Siapa sih yang tidak kenal dengan brand Samsung yang selalu menghadirkan inovasi smartphone-smartphone canggih dan juga spesial. Nah, beberapa waktu yang lalu Samsung menghadirkan beberapa seri Samsung Galaxy yang bisa dibilang memiliki kemampuan di atas smartphone pada masa kini. Smartphone tersebut adalah Samsung Galaxy S21 yang dapat membantu kalian dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Nah, pada kesempatan kali ini tim Futureloka mendapatkan kesempatan untuk melakukan review Samsung Galaxy S21 yang bisa dibilang sangat canggih ini. Tidak perlu berpanjang lebar, langsung saja kita simak lebih lengkapnya.

Spesifikasi Samsung Galaxy S21

Galaxy S21 di Indonesia ditenagai Exynos 2100. Samsung memadukannya dengan RAM LPDDR5 8 GB. Racikan tersebut mampu menyuguhkan performa yang kencang untuk mengakses sejumlah aplikasi sekaligus. Bermain game Call of Duty Mobile berjalan mulus dengan pengaturan rata kanan. Berkat refresh rate 120 Hz membuat tampilan game jadi semakin halus.

Terdapat beberapa test Benchmark yang sudah tim Futureloka test, berikut hasilnya.

  • Antutu 592193
  • PCMark Work 2.0 Performance 10769
  • Geekbench Single Core: 1007
  • Geekbench Multi Core: 323

Tentu saja, performa Samsung Galaxy S21 sangat kencang. Apalagi dengan layar beresolusi full HD dan One UI yang sepertinya sudah cukup optimal, proses buka aplikasi dan multitasking tidak ada masalah sama sekali. Hanya saja, bagian sekitar kamera belakang bakal terasa cukup hangat, terutama ketika akses kamera intensif. Tidak sampai mengganggu, tapi bakal terasa bila tanpa casing tambahan.

Desain Samsung Galaxy S21

Ketebalannya 7,9mm dengan bobot hanya 170 gram saja. Memang, Samsung memutuskan untuk gunakan material polikarbonat pada bodi belakangnya, di mana dua seri lainnya gunakan kaca. Namun Samsung cukup hebat untuk membuat in-hand feeling atau rasa ketika dipegang mirip seperti kaca. Hampir sama sekali tidak ada beda.

Ketika menggenggam Galaxy S21, kami langsung menyukainya. Sebab dimensinya 151.7 x 71.2 x 7.9 mm begitu compact, membuatnya nyaman di tangan dan begitu erat dalam genggaman. Rasanya jarang ponsel premium flagship mengusung dimensi kecil seperti Galaxy S21. Selain Samsung, hanya Apple yang mengeluarkan iPhone 12 Mini. Semogalah dengan adanya dua ponsel tersebut memancing vendor lain untuk menghadirkan hal serupa.

Varian yang dipinjamkan ke Futureloka adalah Phantom Violet, tampilannya begitu manis dilihat. Balutan warna emas pada desain Contour Cut tampak sangat mentereng dan begitu sempurna dipadukan dengan nuansa ungu di cover belakangnya.

Sedikit me-refresh, Contour Cut sendiri merupakan desain baru yang dibuat Samsung. Raksasa teknologi asal Korea Selatan ini menyatukan ‘rumah’ kamera dengan rangka body. Konsep ini belum pernah digunakan sebelumnya sehingga memberikan penyegaran pada tampilan Galaxy S21 series.

Kamera Samsung Galaxy S21

Tim Futureloka sendiri mengonfirmasi kepada pihak Samsung terkait tiga sensor kamera yang digunakan pada Galaxy S21 ini. Dan sesuai dugaan, ketiganya pakai jenis sensor yang sama persis dari seri sebelumnya; 12MP f/1.8 Dual Pixel ber-OIS, 12MP f/2.2 ultra wide-angle, dan 64MP f/2.0 telefoto dengan 3x hybrid zoom. Namun bukan berarti tidak ada peningkatan.

Sama seperti Google Pixel yang pakai sensor sama di beberapa generasi, kualitas foto dan videonya meningkat berkat image signal processor (ISP) yang diusung chipset terbaru, serta bantuan dari AI. Dan itu terlihat dari hasil foto dan video yang dihasilkan Galaxy S21. Bisa hasilkan foto berkualitas tinggi dari segala situasi.

Sensor utamanya bisa hasilkan foto tajam dengan reproduksi warna yang baik. Keuntungan dari tidak menggunakan sensor 108MP seperti seri Ultra adalah bisa fokus lebih cepat, dan rentang fokusnya pun lebih lebar. Sayangnya, sensor ultra wide-angle belum dilengkapi autofokus.

Sensor telefotonya memang bakal hasilkan foto lebih halus (yang juga terlihat dari hasil foto potret), tapi masih sangat layak untuk dibagikan ke media sosial. Night mode di Samsung Galaxy S21 5G juga nggak lebay, alias masih bisa membuat foto lebih jelas tanpa membuat foto malam terlihat seperti sore hari.

Kesimpulan Review dan Harga Samsung Galaxy S21

Untuk smartphone flagship sekelas Samsung Galaxy S21 sendiri memang tidak perlu diragukan lagi dalam sisi spesifikasi, kamera, dan juga desain yang menawan. Tentunya tim Futureloka merekomendasikan untuk kalian yang sedang mencari sebuah smartphone, ketimbang membeli merk sebelah dengan harga yang sama mahalnya.

Harga Samsung Galaxy S21 (8/128GB) Rp 12.999.000

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here