Samsung menghadirkan cukup banyak produk mulai dari harga sejutaan sampai dengan harga belasan juta Rupiah. Pengguna Samsung juga membeli smartphone sesuai dengan kebutuhan pribadi, baik untuk yang bekerja di bilang profesional, hingga yang menggunakan hanya untuk melakukan sekolah online di rumah karena efek pandemi. Salah satu produk unggulan dengan kisaran harga sejutaan adalah Samsung Galaxy A03 Core.

Nah, pada kesempatan kali ini tim Futureloka akan membahas dan mengulas Samsung Galaxy A03 Core yang menjadi sebuah smartphone murah dan cocok untuk anak-anak yang melakukan pembelajaran jarak jauh atau school from home. Tidak perlu berlama-lama lagi langsung saja kita simak pada artikel di bawah ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A03 Core

Acuan seseorang sebelum membeli smartphone adalah melihat spesifikasi dari smartphone itu sendiri. Samsung Galaxy A03 Core bisa dibilang memiliki spesifikasi yang cukup untuk kisaran smartphone dengan harga sejutaan Rupiah. Sayangnya tidak bisa dibilang cukup bagus untuk kamera dan disematkan USB Type B untuk pengisian dayanya yang pada tahun ini sudah banyak USB Type C untuk metode pengisian daya. Berikut ada spesifikasi lengkap Samsung Galaxy A03 Core.

SPESIFIKASI SAMSUNG GALAXY A03 CORE 
Rilis Desember 2021
Network 2G, 3G, 4G
OS Android 11 (Go edition)
Chipset Unisoc SC9863A (28nm)
CPU Octa-core (4×1.6 GHz Cortex-A55 & 4×1.2 GHz Cortex-A55)
GPU IMG8322
RAM 2 GB
Memori 32 GB
Dimensi 164.2 x 75.9 x 9.1 mm (6.46 x 2.99 x 0.36 in), 211 gram
Layar PLS TFT, 6.5 inci, rasio piksel 720 x 1600, aspek rasio 20:9
Kamera Utama 8 MP
Kamera Depan 5 MP
Baterai Li-Po 5000 mAh
Warna Black, Blue

Desain Samsung Galaxy A03 Core

Layar dari perangkat ini mudah kotor tertempel debu atau sidik jari ketika disentuh. Pada saat layarnya disentuh dengan jari terasa kesat sehingga proses navigasi atau mengetik terasa tidak mulus. Sementara cover bagian belakang dari Galaxy A03 Core ini menggunakan bahan plastik yang tidak licin sehingga nyaman ketika digenggam dengan menggunakan satu tangan. Saya sendiri menggunakan Galaxy A03 Core dengan warna hitam yang tampilannya terasa biasa saja.

Samsung Galaxy A03 Core memiliki varian warna Black serta Blue, dan kami berkesempatan mendapatkan varian Black. Dimensinya 164.2 x 75.9 x 9.1 mm dengan berat 211 gram. Dimensi yang tergolong lebar dan berat, serta mirip dengan pendahulunya Samsung Galaxy M12 yang rilis pada April 2021 lalu.

Beralih di bagian belakang, Samsung meletakkan kamera utama beserta lampu flash di bagian sudut kanan atas. Uniknya Samsung memberikan sentuhan desain yang berbeda antara kamera dengan bodi keseluruhan. Desain di kamera berbentuk garis miring hitam, sehingga sedangkan bodi keseluruhan hanya hitam polos dan ada logo Samsung di bagian bawah.

Kamera Samsung Galaxy A03 Core

Dari segi kamera Galaxy A03 Core tidak terlalu istimewa. Kamera utama hanya 8 MP dan kamera depan 5 MP. Begitu juga dengan fitur pendukung di kamera tersebut. Hanya ada fitur flash, timer, panorama dan rasio. Untuk rasio terdapat pilihan rasio 3:4, 9:16, 1:1 dan Full. Hasil kamera panorama cukup bagus. Kalau menggunakan rasio Full dan kamera panorama, maka Anda akan mendapatkan gambar angle gambar yang lebih lebar sehingga cocok untuk mengambil objek yang luas seperti lapangan.

Dengan harga cuma 1 jutaan rupiah, handphone ini harus menerima konsekuensi hanya mempunyai satu kamera belakang beresolusi 8 MP (aperture f/2.0) dan satu kamera depan 5 MP (aperture f/2.2). Kamera belakangnya ini dapat menghasilkan foto yang baik pada kondisi cahaya yang cukup atau siang hari. Tapi pada kondisi malam hari, hasil fotonya memiliki banyak noise dan terlihat buram.

Harga Resmi Samsung Galaxy A03 Core

Setelah membahas kamera dan juga desain, kini tibalah pada bagian harga Samsung Galaxy A03 Core. Seperti yang sudah tim Futureloka terangkan, Samsung Galaxy A03 Core memiliki harga yang tidak terlalu mahal, harga yang ditawarkan adalah IDR 1.199.000 untuk varian 2/32 GB. Pastikan kalian membeli smartphone sesuai dengan budget dan juga kebutuhan yang kalian perlukan.

Kesimpulan Review Samsung Galaxy A03 Core

Untuk smartphone dengan harga 1 jutaan lebih, kalian sudah mendapatkan kamera yang cukup bening dan juga baterai yang cukup besar dalam Samsung Galaxy A03 Core. Namun tim Futureloka tidak menyarankan jika kalian ingin bermain game untuk membeli smartphone yang satu ini. Samsung Galaxy A03 Core akan lebih cocok digunakan untuk kebutuhan chat dan juga belajar online.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here