(1) oppo f1s vivo v3 3

Perbandingan Bagus Mana HP Oppo F1S VS Vivo V3

Kamera pada smartphone bisa dibilang menjadi incaran oleh para penggila selfie terutama kaum wanita. Selain kamera biasanya audio juga banyak dicari untuk keperluan menonton film di smartphone dan juga mendengarkan musik. Tim Futureloka melihat kedua masalah tersebut dan mencoba untuk membandingkan kedua smartphone besutan Oppo dan juga besutan Vivo yang memiliki keunggulan masing-masing.

Oppo F1s dan juga Vivo V3 adalah kedua smartphone yang akan dibahas oleh tim Futureloka kali ini. Oppo yang memang memiliki kelebihan dari kamera kali ini akan diadu dengan Vivo yang ternyata memiliki kelebihan tersembunyi. Pastinya kalian penasaran dengan kelebihan yang bisa dibilang cukup menarik untuk dibandingkan dengan Oppo F1s.

Oppo F1s dan juga Vivo V3 bisa dibilang memiliki rentang harga yang tidak begitu jauh namun memiliki spesifikasi yang cukup signifikan dalam segi kamera. Untuk menambah referensi kalian mengenai kedua smartphone ini tim Futureloka telah merangkum perbandingannya secara detail. Daripada penasaran, yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Perbandingan Spesifikasi HP Oppo F1S VS Vivo V3

(1) oppo f1s vivo v3 1

Oppo F1s

Vivo V3

Diumumkan : Juni 2016 Diumumkan :  April 2016

JARINGAN

Jaringan GPRS, EDGE, 3G, 4G

HSDPA: 42.2 mbps & HSUPA: 5.76 mbps

LTE Cat 6 300/50 Mbps

Dual SIM , Nano SIM

Dedicated slot

Jaringan GPRS, EDGE, 3G, 4G

HSDPA: 42.2 mbps & HSUPA :5.76 mbps

LTE Cat 4 150/50 mbps

Dual SIM, Micro SIM

Dedicated slot

DIMENSI

Dimensi : 154.5 x 76 x 7.4 mm

Berat : 160 gram

Bahan : All Metal

LED Notifikasi : Ada

Dimensi : 143.5 x 71 x 7.5 mm

Berat : 138 gram

Bahan : All Metal

LED Notifikasi : Ada

LAYAR

Layar  IPS LCD capative

Lebar 5.5 inchi

Resolusi : 720 x 1020 pixels

Kerapatan : ~267 ppi

Gorilla Glass 4

Layar IPS LCD Capacitive

Lebar 5.0 inchi

Resolusi : 720 x 1280 pixels

Kerapatan : ~294 ppi

Scratch Resistant

SOFTWARE & HARDWARE

OS Android v5.1 Lollipop

Chipset : MediTek MT6750

CPU : Octa Core 1.5 GHz

GPU : Mali-T860MP2

RAM : 3 GB

OS Android v5.1 Lollipop

Chipset : Snapdragon 616

CPU : Quad-core 1,5 GHz & Quad-core 1.0 GHz

GPU : Adreno 405

RAM : 3 GB

KAMERA

Kamera belakang 13 MP

Phase detection autofocus

LED flash

Perekam Video [email protected]

Kamera Depan 16 MP

Screen Flash

Kamera Belakang 13 MP

Phase Detaction Autofokus

LED Flash

Perekam Video [email protected]

Kamera Depan 8 MP

MEMORI

Memori Internal 32 GB

Micro SD up to 256 GB

Memori Internal 16 GB

Micro SD up to 128 GB

KONEKTIVITAS

WiFi 802.11 a/b/g/n

WiFi Direct

Hotspot

GPS – A GPS Support

Bluetooth v 4.1 A2DP

FM radio

Micro USB v2.0

USB OTG

WiFi 802.11 b/g/n

WiFi Direct

Hotspot

GPS – A GPS Support

Bluetooth v 4.0 A2DP

Radio FM

Micro USB v 2.0

USB OTG

SENSOR

Fingerprint

Accelerometer

Proximity

Compass

Ambient Light

Gyroscope

Fingger Print

Accelerometer

Proximity

Ambient Light

Compass

Gyroscope

BATERAI

Baterai Li-Ion 3075 mAh

Non-Removable

Baterai Li-Po 2250 mAh

Non-Removable

Kedua HP ini dikeluarkan masing-masing perusahaannya pada tahun 2016. Ditanami banyak spesifikasi yang akan memuaskan konsumen, Oppo F1S dilaunching pada Juni 2016, sedangkan 2 bulan sebelumnya Vivo V3 lebih dulu dilaunching oleh perusahaan Vivo.

Berat dan Desain Oppo F1S dan Vivo V3

Bagus mana? Oppo F1S, Karena Oppo F1S memiliki desain yang elegan dan juga berat yang cukup ringan dibanding Vivo V3.

