POCO bisa dikatakan selalu menghadirkan inovasi yang selalu menembus batas, bahkan cukup tidak masuk akal dengan menghadirkan beberapa gadget dengan harga yang sangat murah namun hadir dengan spesifikasi tinggi dan juga kualitas yang sangat bagus. Salah satunya adalah smartphone POCO F3 yang hadir dengan Snapdragon 870 dan siap untuk melibas game apapun dengan mudah.

Nah, pada kesempatan kali ini tim Futureloka akan membahas dan mengulas secara lengkap tentang smartphone POCO F3 yang pastinya wajib disimak untuk kalian yang sedang mengincar smartphone yang satu ini. Yuk langsung saja kita simak lebih lengkapnya.

Desain POCO F3

Kita bahas Review Poco F3 mulai dari desain terlebih dahulu. Untuk wujud, Poco F3 sendiri tidak akan tampak mencolok sebagai sebuah ponsel yang punya performa layaknya HP Gaming murah terbaik di tahun 2021. Sekilas, penulis melihat desain Poco F3 seperti replika dari desain Mi 11. Hal itu akan sangat terasa jika melihat ukuran fisik sensor kamera Poco F3 yang punya ukuran besar dan sangat mencolok.

Namun untuk masalah desain frame kameranya, hanya tampak mirip sekilas saja kok, karena jika kita perhatikan lagi akan tampak perbedaannya. Selain itu, Mi 11 dan Poco F3 memiliki spesifikasi yang jauh berbeda untuk resolusi kamera belakangnya.

Bagian bodi belakang Poco F3 termasuk yang rentan meninggalkan bekas ceplakan tangan karena terbuat dari material kaca. Maka untuk menghindari hal tersebut, selalu gunakan yang namanya Softcase. Kita diberikan gratis kok satu softcase elastis dalam Box produknya.

Kamera POCO F3

Jika dibandingkan dengan Poco F2 Pro, sektor fotografi Poco F3 malah justru mengalami penurunan. Smartphone 5G paling powerful di kelasnya ini dibekali degan tiga buah kamera belakang. Kamera utama Poco F3 berkekuatan 48 megapiksel yang menggunakan sensor Sony IMX582 berukuran 1/2 inci 0.8um piksel ditandemkan lensa aperture f/1.8, LED flash, dan tentu saja fitur phase-detection autofocus. Sayangnya, kamera utamanya tak dibekali fitur OIS (Optical Image Stabilization).

Sensor Sony IMX582 yang digunakan oleh Poco F3 ini memang termasuk tua dan sebelumnya pernah digunakan di smartphone Xiaomi Mi 9T yang pernah diulas Futureloka. Sony IMX582 mengusung teknologi quad bayer yang menggabungkan empat buah piksel menjadi satu buah piksel berukuran besar guna meningkatkan kualitas hasil jepretannya. Tak heran, secara default Poco F3 ini menghasilkan foto resolusi 12 megapiksel berkat fitur quad bayer teresebut.

Sedangkan kamera kedua Poco F3 berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor Sony IMX355 1/4 inci 1.12um piksel didukung lensa ultra-wide 13mm aperture f/2.2 yang mampu menghasilkan foto ultra-wide dengan FoV 119 derajat. Sedangkan kamera ketiga berkekuatan 5 megapiksel dengan sensor Samsung ISOCELL S5K5E9 berukuran 1/5 inci 1.12um piksel ditandemkan lensa 50mm f/2.4 berfungsi sebagai dedicated macro camera yang diperkuat fitur autofokus.

Performa dan Benchmark POCO F3

Sekarang kita masuk ke bagian mengapa Poco F3 berani menggunakan kata Flagship Killer Reborn pada situs resminya. Bahkan membuatnya juga menjadi salah satu HP Gaming murah terbaik di tahun 2021 untuk saat ini, per bulan Juni. Varian paling rendahnya adalah RAM 6 GB dengan ROM 128 GB. Sementara untuk unit yang Futureloka punya adalah varian 8 GB RAM dengan 256 GB untuk Storage ROM.

Salah satu yang membuat Poco F3 ini benar-benar layak menjadi Flagship Killer adalah kemampuannya yang sanggup untuk kita gunakan bermain Genshin Impact pada preset Highest dengan cukup lancar pada 60 fps. Katakanlah kita mendapatkan ponsel dengan mesin sekuat mungkin namun dengan harga yang paling murah. Selain itu, Poco F3 juga udah support 5G dan juga memiliki WiFi 6 sehingga membuatnya bisa melakukan penarikan koneksi internet wireless dengan begitu kencang dari Review Poco F3 kita.

Gaming Test POCO F3

Untuk hasil yang bisa kita berikan dari pengujian performa Poco F3, sederhananya kita bisa lancar bermain game-game kompetitif jaman sekarang di preset rata kanan. Game-game itu meliputi Mobile Legend di preset Ultra, COD Mobile dan bikin PUBG Mobile yang sudah sangat lancar pada preset HDR Extrem dengan 60 fps.

Lalu untuk salah satu game terberat lainnya yakni Genshin Impact, kita bisa lumayan lancar bermain pada preset tertinggi dengan 60 fps. Lumayan mulus ya, bukan lancar banget dan stabil konsisten pada 60 fps. Genshin Impact memang menjadi salah satu game paling berat karena pada saat kondisi battle, ada saja terjadi yang namanya frame drop.

Untuk memberikan kejelasan tentang performa yang ada pada Poco F3, ponsel ini bahkan berada pada posisi nomor 24 pada daftar HP dengan skor AnTuTu 9 tertinggi di dunia untuk ekosistem Android. Dengan harga 5 Juta loh, namun performa yang Poco F3 tawarkan tentu membuat banyak orang merasa puas dan bersemangat.

Harga Resmi dari POCO F3

Sekarang tiba pada bagian harga resmi dari POCO F3. Seperti yang sudah tim Futureloka sebut beberapa kali pada poin sebelumnya, harga yang hadir adalah 5 jutaan, namun masih belum disebut harga pastinya. Terdapat dua varian yang dijual di Indonesia, yaitu RAM 6 GB dengan ROM 128 GB dan 8 GB RAM dengan 256 GB. Tentunya kalian bisa memilih sesuai dengan budget yang kalian miliki.

Kesimpulan Review POCO F3

Kesimpulan dari Review POCO F3 ini adalah kalian bisa mendapatkan smartphone yang powerful serta flagship namun tidak harus merogoh kocek yang dalam alias sangat terjangkau. Dari sisi desain sangat menarik dan elegan, dari sisi kamera pun bagus, serta dari sisi performa tidak usah ditanya lagi dengan kemampuan Snapdragon 870 yang bisa kalian adu dengan smartphone lainnya. Tentunya tim Futureloka merekomendasikan POCO F3 sebagai smartphone pilihan kalian.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here