat sarapan, dapat menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk mengawali hari yang aktif. Susu adalah sumber protein hewani yang tidak hanya kaya akan zat gizi yang dibutuhkan tapi juga terjangkau oleh keluarga Indonesia,” tutur Adellia. “Saya mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Frisian Flag Indonesia dengan diluncurkan fitur #KalkultorFrisianFlag di situs Frisianflag.com, semoga upaya ini dapat membantu percepatan literasi gizi kepada keluarga Indonesia.