HP yang diharapkan memuaskan konsumen ini didesain dengan sangat stylish serta elegan. Oppo F1S memiliki dimensi 154.5 x 76 x 7.4 mm dengan berat 160 gram. Bahan yang digunakan untuk body Oppo F1S adalah full metal. Oppo F1S ini juga dilengkapi dengan lampu LED notifikasi.

Vivo V3 juga didesain tidak kalah stylish dan elegan. Vivo V3 memiliki dimensi 143.5 x 71 x 7.5 mm dengan berat 138 gram. HP ini bisa dibilang lebih ringan dibanding Oppo F1S. Bahan yang digunakan untuk membentuk HP ini juga dibuat dari full metal. Sama seperti Oppo F1S, Vivo V3 juga dilengkapi dengan lampu LED notifikasi.

Layar Oppo F1S dan Vivo V3

Bagus mana? Oppo F1S, Karena layar Oppo F1S memiliki ukuran yang lebih besar dan juga tampilan yang jernih.

Memiliki beberapa perbedaan pada layar yang dimiliki kedua HP keluaran 2016 ini. Sebelumnya, kita sebutkan beberapa persamaan yang dimiliki keduanya. Keduanya mengusung teknologi layar IPS LCD Capacitive serta sudah memiliki resolusi hingga HD atau High Definition. Dengan resolusi 720 x 1280 pixels, kedua HP ini menciptakan kenyamanan pandangan dalam menonton film atau sekadar bermain games.

Kemudian, perbedaan pada spesifikasi layar kedua HP ini adalah lebar layar yang dimilikinya. Oppo F1S kini lebih unggul karena memiliki layar lebih lebar yakni 5,5 inch. Sedangkan, Vivo V3 hanya memiliki layar dengan lebar 5,0 inch. Kerapatan pixels yang dimiliki keduanya juga berbeda. Vivo V3 dengan layar lebih kecil memiliki kerapatan yang lebih besar daripada Oppo F1S.

Perbedaan terakhir terletak pada pelindung layar masing-masing kedua HP ini. Lagi-lagi, Oppo F1S lebih unggul karena dilengkapi dengan Gorilla Glass 4 yang tahan banting dan benturan. Berbeda sedikit, Vivo V3 hanya dilengkapi dengan Scratch Resistant produksi perusahaannya sendiri.

CPU dan GPU Oppo F1S dan Vivo V3

Bagus mana? Oppo F1S, Karena RAM yang terdapat dalam Oppo F1S sudah 3GB dan juga GPU Mali-T860MP2.

Dari segi jeroan atau dapur pacu. Oppo F1S dan Vivo V3 memiliki spesifikasi dapur pacunya sendiri-sendiri. Oppo F1S mengusung sistem operasi Android v5.1 Lollipop, Chipset MediTek MT6750, CPU Octa Core 1.5 GHz, GPU Mali-T860MP2, dan RAM 3 GB. Sedangkan, Vivo V3 mengusung sistem operasi Android v5.1 Lollipop, Chipset Snapdragon 616, CPU Quad-core 1,5 GHz & Quad-core 1.0 GHz, GPU Adreno 405, dan RAM 3 GB.

Kapasitas yang dimiliki kedua HP ini juga berbeda. Kali ini, Oppo F1S lagi-lagi lebih unggul karena memiliki kapasitas yang cukup luas. Oppo F1S memiliki Memori Internal 32 GB dan kompitabel untuk Micro SD up to 256 GB. Sedangkan, Vivo V3 memiliki Memori Internal 16 GB, dan kompitabel untuk Micro SD up to 128 GB.

Konektivitas Oppo F1S dan Vivo V3

Bagus mana? Seri, Untuk konektivitas kedua smartphone ini memiliki jaringan yang sama-sama 4G.

Untuk spesifikasi konektivitas, keduanya tidak auh berbeda. Spesifikasi konektivitas Oppo F1S adalah WiFi 802.11 a/b/g/n, WiFi Direct, Hotspot, GPS – A GPS Support, Bluetooth v 4.1 A2DP, FM radio, Micro USB v2.0, dan USB OTG. Sedangkan, spesifikasi konektivitas yang dimiliki Vivo V3 adalah WiFi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, Hotspot, GPS – A GPS Support, Bluetooth v 4.0 A2DP, Radio FM, Micro USB v 2.0, dan USB OTG.

Nah, kali ini, untuk spesifikasi sensor yang dimiliki kedua HP dengan layar IPS LCD Capacitive ini sama persis. Keduanya dilengkapi dengan sensor Fingerprint, Accelerometer, Proximity, Compass, Ambient Light, dan Gyroscope. Dengan sensor fingerprint kamu bisa mengunci HP dengan sidik jari kamu saja. Serta dengan adanya sensor gyroscope, kedua HP ini sudah kompetibel untuk bermain permainan yang menggunakan Virtual Reality (VR).

Kualitas Sound Oppo F1S dan Vivo V3

Bagus mana? Vivo V3, Karena Vivo V3 memiliki teknologi Audio Hi-Fi yang canggih dari headset bawaannya.

Oppo bisa dibilang melupakan satu hal yang penting ini dan Vivo dapat memanfaatkan dengan baik yaitu Sound. Vivo V3 menggunakan Audio Hi-fi yang memberikan pengalaman terbaik saat mendengarkan lagu atau menonton film menggunakan headset bawaannya. Sayangnya Oppo F1S tidak memanfaatkan hal ini dan tidak menonjolkan sisi kualitas Sound-nya.

Perbandingan Hasil Kamera Oppo F1S VS Vivo V3

Bagus mana? Oppo F1S, Karena kamera depannya terlihat lebih jernih dengan kekuatan 16 MP.

(1) oppo f1s vivo v3 2

Oppo F1s Vivo V3
KAMERA
Kamera belakang 13 MP

Phase detection autofocus

LED flash

Perekam Video [email protected]

Kamera Depan 16 MP

Screen Flash

Kamera Belakang 13 MP

Phase Detaction Autofokus

LED Flash

Perekam Video [email protected]

Kamera Depan 8 MP

Oppo F1S dan Vivo V3 ini merupakan HP yang sama-sama mengunggulkan kameranya. Jelas saja, Oppo F1S dan Vivo V3 sama-sama mengusung kamera utama dengan ukuran 13 MP yang akan menghasilkan foto yang cukup kece! Selain itu, keduanya juga dilengkapi dengan fitur Phase detection autofocus untuk memfokuskan objek saat dibidik.

Jangan khawatir juga dengan keadaan foto bila di tempat yang kurang pencahayaannya. Kedua HP ini dilengkapi dengan LED Flash yang akan memberikan cahaya yang terang benderang loh! Selain itu, bukan hanya foto, kualitas video yang dihasilkan kedua HP ini juga tak kalah canggih. Kedua HP ini akan menghasilkan video dengan ukuran [email protected], Kamu bisa mengedit-edit video yang dihasilkan dengan slowmotion tanpa merusak kualitas video.

Nah, di sini yang membedakan spesifikasi kamera pada kedua HP ini. Oppo F1S lagi-lagi lebih unggul loh karena memiliki kamera dengan sebesar 16 MP yang juga dilengkapi dengan screen flash. Berbeda jauh dengan Oppo F1S, Vivo V3 hanya mengusung kamera depan dengan ukuran 8 MP tanpa dilengkapi fitur lain. Wah, sayang sekali ya belum bisa selfie di tempat yang gelap.

Perbandingan Dari Segi Harga Oppo F1S VS Vivo V3 di Indonesia

Bagus mana? Seri, tergantung budget yang kalian miliki.

Oppo F1S Vivo V3
Rp. 3,5 Jutaan Rp. 2,8 Jutaan

Harga memang tidak pernah mengkhianati. Oppo F1S dibanrol dengan harga yng lebih mahal karena memiliki beberapa spesifikasi yang lebih unggul daripada Vivo V3. Namun, dengan selisih harga hingga 700 ribuan Rupiah ini, Vivo V3 dirasa juga cukup baik untuk kamu yang hanya memiliki budget minim.

Perbandingan dari Segi Baterai Oppo F1S VS Vivo V3

Bagus mana? Oppo F1S, Karena kapasitas baterai lebih besar dan pastinya daya tahannya lebih lama.

(1) oppo f1s vivo v3

Oppo F1s Vivo V3
BATERAI
Baterai Li-Ion 3075 mAh

Non-Removable

Baterai Li-Po 2250 mAh

Non-Removable

Untuk segi baterai, lagi dan lagi, Oppo F1S jauh lebih unggul karena miliki baterai dengan kapasitas yang lebih besar. Oppo F1S memiliki kapasitas sebesar 3075 mAh, sedangkan, Vivo V3 hanya memiliki baterai dengan kapasitas 2250 mAh. Oppo F1S dirasa akan lebih tahan lama dan awet daripada Vivo V3. Namun, keduanya memiliki spesifikasi jenis baterai yang sama yakni non-removable yang artinya baterai tersebut tidak dapat dilepas dari body HP-nya.

Kesimpulan Oppo F1S VS Vivo V3

Nah, overall, kali ini, Oppo F1S lebih unggul karena memiliki spesifikasi yang lebih baik ketimbang Vivo V3. Dengan harga yang tidak jauh berbeda atau selisih 700 ribuan Rupiah, Oppo F1S akan lebih memuaskanmu karena memang lebih unggul daripada Vivo V3.

Itulah ulasan mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Oppo F1S VS Vivo V3 Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia kali ini. Terima kasih telah mengunjungi laman Futureloka. Semoga bermanfaat ya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here