[REVIEW] Kingston Data Traveler microDuo 3C 256GB Type-C, Si Kecil yang Ringkas Untuk Mobilitas

Futureloka

Loading

Kini, permintaan untuk media penyimpanan data eksternal sedang melonjak. Tetapi, pengguna kerap menghadapi kebingungan dalam memilih antara dua jenis port USB yang lazim, yaitu USB-A dan USB-C, yang biasanya ada pada laptop terbaru. Untuk mengatasi permasalahan ini, flash disk seperti Kingston DataTraveler MicroDuo 3C dapat menjadi solusi yang tepat.

Perangkat serbaguna ini baru saja menjalani serangkaian pengujian di laboratorium tim Futureloka. Kingston DataTraveler MicroDuo 3C menawarkan dual interface, yaitu USB-A dan USB-C, yang memungkinkannya berfungsi dengan berbagai perangkat modern. USB-A masih lazim ditemui pada komputer desktop dan laptop, sedangkan USB-C tak hanya ada di komputer, tetapi juga pada tablet dan smartphone.

Model Kingston DataTraveler MicroDuo 3C yang tim Futureloka uji menawarkan kapasitas penyimpanan tertinggi, yaitu 256 GB. Menggunakan standar USB 3.2 Gen 1, perangkat ini diklaim Kingston mampu memberikan kecepatan hingga 200 MB/s. Dengan demikian, perangkat ini ideal untuk keperluan pribadi maupun profesional.

Berikut adalah rincian spesifikasi dari Kingston DataTraveler MicroDuo 3C yang tim Futureloka uji:

Spesifikasi Kingston DataTraveler MicroDuo 3C
Kapasitas 256 GB
Interface USB 3.2 Gen 1 Type A dan C
Dimensi 29.94 x 16.60 x 8.44 mm
Bobot 200 gram
Material Plastik dan metal

 

Flash disk ini mendukung teknologi USB generasi terdahulu, seperti USB 2.0 dan USB 1. Selain itu, dengan interface USB-C, perangkat ini dapat dihubungkan ke port Thunderbolt yang ada pada laptop tipis mewah. Bagaimana dengan performanya?

Desain Perangkat ini cukup kecil, yang berarti mudah terjatuh atau hilang. Tim Futureloka sarankan memasang sebuah tali penggantung dan menggabungkannya dengan kunci, agar lebih aman. Tali ini juga membantu saat mencabut flash disk dari laptop atau tablet.

Kingston DataTraveler MicroDuo 3C dilengkapi dengan dua interface di kedua sisinya, yang berarti bahwa USB tipe A dan tipe C berada di sisi yang berlawanan. Hanya satu jenis interface yang dapat digunakan pada suatu waktu saat dihubungkan ke perangkat.

Bagian USB-C dilengkapi dengan penutup yang harus dibuka saat dihubungkan ke tablet. Namun, sayangnya, bagian USB-A tidak memiliki pelindung, yang dapat membuat perangkat ini rentan terhadap debu dan air. Oleh karena itu, hati-hati saat menggunakannya.

Pengujian Untuk proses pengujian, tim Futureloka menggunakan laptop yang hanya memiliki port USB tipe A dengan interface USB 3.2 Gen 1, yang sesuai dengan spesifikasi Kingston DataTraveler MicroDuo 3C. Flash disk ini datang dengan sistem file FAT32 yang lebih lama, dengan batas maksimum 4 GB untuk salinan file. Tim Futureloka menyarankan kalian untuk mengganti sistem file ke exFAT, yang lebih fleksibel dan universal.

Tim Futureloka menggunakan software benchmark standar untuk menguji media penyimpanan. Hasilnya hampir sebanding dengan klaim Kingston, berkat penggunaan USB 3.2 Gen 1.

Performa ini membuat Kingston DataTraveler MicroDuo 3C menjadi flash disk yang cukup gesit. Tim Futureloka mencoba menggunakan flash disk ini untuk menyimpan data langsung saat mengedit foto dan merasakan hampir tidak ada penundaan.

Performa tersebut juga memungkinkan loading game dari flash disk dengan kecepatan yang lebih baik dibandingkan hard disk. Bagi pengguna yang sudah familiar dengan SSD, kinerja ini mungkin sedikit lambat.

Untuk kegiatan profesional atau akademik, seperti para pelaku UMKM yang perlu menyimpan data dan melakukan presentasi di berbagai tempat, atau pelajar yang perlu menyerahkan tugas dalam bentuk digital, flash disk ini sangat berguna.

Kesimpulan Kingston DataTraveler MicroDuo 3C adalah solusi penyimpanan data eksternal yang fleksibel dan dapat diandalkan, baik untuk laptop, tablet, atau smartphone. Dengan kecepatan baca hingga 200 MB/s, kalian dapat menyimpan data dengan cepat dan efisien. Meski berukuran kecil dan mudah hilang, perangkat ini menawarkan banyak manfaat.

Versi 256 GB dijual dengan harga sekitar Rp. 690.000. Jika kalian merasa harga tersebut mahal, Kingston juga menawarkan kapasitas 32 GB, 64 GB, dan 128 GB dengan harga yang lebih terjangkau. Semua perangkat ini dilengkapi dengan garansi 5 tahun dari Kingston, jadi kalian tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan.